Belum Tersedia
Spesifikasi Jaguar XJ
  • Segmen Mobil Mewah
  • Tipe bodi Sedan
  • Jenis penggerak -
  • Kapasitas mesin 3.0 L
  • Tenaga 335 PS
  • Tempat Duduk 5
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Jaguar XJ pertama kali diperkenalkan pada 2009 lalu di London. Mobil ini terus diproduksi dan mengalami beberapa perubahan hingga 2019. Di Indonesia, mobil ini mulai dipasarkan sejak 2009. Seri XJ bisa dikatakan sebagai sedan termewah yang terdapati di jajaran mobil mewah Jaguar lainnya.

    Sedan mewah ini hadir dengan beberapa varian, mulai dari mesin 2.0 liter, mesin 3.0 liter, bahkan mesin 5.0 liter. Tapi, di Indonesia dipasarkan dengan Jaguar XJ mesin 3.0 liter Supercharged LWB (Long Wheelbase).

    Untuk banderolnya, Jaguar Xj dipasarkan dengan harga di kisaran Rp 2,6 miliaran. Sebagai sedan mewah, mobil ini memiliki beberapa pesaing, seperti Mercedes-Benz S-Class dan BMW 7 series.

    Soal performa, Jaguar XJ dibekali dengan mesin V6 berkapasitas 2.995 cc. Mesin ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis ZF 8 percepatan.

  • Eksterior

    Desain Jaguar XJ

    Tampilan luar atau desain eksterior Jaguar XJ memang menawan dan elegan. Tampak depan, wajahnya seperti teardrop atau tetesan air yang memaksimalkan aerodinamika. Lekuk depannya mampu mengurangi embusan angin secara maksimal, sehingga akselerasinya meningkat, konsumsi bahan bakar lebih efisien, dan juga rendah emisi CO2.

    Dari bagian depan hingga belakang, sedan mewah Jaguar XJ ini memiliki karakter yang rendah, lebar, dan garis yang panjang. Namun, bagian depan jadi terlihat lebih tebal dengan penggunaan grille yang memiliki detail unik. Tampilan depan Jaguar XJ juga diperkuat dengan sepasang lampu utama yang sudah berteknologi LED, serta desain Daytime Running Lights (DRL) Double J Jaguar yang memiliki keunikan tersendiri.

    Sedangkan pada bagian belakangnya, Jaguar XJ dihiasi dengan lampu belakang yang juga sudah mengadopsi teknologi LED ini dengan iluminasi. Desain knalpot juga dibuat unik dengan bentuk elips. Di bagian atapnya terkesan rendah, panjang, dan lebar, berkat pengaplikasian desain floating.

    Jaguar XJ menggunakan sasis dan bodi dari material aluminium. Di Indonesia, mobil ini hadir hanya dengan tipe sumbu roda yang panjang alias Long Wheelbase (LWB). Jarak sumbu roda juga memiliki peran yang cukup besar untuk menentukan aerodinamika, handling, dan performa kendaraan.

  • Interior

    Interior Jaguar XJ

    Jaguar XJ mempertahankan kemewahannya hingga bagian dalam kabinnya. Melalui desain interior yang diusung ini Jaguar XJ memanjakan pengemudi dan penumpang. Kabinnya terasa cukup lapang dan nyaman dengan konfigurasi 5 orang. Ruang kaki dan kepala juga cukup lapang, begitu pula dengan bagasinya yang memiliki kapasitas hingga 520 liter. Jaguar menyematkan material leather dan wood panel yang membuat kabin ini tak hanya terasa mewah, tapi juga elegan.

    Jaguar XJ dilengkapi dengan layar display untuk rear infotainment yang diletakkan pada sandaran kepala kursi depan. Layar HD berukuran 10,2 inci ini memberikan hiburan multimedia untuk penumpang di baris belakang. Terdapat juga meja lipat, lampu baca LED, fitur hiburan Jaguar XJ dan kenyamanan lainnya untuk penumpang di belakang. Selain itu, bisa ditemukan juga pengatur sistem operasi berupa display touch screen di atas dasbor dengan ukuran 10 inci. Tempat duduk Jaguar XJ yang mewah serasa memberikan jaminan kenyamanan selama berkendara.

  • Fitur

    Fitur Jaguar XJ

    Jaguar XJ dibekali dengan banyak fitur, bahkan untuk fitur keamanan, mobil ini terbilang lengkap. Jaguar sudah menyematkan beragam fitur assist driver, seperti lane departure waring, lane keep assist, autonomous emergency brake, blind spot assist, driver condition monitor, traffic sign reconition dan adaptive speed limiter. Tak ketinggalan, sedan mewah Jaguar XJ dilengkapi juga dengan kehadiran SOS Emergency Call untuk panggilan darurat, adaptive cruise control, park assist, parking aid 360 derajat, surround camera 360, dan reverse traffic detection. Pada bagian sistem pengeremannya, Jaguar XJ semakin maksimal dengan dibekali Dynamic Stability Control (DSC) dan pengereman Anti-lock Braking System (ABS).

    Untuk fitur hiburan, Jaguar XJ memiliki Touch Pro infotainment system yang terintegrasi dengan beragam fitur lain, seperti in control apps, pro services, route planner, on-board wifi, touchscreen control, driver display interaktif dengan layar HD TFT 12.3 inci, rear seat entertainment dengan monitor 10,2 inci untuk penumpang bangku belakang, dan masih banyak lagi. Khusus untuk sistem audio, seisi kabin Jaguar XJ akan dimanjakan telinganya dengan sistem audio keluaran Meridian yang memiliki 12 speaker dan subwoofer tyang dipasang tinggi.

  • Mesin dan Performa

    Performa Mesin Jaguar XJ

    Jaguar XJ yang dipasarkan di Indonesia dilengkapi dengan mesin V6 berkapasitas 2.995 supercharged. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis ZF 8 percepatan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 340 PS pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 450 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm hingga 5.000 rpm. Sedan Jaguar XJ memiliki kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam dapat dicapai hanya dengan waktu 5,9 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya diklaim tembus hingga 250 km/jam.

    Kenyamanan Berkendara Jaguar XJ

    Jaguar XJ menawarkan kenyamanan berkendara yang sangat baik. Tempat duduk dan setirnya memberikan posisi mengemudi yang ergonomis. Selain itu, suspensi udara yang dipasang di bagian depan dan belakang, memberikan peredam adaptif serta self leveling belakang, dengan ketinggian pengendaraan yang dikendalikan komputer dan mode suspensi.

    Konsumsi Bahan Bakar Jaguar XJ

    Meski mesin Jaguar XJ bisa dibilang sangat bertenaga, tapi soal konsumsi bahan bakar, mobil ini bisa dikatakan cukup efisien alias irit. Pembakaran yang optimal didapat dari paduan Dual Independent Variable Camshaft Timing (DIVCT) dengan Spray Guided Direct Injection (SGDI). Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bahan bakar Jaguar XJ tercatat 8,2 km/liter. Sedangkan untuk penggunaan di jalan bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 16,2 km/liter.

  • Kesimpulan

    Jaguar XJ memiliki tampilan yang mewah dan elegan, tapi juga mesin yang bertenaga, serta sarat akan fitur-fitur canggih dan terkini. Pemiliknya akan merasakan eksklusivitas, karena mobil ini biasanya terpilih sebagai kendaraan di kalangan kerajaan. Harga Jaguar XJ yang ditawarkan sepadan dengan kemewahan yang diberikan dan performa yang dihasilkan.

Jaguar XJ 2022 memiliki total 6 pilihan warna di Indonesia: Red Metallic, Ultimate Black Metallic, Dark Sapphire Metallic, Polaris White, Black Berry, Grey Mettalic

Red Metallic

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
  • Apakah Jaguar XJ tersedia di Electronic Brake-force Distribution (EBD)?

    Ya, Jaguar XJ tersedia dalam Electronic Brake-force Distribution (EBD). Varian Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang tersedia adalah Jaguar XJ 3.0 Portfolio LWB.

  • Apakah Jaguar XJ tersedia di Lampu depan otomatis?

    Ya, Jaguar XJ tersedia dalam Lampu depan otomatis. Varian Lampu depan otomatis yang tersedia adalah Jaguar XJ 3.0 Portfolio LWB.

  • Apakah Jaguar XJ tersedia di Konfigurasi Layar Head unit?

    Tidak, Jaguar XJ tidak tersedia di Konfigurasi Layar Head unit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });
VS