window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se

Budi · 26 Okt, 2023 09:00

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 01

Ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023 hari ini mulai dibuka khusus untuk media. Di ajang pameran otomotif yang sebelumnya dikenal sebagai Tokyo Motor Show ini, Toyota menampilkan beberapa model baru, salah satunya Toyota Land Cruiser Se dan Toyota FT-Se yang keduanya ditenagai energi listrik (EV).

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 02

Tak hanya itu, Toyota juga memajang mobil salah satu mobil konsep istimewa yaitu Toyota Rangga Concept yang diboyong langsung dari Indonesia untuk dipamerkan di Jepang. Kehadiran Rangga Concept ini merupakan penegasan Toyota dalam rangka diversifikasi produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan konsumennya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berikut ini adalah jajaran produk mobil konsep Toyota yang hadir di JMS 2023:

1. Toyota FT-Se

Mobil ini bersama dengan Toyota FT-3e menjadi bintang panggung di booth Toyota di JMS 2023. Toyota FT-Se adalah konsep sport car EV masa depan dari Toyota yang merupakan perwujudan keahlian Toyota di ajang motorsport bersama Toyota GAZOO Racing

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 01

“Kami merancangnya berdasarkan (pengalaman di) sirkuit, kami ingin menghubungkan sirkuit dan pelanggan bersama-sama, karenanya kami belajar banyak dari (lintasan) sirkuit. Jadi kami mengembangkan jenis teknologi dan pengetahuan untuk mobil baru (ini). Jadi tujuan dari desainnya adalah bagaimana mengembangkan desain dengan keindahan menjadi satu, sehingga keseimbangan sangatlah penting,” ujar Hideaki Iida, Project Manager GR Design Group Gazoo Racing Company.

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 02

Sosoknya yang kompak, disebutkan memberikan keunggulan dalam hal stabilitas serta performa lebih baik berkat desainnya yang aerodinamis. Berbagi banyak komponen dengan FT-3e, mobil sport kompak ini menawarkan peningkatan performa cukup dengan perubahan perangkat lunak.

2. Toyota FT-3e

Sosoknya langsung menunjukkan bahwa mobil ini akan menjadi basis SUV listrik masa depan dari Toyota. Tak hanya itu, penggunaan platform dan teknologi baterai baru milik Toyota juga menjadikan konsep FT-3e ini akan menjadi benchmark bagi produk EV masa depan Toyota.

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 03

Salah satu teknologi unik yang diperlihatkan pada mobil konsep ini adalah adanya layar display di kedua sisi mobil yang akan menyuguhkan informasi bagi pengemudi atau penumpang, antara lain kondisi baterai, temperatur kabin dan kualitas udara di dalamnya.

3. Toyota Land Cruiser Se

SUV legendaris unggulan Toyota ini tak mau ketinggalan mendapatkan jantung pacu elektris, hadir sebagai konsep masa depan penerus kejayaan Land Cruiser.

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 04

Sosoknya futuristik dengan balutan garis-garis badan tajam yang kekar serta garis-garis lampu yang modern. Dimensi yang ditampilkannya lebih besar dibandingkan Land Cruiser generasi terakhir, dengan nilai aerodinamika yang juga lebih baik.

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 05

Belum ada detail lebih lanjut terkait dengan teknologi yang akan diusungnya, namun tampaknya platform baru Toyota untuk EV serta baterai dengan teknologi solid-state yang tengah dikembangkan Toyota akan menjadi     komponen yang digunakan pada Land Cruiser EV ini saat diproduksi setidaknya dalam 4 tahun ke depan.

4. Toyota EPU

Masih dari model elektrifikasi, konsep pick-up medium-size Toyota EPU juga akan menjadi pick-up bertenaga listrik (EV) masa depan bagi Toyota. Struktur badannya yang monokok menjanjikan ruang bak yang multiguna untuk berbagai aplikasi.

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 06

Dimensinya yang mencapai 5 meter menjanjikan kapasitas optimum, apalagi dengan kemampuan menyambungkan ruang kabin belakang dengan bak yang menjadikan penggunaannya semakin akomodatif.

Sebagaimana Land Cruiser Se, EPU ini juga akan menjadi produk Toyota EV yang akan mengusung platform dan teknologi baterai terbaru di masa mendatang.

5. Toyota Kayoibako

Mobil ini dirancang untuk mewujudkan mobilitas masa depan dengan kebebasan menjalani hidup yang diinginkan, dimana saja dan kapan saja. Toyota Kayoibako terinspirasi pada bentuk kontainer kotak yang biasa digunakan untuk mengangkut suku cadang dan berbagai produk.

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 07

Kayoibako dirancang agar dapat digunakan untuk kebutuhan apa pun sesuai dengan keinginan konsumennya, termasuk untuk mengangkut barang dan orang, bahkan bisa digunakan untuk berpetualang ke alam

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 08

Hingga saat ini Toyota memang belum menyebutkan spesifikasi detailnya, namun bersama mobil konsep lain di atas panggung, Kayoibako digadang-gadang akan mengusung tren teknologi EV.

6. Toyota Rangga Concept

Meski tak mengusung tawaran teknologi EV, kehadiran Toyota Rangga Concept di JMS 2023 menjadi kesempatan Toyota untuk menyuguhkan 2 dari 3 pilar konsep mobilitas Toyota di ajang JMS 2023 yaitu Intelligence dan Diversification.

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 09

Pilar Intelligence diwujudkan dengan memperluas konektivitas dengan masyarakat sebagai end user dengan kemampuan kustomisasi sehingga konsumen bisa  mendapatkan kendaraan niaga yang benar-benar sesuai kebutuhannya. Sementara dari sisi Diversification, dengan kemampuan mobil ini untuk dikembangkan, maka diharapkan Rangga Concept dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dengan menunjang aktivitas berbagai bidang usaha. 

Galeri Mobil Konsep Toyota di Japan Mobility Show 2023, Mulai Rangga Concept hingga Toyota FT-Se 10

Mobil ini dikembangkan menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) yang saat ini digunakan pada Hilux dan Fortuner. Meski disebut sebagai suksesor Kijang pickup, nantinya versi produksi Toyota Rangga Concept akan diposisikan di bawah Toyota Hilux (Spesifikasi | Berita) single cab.
 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota 86 M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil