window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Rangga Concept Bakal Pakai Nama Hilux Champ?

Prasetyo · 2 Nov, 2023 08:01

toyota rangga concept

Toyota Rangga Concept sepertinya sudah tak sabar untuk melantai di pasar otomotif dunia.

Setelah sebelumnya hadir di ajang Japan Mobility Show 2023 di Tokyo, Jepang, kini informasi selanjutnya beradar jika Rangga Concept akan pakai nama Toyota Hilux Champ saat nanti diproduksi massal.

Bahkan jadwal peluncuran pick up truk ini sudah ditentukan, yaitu 27 November 2023 serta bakal berlangsung di Thailand.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apakah semua informasi mengenai Rangga Concept ini benar, memang belum ada satu pernyataan khusus dari pihak Toyota tentang hal tersebut.

Baca juga: Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se

Spyhoot Toyota Hilux Champ di Thailand

toyota rangga concept

Kabarnya kejepret di Thailand

Gelombang informasi mengenai Rangga Concept versi produksi ini memang lebih banyak muncul dari negara tetangga kita, Thailand.

Contohnya yang belum lama ini diunggah oleh akun media sosial Tatchai Noothong yang mengambil foto penampakan satu unit pick up dengan paras sangat mirip dengan Toyota Rangga Concept.

Namun menariknya, pada bagian plat nomor kendaraan tersebut bukan plat nomor resmi dari kepolisian Thailand, melainkan satu plat bertuliskan Hilux CHAMP.

toyota rangga concept

Sepertinya sedang proses shooting

Dilihat dari fisiknya sepintas tak banyak yang berbeda dibanding Rangga Concept, namun tetap ada beberapa ornamin yang diberi diferensiasi.

Misalnya untuk bagian bemper depan terlihat ada aksen silver pada sudut kiri dan kanannya, serta di bagian under guard, bemper ini juga diberi tambahan foglamp untuk membantu penerangan sata malam hari.

Untuk lampu utamanya terlihat masih pakai model halogen dengan lampu sein warna kuning yang ukurannya lebih kecil.

Kemudian di bagian atas fender roda depan kiri tetap ada dua besi pengait sebagaimana yang ada di Rangga.

toyota rangga concept

Tampilan interiornya

Desain pintu pengemudi dan penumpang juga terlihat masih sama lekukannya dengan versi Rangga, hanya saja pada area bawah diberi aksen hitam.

Pada bagian atap mobil ini juga terlihat ditambah roof rack untuk membantu meletakkan barang bawaan tambahan.

Sementara desain bak belakang terlihat identik dengan desain kargo Daihatsu Gran Max yang diproduksi di Indonesia dan dipasarkan juga untuk beberapa negara lain termasuk ke Jepang.

Baca juga: Gembar-gembor di Indonesia, Versi Produksi Toyota Rangga Concept Lebih Dulu Meluncur di Thailand

Toyota Rangga Concept Kembalikan Kejayaan Kijang Pick Up

toyota rangga concept

Saat diperkenalkan Akio Toyoda bersama Revo BEV

Cikal bakal lahirnya Rangga Concept bermula saat perayaan 60 Tahun Toyota di Queen National Convention Center, Thailand, Desember 2022 lalu ketika Akio Toyoda memperkenalkan dua mobil konsep berjenis pick up.

Mobil tersebut adalah Hilux Revo BEV dan juga sebuah pick up dengan ukuran lebih kecil yang diberi kode IMV O.

Kalau Revo BEV jelas berjenis kendaraan listrik berbasis baterai, maka untuk IMV O memang disebutkan masih pakai mesin pembakaran internal (ICE).

toyota rangga concept

Rangga Concept jadi mobil Kopi Tuku yang juga dibawa ke Jepang

Gebarakan Toyota selanjutnya terjadi saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu dengan memperkenalkan IMV O namun pakai nama Toyota Rangga Concept.

Nama Rangga sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti Pahlawan, dan mobil ini hadir sebagai upaya Toyota untuk meneruskan kesuksesan Toyota Kijang yang awalnya kendaraan komersial berjenis pick up.

Baca juga: Pengganti Kijang Pick Up, Versi Produksi Toyota Rangga Concept Harganya Dipatok Rp200 Jutaan

Pakai Mesin Toyota Hilux

toyota rangga concept

Sata tampil di GIIAS 2023

Kehadiran Rangga Concept sebagai tambahan portofolio Toyota Indonesia khususnya di segmen komersial.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) saat ditemui di GIIAS 2023 sempat menceritakan jika Rangga posisinya berada sedikit di bawah Hilux dengan mengusung platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle).

Disebutkan Anton, selain menggunakan platform IMV seperti yang disematkan pada Hilux, Innova dan Fortuner, untuk jantung pacu nantinya mobil ini memakai kepunyaan Hilux.

toyota rangga concept

Bisa dibentuk berbagai model sesuai kebutuhan

Untuk Rangga versi Indonesia disebutkan Anton menggunakan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1TR-FE 2.0-liter dan mesin diesel 2GD-FTV 2.4-liter.

Melihat spesifikasi, mesin 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc memiliki tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm. 

Sedangkan jantung pacu diesel 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc nya sanggup melecutkan tenaga hingga 149 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 359 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm.

Sementara itu Autolifethailand menulis, jika kemungkinan Toyota Hilux Champ di Negeri Gajah Putih itu akan menggunakan mesin diesel 2GD-FTV 2.4L dengan teknologi VNTurbo.

toyota rangga concept

Dua mesin yang akan dipakai pada Rangga

Namun disana akan disediakan tiga opsi transmisi, yakni gearbox manual 5 percepatan dan 6 percepatan, serta ada juga varian transmisi otomatis 6 AT.

Pihak Thailand bahkan mengklaim kalau pick up ini merupakan kolaborasi antara Thailand dan Jepang untuk menjadikan sebuah truk pick up serba guna yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konsumennya.

Jadi, apakah Toyota Rangga Concept benar pakai nama Hilux Champ dan world premiere bukan di Indonesia?

@autofun.indonesia Ada Toyota Rangga Concept nih di GIIAS 2023, sip apa skip? #ranggaconcept #giias2023 #kijangrangga #mobilbaru #reviewmobil ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil