Apakah Peugeot 3008 Allure Plus 2020 Bisa Unggul Soal Ruang dan Kepraktisan Dari Saingannya Ini?

Anissa · 20 Sep 2020 17:00

Setelah cukup lama absen dari industri otomotif Tanah Air, Peugeot yang diwakili oleh PT. Astra International Tbk. di Indonesia, belum lama ini meluncurkan model terbaru dari Peugeot 3008. Hal ini bisa disebut sebagai momentum yang baik bagi Peugeot untuk merebut perhatian pecinta otomotif di Indonesia, karena Peugeot 3008 disebut-sebut sebagai salah satu model mobil unggulan di kelas SUV kompak. 

Tidak hanya memiliki interior yang menawan, Peugeot 3008 juga dibekali dengan berbagai teknologi yang mutakhir. Awalnya model ini hanya memiliki satu varian, yakni varian GT Line, tetapi kemudian diluncurkan pula trim yang lebih murah, yakni Peugeot 3008 Allure Plus.

Di segmen yang sama, Peugeot 3008 Allure Plus bersaing dengan salah satu mobil dari benua yang sama, yakni BMW X1. Mobil Sport BMW X1 hanya tersedia dalam 1 varian saja, yakni mobil BMW X1 sDrive18i xLine. Harga BMW X1 berkisar sebesar Rp 850 jutaan. Ini merupakan mobil BMW terbaru dan terkini di tahun 2020. Kedua mobil ini dianggap sebagai pesaing dari satu sama lainnya karena memiliki dimensi bodi yang mirip, serta memiliki kapasitas mesin yang juga hampir sama. 

Sebagai mobil yang sama-sama bersaing dalam segmen SUV kompak, kedua model mobil tersebut juga seringkali diperbandingkan soal ruang dan kepraktisan penggunaannya. Kira-kira, model manakah yang lebih unggul?

Perbandingan Ruang Peugeot 3008 Allure Plus dan BMW X1

Jika dilihat secara sekilas, dimensi bodi mobil Peugeot 3008 Allure Plus dan BMW X1 memang memiliki ukuran yang hampir sama. Kedua model tersebut juga memiliki kapasitas penumpang yang sama, yakni 5 orang penumpang. Tetapi untuk lebih rincinya, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

Keterangan Dimensi Peugeot 3008 Allure Plus Dimensi BMW X1
Panjang 4.510 mm 4.439 mm
Lebar 1.850 mm 2.060 mm
Tinggi 1.662 mm 1.612 mm
Wheelbase 2.730 mm 2.670 mm
Kapasitas Bagasi 512 Liter 505 liter
Kapasitas Penumpang 5 Orang 5 Orang

Peugeot 3008 Allure Plus memang hadir dengan dimensi yang cukup besar. Tetapi jika dibandingkan dengan BMW X1, mobil tersebut masih kalah lebar. Hal ini sedikit banyak akan berpengaruh pada keleluasaan ruang kabin yang dimilikinya. 

Tetapi soal leg room dan head room, bisa disebut bahwa Peugeot 3008 Allure Plus lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya tersebut. Hal ini karena mobil tersebut memiliki dimensi bodi yang lebih panjang dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan BMW X1.

Sebagai mobil SUV kompak, hal lain yang tidak kalah penting dari ruang sebuah mobil adalah ruang bagasinya. Meskipun perbedaannya tidak signifikan, tetapi bisa dilihat bahwa kapasitas bagasi yang dimiliki Peugeot 3008 Allure Plus lebih besar dibandingkan dengan kapasitas bagasi pesaingnya tersebut.

Perbandingan Kepraktisan Peugeot 3008 Allure Plus dan BMW X1

Di zaman sekarang, kepraktisan dan kemudahan pengguna menjadi salah satu poin penting bagi konsumen ketika memilih sebuah mobil. Hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan pengemudi maupun penumpang ketika berkendara. Baik Peugeot 3008 maupun BMW X1, keduanya terlihat betul mengedepankan hal ini. 

Pada Peugeot 3008 Allure Plus, telah disematkan Automatic dual zone air-conditioning system dengan rear air-conditioner vents agar suhu dingin lebih merata hingga ke bagian belakang kabin. Mobil ini juga dilengkapi dengan defogger di bagian depan dan belakang.

Untuk setirnya, mobil ini sudah menggunakan sistem pengaturan posisi Tilt & Telescopic sehingga setir dapat sengan mudah diposisikan sesuai dengan postur tubuh pengemudi. Untuk mempermudah pengendaraan, setirnya juga disematkan fitur power steering. Selain itu, pada setirnya juga dipenuhi dengan tombol multifungsi yang akan mempermudah pengemudi untuk melakukan pengaturan, bahkan ketika berkendara. 

Selain memiliki desain yang driver-oriented, Peugeot 3008 Allure Plus juga dilengkapi dengan tombol Engine start/stop, yang membuat menyalakan maupun mematikan mesin mobil menjadi lebih praktis. Tidak hanya itu, power window di barisan depan pun sudah otomatis, dan mobil ini juga sudah dilengkapi fitur Keyless Entry. 

Demi menambah fleksibilitas, kursi di barisan belakang mobil ini juga bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi. Headrest yang dimiliki mobil ini juga sudah menggunakan adjustable headrest, sehingga mudah disesuaikan dengan posisi duduk penumpangnya. Pengaturan kursi barisan depannya pun semakin fleksibel dengan 8-way power seat untuk kursi pengemudi, dan 6-way power seat untuk kursi penumpang depannya. 

Beberapa fitur hiburan dan konektivitas juga dimiliki mobil pabrikan Prancis ini. Untuk hiburan dan konektivitasnya, mobil ini mengandalkan Capacitive multifunction colour touchscreen berukuran 8 inci dengan Bluetooth, Apple Carplay/Mirrorlink, i-Cockpit amplify, Voice recognition, Arkamys 3D Sound Staging, serta GPS Navigation.

Sekarang kita beralih pada pesaingnya, yakni BMW X1 sDrive18i xLine 2020. Sama seperti Peugeot 3008 Allure Plus, BMW X1 juga mengedepankan bahasa desain driver-oriented, dengan menyematkan tombol pengaturan multifungsi pada lingkar setirnya agar pengemudi lebih mudah melakukan pengaturan. Pengaturan posisi setirnya pun sudah menggunakan Tilt & Telescopic, dan memiliki fitur power steering. 

Untuk pengaturan AC-nya, mobil ini menggunakan Automatic AC Two-Zone control. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur power window otomatis di barisan depan, adjustable headrest, keyless entry, serta tombol engine start/stop.

Tetapi yang menarik dari BMW X1 dibandingkan dengan pesaingnya terletak pada beberapa fitur khusus yang hanya dimiliki oleh BMW, seperti sistem navigasi BMW Navigation System Professional, Rain sensors and Automatic Driving lights control, serta Park Distance Control (PDC).    

Kesimpulan

Soal ruang, Peugeot 3008 Allure Plus memang lebih unggul dibandingkan dengan BMW X1. Kendati BMW X1 sDrive18i xLine 2020 memiliki bodi yang lebih lebar sehingga ruang kabinnya lebih leluasa, tetapi dimensi Peugeot 3008 Allure Plus yang lebih tinggi dan panjang dapat menjamin legroom dan headroom yang lebih luas. Selain itu, kapasitas bagasi Peugeot 3008 Allure Plus pun lebih besar dibandingkan pesaingnya tersebut. 

Sedangkan soal kepraktisan, meskipun kedua model mobil tersebut hanya memiliki perbedaan yang sangat tipis, harus diakui bahwa BMW X1 memiliki fitur pendukung kepraktisan yang lebih lengkap. Hal ini tidak mengherankan, mengingat harga unit BMW X1 sDrive18i xLine 2020 pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan Peugeot 3008 Allure Plus.

Komentar

Mobil Terbaru