Simak Dulu Sederet Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Vios, Biar Enggak Nyesel!

Anissa · 17 Jan, 2021 07:00

Simak Dulu Sederet Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Vios, Biar Enggak Nyesel! 01


Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Vios? Mobil sedan pabrikan Toyota ini sudah ada di pasar otomotif Tanah Air sejak tahun 2003 silam. Toyota Vios yang ada di pasaran saat ini merupakan Toyota Vios generasi ketiga, yang sudah mulai diproduksi sejak tahun 2013. Toyota Vios terus mengalami pembaruan hingga kini disebut dengan nama Toyota New Vios.

Toyota New Vios bisa dibilang sebagai salah satu mobil sedan yang cukup diminati oleh para konsumen yang ada di Indonesia. Tetapi bagi konsumen yang berminat untuk membeli Toyota New Vios ini, ada baiknya kenali dulu kelebihan dan kekurangan dari Toyota New Vios ini supaya tidak menyesal ketika sudah membelinya. Kali ini, kita akan bahas apa saja kekurangan dan kelebihan dari Toyota New Vios.

Kelebihan Toyota New Vios

1. Desain Eksterior Sporty dan Elegan

Desain eksterior baru dari Toyota New Vios ini memang tampak elegan dan sporty. Headlamp mobil ini menggunakan desain baru yang membuat bagian wajah Toyota New Vios semakin atraktif. Bumper depan dan grille yang digunakan oleh generasi baru Toyota Vios ini juga tidak luput mendapatkan ubahan agar terlihat lebih modern.

Simak Dulu Sederet Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Vios, Biar Enggak Nyesel! 02

Selain lampu dan bumper depan, lampu dan bumper di bagian belakang Toyota New Vios juga mendapatkan ubahan desain yang senada dengan bagian depannya. Mobil sedan pabrikan Toyota ini juga menggunakan velg two tone alloy model baru berukuran 16 inci yang membuat tampilan samping mobil ini leih sporty.

2. Ada Fitur Auto AC

Bagian lain yang mendapat tambahan pada Toyota New Vios adalah bagian fiturnya. Toyota New Vios memiliki fitur baru yang disebut dengan Auto AC. Fitur yang satu ini memungkinkan mobil untuk melakukan pengaturan suhu AC secara otomatis, sehingga pengguna mobil tidak perlu lagi mengatur AC secara manual ketika berkendara. Fitur ini tentu akan meningkatkan kepraktisan yang dimiliki Toyota New Vios, dimana pesaing sekelasnya mungkin belum dilengkapi dengan fitur ini.

3. Fitur Keselamatan Mumpuni

Simak Dulu Sederet Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Vios, Biar Enggak Nyesel! 03

Tidak hanya dilengkapi dengan fitur kepraktisan dan hiburan, Toyota New Vios ini juga memiliki fitur keselamatan yang mumpuni, dan mungkin belum dimiliki oleh mobil merek lain di kelas yang sama. Toyota New Vios ini sudah dilengkapi dengan dual SRS airbags, sistem pengereman Anti Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution, serta pengaturan kursi ISOFIX with tether anchor untuk penumpang anak-anak.

4. Mesin Irit BBM

Salah satu kelebihan lainnya dari Toyota New Vios ini adalah mesinnya yang cukup irit bahan bakar. Mesin yang digunakan Toyota New Vios ini dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar port injection. Teknologi ini dinilai bisa menghasilkan performa mesin yang cukup andal, tetapi tetap irit bahan bakar.

Kekurangan Toyota New Vios

1. Peredam Kabin Kurang Memadai

Simak Dulu Sederet Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Vios, Biar Enggak Nyesel! 04

Meskipun memiliki banyak kelebihan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Toyota New Vios ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah peredam kabin yang kurang memadai, sehingga suara bising dari luar mobil masih cukup terdengar. Bagian atapnya juga dinilai cukup tipis sehingga akan cukup berisik ketika terkena hujan.

2. Material Interior Kurang Berkualitas

Selain peredam kabinnya yang kurang memadai, bagian interior Toyota New Vios ini juga menjadi salah satu kekurangan. Meskipun dipenuhi dengan berbagai fitur canggih yang lengkap, bagian interior Toyota New Vios ini masih menggunakan material yang kurang berkualitas, sehingga akan mengurangi kenyamanan penumpang.

3. Mesin Belum Diperbarui

Simak Dulu Sederet Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Vios, Biar Enggak Nyesel! 05

Walaupun mesin yang digendong oleh Toyota New Vios ini cukup irit BBM, tetapi mesin ini masih merupakan tipe mesin lama yang juga digunakan pada Toyota Vios sebelumnya. Hal ini sangat disayangkan, karena dengan banderol harga yang semakin naik, tentu saja para konsumen mengharapkan ada perubahan pada bagian mesinnya.

4. Value-for-money rendah

Dengan banderol harga yang berkisar antara Rp294 jutaan hingga Rp327 jutaan, tentu saja para konsumen mengharapkan banyak pembaruan pada Toyota New Vios ini. Sayangnya, pada mobil ini pembaruan kebanyakan hanya bisa ditemukan pada bagian desain eksterior dan beberapa fiturnya. Bagian mesin masih sama, dan bagian interiornya pun masih menggunakan material yang kurang berkualitas. Hal ini tentu mengurangi value-for-money yang dimiliki oleh Toyota New Vios.

Kesimpulan

Jika melihat secara keseluruhan, Toyota New Vios ini memang lebih banyak mendapatkan ubahan dari segi desain dan fitur. Pada mobil ini terdapat beberapa fitur baru yang bisa menambah kenyamanan penumpang. Selain itu, fitur keselamatan yang dimiliki Toyota New Vios ini juga cukup memadai dan mesinnya pun cukup irit bahan bakar, sehingga konsumen tidak perlu khawatir uangnya terkuras habis untuk membeli bensin.

Simak Dulu Sederet Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Vios, Biar Enggak Nyesel! 06


Tetapi di sisi lain, Toyota New Vios juga memiliki beberapa kekurangan. Meskipun irit BBM, mesin yang dimiliki Toyota New Vios ini masih sama dengan generasi sebelumnya. Material yang digunakan pada bagian interiornya juga kurang berkualitas, dan peredam kabin yang dimilikinya pun kurang memadai sehingga akan berpengaruh pada kenyamanan penumpang. Harganya yang cukup mahal juga mengurangi value-for-money dari mobil ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vios E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru