window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dimensi Lebih Besar, Ini 5 Keistimewaan Lain Toyota Agya 2023

Enda · 3 Apr, 2024 10:05

Toyota Agya 2023

Toyota Agya 2023 yang resmi diperkenalkan pada Februari 2023, memang sukses membuat kancah otomotif Tanah Air di segmen city car sub-kompak maupun LCGC kembali ramai.

Bagaimana tidak, sudah cukup lama kembaran dari Daihatsu Ayla tersebut tidak hadir dalam generasi baru, lantaran selama ini cuma ditawarkan melalui versi minor change saja.

Kondisi tersebut tak ayal membuat penjualan Agya juga sempat stagnan kalau tidak mau dibilang merosot.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alhasil pesaing terbesarnya, yaitu Honda Brio Satya, seakan berada di atas angin karena ters menerus menguasai puncak segmentasi kendaraan tersebut dari sisi angka penjualan.

Terlebih lagi ketika sejumlah model di kelas LCGC (Low Cost Green Car) seperti Datsun Go dan Suzuki Karimun Wagon R harus menyerah dan tak lagi dipasarkan di Indonesia.

Lantas sebagai generasi terbaru, apa yang jadi keunggulan Toyota Agya 2023 untuk melawan rival terberatnya Brio Satya? Mari kita ulas selbih dalam.

Baca juga: Begini Perbandingan Toyota Agya 2023 vs Perodua Axia dari Malaysia

Keunggulan Toyota Agya 2023

toyota agya 2023

All New Agya GR Sport

Mengusung konsep “Exciting City Car”, pesaing erat Honda Brio Satya ini dibekali berbagai teknologi terkini yang lebih canggih dibanding generasi pertamanya.

Ya, All New Agya yang saat ini dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) merupakan Toyota Agya generasi kedua.

Adapun generasi pertamanya debut di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 dan mulai diproduksi pada Agustus 2013 melalui fasilitas pabrik milik Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Dirakit bersamaan dengan Daihatsu Ayla, saat itu Agya hadir sebagai jawaban dari koalisi antara Daihatsu dan Toyota untuk program LCGC.

Generasi pertama ini terhitung mengalami dua kali peremajaan alias facelift.

Pertama di April 2017, dan yang kedua pada Masret 2020, dan jika awalnya Agya pernah hadir dalam varian mesin 1.000 cc serta 1.200 cc, maka kini Agya cuma ditawarkan dengan mesin bensin 1.2-liter saja, yang berlanjut sampai generasi keduanya ini.

Tak hanya itu,  pada Agya generasi terbaru juga dimensi mengalami peningkatan cukup banyak dan terlihat jauh lebih revolusioner berkat ubahan yang diterima.

Untuk mengetahui lebih detail informasi mengenai keistimewaan Agya 2023, simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Pakai DNGA, Toyota Agya 2023 Akan Disuntik Teknologi Hybrid dan Listrik

1. Andalkan Platform DNGA, Dimensi Toyota Agya 2023 Jadi Lebih Besar

Toyota Agya 2023

Platform DNGA Toyota Agya 2023

Toyota Agya dibangun berdasarkan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) hasil rancangan Daihatsu dengan menghasilkan keleluasan kabin yang berdampak pada kenyamanan berkendara.

Platform DNGA mengadopsi konsep (1-1-1-1) dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.

Angka ini merepresentasikan bahwa setiap pengembangan produk berbasis platform baru tersebut telah memperhitungkan segala aspek secara mendetail dimulai dari ukuran, bobot, harga, dan waktu untuk menghasilkan sebuah kendaraan berkualitas.

Untuk dimensi, Toyota Agya terbaru ini memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525 mm.

Sedikit membandingkan dengan Agya gen 1, model terbarunya lebih panjang 100 mm, lebih lebar 65 mm dan wheelbase yang dibuat melar 75 mm.

Oh iya, daya angkut Agya juga ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm sehingga dapat dimuati barang lebih banyak.

2. Tampilan Luar yang Lebih Atraktif

Toyota Agya 2023

Tampilan depan Toyota Agya

All New Toyota Agya secara tampilan jauh lebih atraktif dan agresif dibanding model sebelumnya.

Terlihat pada bagian depan mobil ini banyak menggunakan garis tegas dengan disematkan lampu LED berbentuk pipih. 

Selain itu headlampnya juga sudah dibekali dengan DRL LED model plasma yang terlihat begitu modis ketika menyala.

Pada bonnetnya, mobil ini juga lebih lebar dan kekar berkat bentuk serta lekukan yang diterima.

Untuk grillnya menggunakan bentuk horizontal yang dibagi menjadi beberapa bilah.

Sedangkan pada bumper disematkan DRL LED model vertikal.

Untuk memberikan tampilan yang lebih sporty, varian GR Sport ditambahkan aero kit mengelilingi mobil yang bertujuan untuk membantu meningkatkan aerodinamika berkendara.

Penambahan downforce pada mobil ini juga membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali.

Grip ban mobil juga dibuat semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.

Baca juga: Ini Perbedaan Toyota Agya 2023 Tipe GR Sport dan Versi LCGC

3. Interior Semakin Modern dan Sporty

Toyota Agya 2023

Interior Toyota Agya 2023

Tak hanya bagian luar, Agya juga memiliki bentuk yang lebih canggih, modern dan sporty pada ruang kabinnya.

Memadukan konsep horizontal design, pada panel instrument dan door trim Agya gen 2 mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa canggih.

Di bagian tengah dasbor sudah terpasang headunit 8 inci yang punya fitur smartphone connection, lantas di sisi pengemudi ada meter cluster yang menampilkan informasi terkait kondisi kendaraan dengan paduan visual digital dan analog.

Konsol tengah dan tuas transmisi diletakan lebih tinggi untuk meningkatkan gaya berkendara lebih ergonomis serta pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal.

Di area ini juga tersemat konsul untuk wireless charger yang membuat kalian bisa terus terkoneksi selama perjalanan.

Tak hanya itu ubahan lain juga terjadi pada desain dan layout pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks.

Buat menciptakan sensasi berkendara yang lebih cekatan, Toyota menyediakan pula paddle shift untuk All New Agya bertransmisi otomatis.

Baca juga: Tips Modifikasi Toyota Agya 2023 Biar Tampil Ala Mobil Balap dengan Budget Hemat

4. Suspensi Lebih Rigid

Toyota Agya 2023

Suspensinya berbeda dibanding Agya generasi pertama

Dengan mempertahankan karakter dan feeling berkendara yang sporty, Toyota menawarkan All New Agya dalam varian GR Sport.

Menariknya, jika pada tipe E dan G All New Agya masuk segmen LCGC, maka untuk Agya GR Sport kini diposisikan masuk ke kelas compact city car yang bersaing dengan Honda Brio RS.

Tapi pada Agya GR Sport 2023 bukan hanya penamaan dan tampilan fisik yang berebda, namun juga pada suspensi serta kemudinya juga telah diracik ulang.

Hal ini juga mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR).

Untuk sistem suspensinya memiliki daya redam serta rigid lebih maksimal ketimbang model standar yang berdampak pada kestabilan berkendara.

Bicara sistem kemudi, sistem Electonic Power Steering (EPS) yang dipakai, juga mendapatkan kolaborasi dengan gearbox yang memiliki rasio roda gigi lebih rapat yang membuatnya terasa lebih lincah ketika diajak bermanuver.

Penggunaan sport tires dipilih pada varian GR Sport secara khusus untuk menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya ketika melintasi jalan berkelok.

5. Lebih Responsif dan Irit Bahan Bakar

Toyota Agya 2023

Mesin 1.2L Toyota Agya 2023

Guna mendapatkan performa tinggi namun hemat dalam hal penggunaan bahan bakar, Agya 2023 andalkan mesin baru

Meisn tersebut berkode WA-VE 3 silinder segaris, 12 valve berteknologi DOHC, Dual VVT-i yang sama persis dipakai Raize.

Jantung pacu berkapasitas 1.198 cc yang digunakan ini sanggup memeras tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 112 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh Toyota, Agya menghasilkan karakter responsif pada putaran bawah.

Untuk konsumsi BBM nya, pemakaian dalam kota varian manual tembus 21,7 km per liter, dan otomatis CVT nya berada di angka 21 km per liter.

Spesifikasi Toyota Agya 2023
Dimensi
Panjang  3.760 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.505 mm
Jarak sumbu roda 2.525 mm
Jarak ke tanah 180 mm
Ukuran roda 175/65 R14
  185/55 R15
Kapasitas tangki BBM 33 liter
Mesin
Tipe mesin WA-VE DOHC Dual VVT-i
Kapasitas silinder 1.198 cc
Jumlah silinder 3
Daya maksimum 88 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 112 Nm @4.500 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
  Otomatis CVT
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Torsion Beam
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Drum

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Agya ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil