window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Mahal Rp2 Juta, Fitur Toyota Avanza 1.3 E MT Tak Selengkap Daihatsu Xenia 1.3 R MT

Enda · 5 Okt, 2022 16:00

Toyota Avanza 1.3 E MT

Seperti yang diketahui, Daihatsu Xenia 1.3 R MT dibandrol lebih murah ketimbang Toyota Avanza 1.3 E MT. Menyoal harga, pada generasi ketiganya ini per Oktober 2022 Xenia 1.3 R MT diniagakanl Rp231,1 juta. Harga yang ditawarkan tersebut lebih murah Rp2 juta dari Avanza 1.3 E MT yang menurut situs resminya dijual Rp233,1 juta OTR Jakarta.

Dijual lebih murah dari Toyota Avanza 1.3 E MT, berikut beberapa alasan yang menurut kami kenapa Daihatsu Xenia 1.3 R MT lebih layak untuk dibeli.

Baca juga: Toyota Avanza 1.3 E MT Jadi Tipe Terbawah, Layakkah untuk Dipinang Sebagai Mobil Harian?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Avanza 1.3 E MT Belum Dilengkapi Foglamp dan Auto Retractable

Daihatsu Xenia 1.3 R MT

Daihatsu Xenia 1.3 R MT dilengkapi foglamp

Melihat daripada tampilan fasad keduanya, untuk sistem pencahayaan baik headlamp maupun stoplamp Toyota Avanza 1.3 E MT dan Daihatsu Xenia 1.3 R MT sama-sama mengandalkan teknologi LED.

Dijual lebih murah dari Avanza 1.3 E MT, untuk fitur pada bagian luar Xenia 1.3 R MT lebih komplit karena telah dilengkapi dengan foglamp, spion auto retractable serta shark fin antenna. Untuk lingkar roda, keduanya sama-sama menggunakan velg alloy berukuran 15 inci dengan bentuk yang sama. Hanya saja pada Xenia untuk velgnya dilabur menggunakan warna abu-abu, sedangkan Avanza dicat dengan warna silver.

Terlihat mewah, Xenia tipe ini juga sudah dilengkapi dengan muffler cutter di ujung knalpotnya.   

Interior Toyota Avanza 1.3 E MT Tampil Polosan dan Minim Fitur

Toyota Avanza 1.3 E MT

Interior Toyota Avanza 1.3 E MT

Pada sisi interior, Toyota Avanza 1.3 E MT didominasi dengan warna hitam tanpa adanya kombinasi warna silver seperti di Daihatsu Xenia 1.3 R MT. Meski begitu keduanya sama-sama dibungkus menggunakan material plastik keras tanpa dilengkapi bahan soft touch.

Nah, untuk menyalakan dan mematikan mesin, tipe terbawah Avanza juga masih mengandalkan anak kunci yang dilengkapi remote dan alarm dengan pengoperasian model putar. Berbeda dengan Xenia 1.3 R MT, untuk varian ini telah disematkan keyless entry dengan tombol start/stop engine guna mematikan maupun menyalakan mesin.

Selain itu, pusat informasi berkendara yang digunakan Xenia 1.3 R MT juga tampak lebih mewah dan ergonomis. Dimana untuk layar MID berukuran 4,2 inci nya diletakan di tengah, ditambah adanya ring krom pada odometer dan tachometer.

Baca juga: Test Drive All New Daihatsu Xenia 2022, FWD yang Melebihi Ekspektasi

Daihatsu Xenia 1.3 R MT

Instrument cluster Daihatsu Xenia 1.3 R MT

Berbeda dengan Xenia 1.3 R MT, tampilan instrument custer Toyota Avanza 1.3 E MT terlihat lebih sederhana tanpa adanya ring krom pada tachometer maupun odometernya. Selain itu untuk penempatan layar MID varian terbawah Avanza diletakan di sebelah kanan.

Selanjutnya untuk sistem hiburan, Xenia 1.3 R MT disematkan head unit layar sentuh 9 inci bertipe floating yang dipadukan dengan empat speaker dan dua buah tweeter. Untuk head unitnya tersebut terhubung dengan tombol yang ada pada lingkar kemudinya guna memudahkan pengguna ketika ingin melakukan penyetingan. Tak hanya itu, switch control steeringnya juga dapat difungsikan untuk mengatur fitur atau mengetahui informasi kendaraan pada panel instrumentnya.

Pada Toyota Avanza 1.3 E MT, untuk sistem hiburannya menggunakan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format USB dan bluetooth. Untuk pengaturan sistem hiburannya sendiri belum bisa dikendalikan melalui setir.

Toyota Avanza 1.3 E MT

Toyota Avanza 1.3 E MT dan Daihatsu Xenia 1.3 R MT menggunakan AC digital

Sebagai informasi, keduanya sama-sama dilengkapi fitur tilt steering yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi. Selain itu Avanza 1.3 E MT dan Xenia 1.3 R MT juga dilengkapi AC dengan tampilan digital, double blower serta port USB yang bisa digunakan untuk menambahkan daya pada smartphone.

Untuk diketahui, Daihatsu Xenia 1.3 R MT memperoleh tambahan 2 port pengisian daya USB di baris keduanya tepat di belakang console tengah. Tidak dengan Toyota Avanza 1.3 E MT, pabrikan belum melengkapinya dengan fitur tersebut.

Daihatsu Xenia 1.3 R MT Dilengkapi Kamera Mundur

Daihatsu Xenia 1.3 R MT

Daihatsu Xenia 1.3 R MT dilengkapi kamera mundur

Mengenai fitur keselamatan, Toyota Avanza 1.3 E MT maupun Daihatsu Xenia 1.3 R MT berhasil diaplikasikan dual airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Untuk memberikan tingkat perlindungan lebih baik terhadap penggunananya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan seatbelt warning, ISOFIX dan juga APAR. Bicara Xenia 1.3 R MT, mobil ini memperoleh tambahan rear kamera, sedangkan Avanza 1.3 E MT hanya mengandalkan sensor parkir dibelakangnya.

Keduanya Menggunakan Mesin yang Sama Persis

Toyota Avanza 1.3 E MT

Mesin 1NR-VE Toyota Avanza 1.3 E MT dan Daihatsu Xenia 1.3 R MT

Diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM), Toyota Avanza 1.3 E MT maupun Daihatsu Xenia 1.3 R MT sama-sama memakai mesin bensin berkapasitas 1.329 cc dengan kode 1NR-VE. Menganut teknologi DOHC 4 silinder segaris dual VVT-i, untuk tenaga berada di angka 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.200 rpm. Dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, selanjutnya putaran mesin yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan.

Kesimpulan

Dijual lebih murah Rp2 juta dari Toyota Avanza 1.3 E MT, untuk tampilan Daihatsu Xenia 1.3 R MT terkesan lebih mewah. Bukan cuma itu, Xenia juga punya fitur yang lebih lengkap sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih terhadap penggunannya.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya melalui ulasan di atas, kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Selisih Harga Rp11 Juta, Perbedaan Fitur All New Daihatsu Xenia 1.3 X dan R Cuma Sedikit!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil