Beda Rp8 Jutaan, Spesifikasi Subaru Forester 2022 Bikin Honda CR-V Minder

Enda · 23 Mei, 2022 17:30

Subaru Forester 2022

Setelah lama dinanti-nanti, pada akhirnya PT Plaza Auto Mega memperkenalkan Subaru Forester 2022 di Tanah Air. Sebagai generasi kelimanya, tipe teratasnya Forester 2.0i-S EyeSight dibandrol Rp659,5 juta OTR Jakarta.

Itu artinya, SUV berlogo enam bintang jenama Negeri Matahari tersebut dibandrol lebih mahal Rp8,1 juta dari Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo yang menurut situs resminya kini diniagakan Rp651,4 juta.

Punya harga baru lebih mahal, apakah Subaru Forester bisa ungguli Honda CR-V dari segi spesifikasi, atau justru sebaliknya? Daripada penasaran, simak parameter perbandingan spesifikasi keduanya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Selisih Rp80 Juta, Berikut Perbedaan Subaru Forester 2.0i-L dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight

Dimensi Subaru Forester 2022 Lebih Besar dari Honda CR-V?

Subaru Forester 2022

Subaru Forester 2022 lebih panjang dan tinggi ketimbang Honda CR-V

Pertama-tama membandingkan antara Subaru Forester 2022 dengan Honda CR-V dari dimensinya. Seperti yang diketahui menurut data di atas kertas Forester memiliki panjang 4.640 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.730 mm.

Sedangkan Honda CR-V tercatat secara dimensi keseluruhan mempunyai panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm dan tiggi 1.679 mm. Sedikit menarik kesimpulan, secara dimensi Subaru Forester lebih panjang dan tinggi. Namun untuk lebarnya secara angka Honda CR-V lebih unggul.

Dimensi Subaru Forester Vs Honda CR-V
Keterangan Subaru Forester Honda CR-V
Panjang 4.640 mm 4.584 mm
Lebar 1.815 mm 1.855 mm
Tinggi 1.730 mm 1.679 mm

Menang Tenaga dan Torsi, Honda CR-V Tidak Cocok Diajak Off-Road

Honda CR-V

Mesin 1.5L turbo Honda CR-V

Tipe teratasnya, Honda CR-V dibekali dengan mesin 1.5L Turbo with Earth Dreams Technology 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection berkubikasi 1.498 cc yang dapat merilis tenaga 190 PS @5.600 rpm serta torsi 240 Nm @2.000 - 5.000 rpm.

Demi memberikan kenyamanan dalam berkendara, untuk transmisinya CR-V menggunakan CVT dengan Earth Dreams Technology sebelum disalurkan ke penggerak roda depan. Tidak hanya halus dalam setiap perpindahannya, jenis transmisi yang dianutnya juga terbilang responsif.

Subaru Forester 2022

Mesin Boxer 2.0L NA Subaru Forester

Bicara Subaru Forsester, mobil ini hadir dengan mesin Boxer berkodekan FB20 4-silinder segaris DOHC 16 valve, berkapasitas 1.995 cc Naturally Aspirated (NA) yang menghasilkan tenaga 156 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak di angka 196 Nm di 4.000 rpm.

Berbekal mesin Boxer yang tata letak poros simetris 180° dapat menghasilkan keseimbangan, halus, dan minim getaran. Tak hanya itu, posisi mesin yang lebih rendah dan “ultra-low center of gravity” juga dapat memberikan kestabilan berkendara.

Untuk tingkat percepatannya sendiri mobil ini dikawinkan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD yang berfungsi menyalurkan tenaga secara halus dan merata di semua putaran serta kondisi jalan. Perlu diketahui, untuk perpindahan giginya dapat dilakukan secara manual melalui paddle shift pada lingkar kemudi.

Supaya mendapatkan traksi secara optimal di semua kondisi jalan dengan pergerakan empat roda secara fulltime, sistem penggeraknya Forester mendapatkan Symmetrical All-Wheel drive dengan X-Mode terbaru. X-Mode ini untuk meningkatkan kemampuan jelajah di segala medan, yang secara optimal mengontrol mesin, transmisi, dan rem pada permukaan licin, dengan meningkatkan kemampuan berkendara dalam kondisi off-road dan jalan yang tidak rata.

Tak hanya itu, varian 2.0i-S EyeSight juga mendapatkan mode berkendara Snow/Dirt dan Deep Snow/Mud yang dapat diganti dalam satu sentuhan untuk meningkatkan kemampuan kendaraan di berbagai kondisi jalan.

Baca juga: Setelah Forester, Subaru Akan Bawa Honda HR-V Killer ke Indonesia

Adu Fitur Unggulan Honda CR-V Vs Subaru Forester

Subaru Forester 2022

Area kokpit Subaru Forester

Menyoal fitur unggulan yang ada pada Subaru Forester, mobil ini telah dilengkapi dengan head unit layar sentuh 8-inch dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, yang dipadukan dengan sistem audio Harman Kardon 9-speaker. Pada panel instrumentnya mobil ini dapat menampilkan informasi lebih lengkap seperti; OFF-ROAD display, Subaru EyeSight, dan kompas.

Guna memudahkan pengemudi serta penumpang depan dalam mengatur posisi duduk, pada joknya sudah dilengkapi dengan Electric seat dengan Memory function. Sedangkan di baris belakangnya mendapatkan hand-rest, cup-holder, yang dapat direbahkan sesuai kebutuhan.

Didalamnya kalian juga bisa menemukan fitur seperti sunroof, material soft touch panel, genuine nappa leather, serta power rear gate yang memudahkan penggunanya ketika hendak membuka dan menutup pintu bagasi.

Honda CR-V

Tampilan dashboard Honda CR-V

Membahas fitur unggulan yang dimiliki Honda CR-V, mobil ini berhasil disematkan head unit 7 inci layar sentuh yang telah dilengkapi AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, Smartphone connectivity, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection. Selain itu, sistem audionya telah didukung fitur Hans Free Telephone, sehingga dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

Sebagai pusat informasi kendaraan, mobil ini mendapatkan layar TFT meter berkuruan 5 inci yang dapat memberikan informasi mengenai tingkat kecepatan, jarak, waktu tempuh dan lainnya.

Sama seperti Subaru Forester, untuk meningkatkan visibilitas mengemudi serta meningkatkan gaya berkendara, Honda CR-V juga memperoleh sunroof yang cara kerjanya hanya cukup menekan tombol untuk membuka dan menutup.

Sebagai informasi tambahan, mobil ini juga berhasil dibenamkan fitur Hand-Free Access Power Tailgate, yang memudahkan penggunanya untuk membuka pintu bagasi hanya dengan menggoyangkan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang. Sedangkan untuk cukup dengan menekan tombol di bagian bawah pintu.

Selain itu, CR-V telah diaplikasikan Rain Sensing Windshield Wiper yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan. Disisi lain, mobil ini dilengkapi dengan New Remote Engine Start yang dapat memudahkan pengguna untuk menyalakan mesin dan AC, hanya dengan menekan tombol pintar pada remote kunci sebelum masuk ke dalam mobil.

Kesimpulan

Perbandingan mengenai dimensi, jantung pacu serta fitur unggulan Subaru Forester 2022 dengan Honda CR-V berhasil kami sampaikan di atas. Secara konklusi, Forester lebih unggul untuk panjang dan tinggi kendaraan, namun tidak untuk lebarnya dimana CR-V lebih besar 51 mm.

Selanjutnya untuk mesin, berbekal turbo, Honda CR-V punya angka yang lebih besar baik dari tenaga maupun torsinya sehingga akan terasa lebih liar saat dikendarai. Namun di medan off-road, Subaru Forester ini lebih bisa diandalkan berkat penggunaan sistem penggerak All-Wheel Drive yang dianutnya.

Bicara fitur unggulan, sebenarnya masing-masing memiliki plus minus. Hanya saja menurut kami CR-V lebih lengkap ketimbang Forester sehingga dapat memberikan rasa nyaman selama berkendara. 

Oh iya, perlu diketahui secara konfigurasi tempat duduk CR-V 1.5L Prestige Turbo mampu dimuati hingga tujuh orang sekaligus, berbeda dengan Forester 2.0i-S EyeSight yang hanya menawarkan tempat duduk untuk lima orang saja.

Baca juga: Perbandingan Harga Subaru Forester 2022 vs Honda CR-V vs Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport, Rp650 Jutaan Pilih yang Mana?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda CR-V Black Editon

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru