Banyak Orang Kaya Borong BMW M Series Selama Pandemi Jadi Berkah Buat Penjualan BMW Indonesia

Prasetyo · 30 Jun, 2021 19:00

BMW M Series

BMW M Series merupakan lini produk sport dari BMW yang menggunakan tambahan perangkat dan aksesoris dibanding versi regulernya. Tentu saja harganya jauh lebih mahal dari versi biasa. Meski begitu, ternyata penjualan BMW M Series di Indonesia malah terus meningkat.

Ditengah situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, penjualan model sport BMW ini pun terus mengalami kemajuan. Setidaknya itulah klaim dari Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

BMW M Series -1

BMW M2 Competition di Indonesia

Menurut dia, penjualan BMW M Series baik lokal atau pun secara global selama 2020 naik secara  signifikan. Meskipun keadaan pasar lagi sulit tapi baik global atau lokal, selama 2020 naik signifikan," katanya saat virtual press conference, Rabu (30/06/2021).

Baca juga : Dua Model BMW The New 4 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Tertarik Meminangnya?

Paling Laris BMW M2 Competition

Tanpa menyebutkan angkanya, Jodie menuturkan sepanjang tahun lalu hingga awal 2021, penjualan BMW M Series terbanyak di Indonesia datang dari model BMW M2 Competition. "Yang paling favorit M2 Competition karena memang harganya juga yang paling terjangkau," kata dia.

BMW M Series

Penjualan BMW M3 dan M4 dari tiap generasi

Sementara penjualan secara global untuk BMW M di tahun 2020 tercatat 144.231 unit. Ini dinilai merupakan rekor penjualan M Series terbanyak yang pernah dicapai BMW.

Model Coupe Lebih Banyak Dicari

Untuk BMW M3 dan M4, penjualannya juga mengalami kenaikan cukup signifikan. Untuk M3 dan M4 generasi kelima misalnya, secara global mobil sport ini terjual 111.000 unit sejak diluncurkan tahun 2014 silam. Angka itu naik pesat dibanding penjualan generasi keempat BMW M3.

BMW M Series -4

BMW M3 dan M4 terbaru di Indonesia

Sementara kondisi di Indonesia, Sivakumar Krishnan, General Manager BMW Eurokars menjelaskan jika BMW M4 lebih laku dibanding M3. Komposisinya 30% M3 dan 70% M4. "Orang Indonesia pilih M4 karena ini model coupe," kata dia. Sedangkan profil konsumen BMW M3 lebih yang menginginkan mobil sport tapi masih bisa dipakai harian.

Baca juga : BMW X3 M 2022 dan BMW X4 M 2022 Pakai Mesin Baru, Lebih Kencang dari M3 dan M4

Orang Kaya Borong Mobil Mewah Selama Pandemi

Sivakumar juga menjelaskan alasan mengapa penjualan BMW M Series di Indonesia meningkat selama pandemi Covid-19. "Konsumen M yang biasanya keluar negeri di akhir tahun, spending money ke beli mobil. Ini juga jadi keuntungan buat kami," ucap dia.

BMW M Series -5

Pemilik BMW M Series punya komunitas tersendiri

Sedangkan Bayu Riyanto, Vice President Sales BMW Group Indonesia menambahkan, jika konsumen di Tanah Air mulai paham jika membeli BMW M itu sebuah investasi.

"Dibandingkan kompetitor, BMW M paling stabil harganya untuk pasar mobil bekas," ucapnya. Sebab biasanya untuk dapat unit BMW M bekas dalam kondisi baik tidak banyak, tapi peminatnya tidak pernah habis. Apalagi durabilitas model ini juga terbukti sangat kuat," tukas dia.

Baca juga : BMW iX 2022 dan BMW iX3 2022 Meluncur di Thailand, Bakal ke Indonesia Juga?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

BMW M2 Coupe 3.0L MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru