window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Alphard dan Vellfire 2023 Akhirnya Dirilis, Ini Detil Perubahannya

Herdi · 21 Jun, 2023 19:00

Toyota Alphard dan Vellfire 2023 Akhirnya Dirilis, Ini Detil Perubahannya 01

Toyota Motor Corporation (TMC) secara resmi meluncurkan Toyota Alphard dan Vellfire 2023 generasi terbaru yang dilengkapi mesin bensin dan juga hybrid. 

Sama seperti pertama kali diluncurkan pada 2002 silam, model Alphard dan Vellfire terbaru ini mengusung desain boxy dan pintu geser, serta mengedepankan berbagai unsur kemewahan.

Seperti disebutkan dalam situs resminya, tim pengembangan telah melakukan ubahan pada Alphard dan Vellfire agar mobil ini menciptakan ruang lapang, dimana semua penumpang dapat berbagi perhatian dan apresiasi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Begini Penampakan Utuh Toyota Alphard - Vellfire 2023 Jelang Peluncuran Resminya

(Foto: Toyota)

Wajah Toyota Alphard dan Vellfire 2023 (Foto: Toyota)

Joy of Comfortable Mobility, begitulah sebutan untuk secara keseluruhan sosok Alphard dan Vellfire terbaru, sehingga bisa bergerak maju dan berkembang dengan nilai-nila yang diwarisi dari generasi sebelumnya. 

"Sebagai saloon mewah, Alphard dan Vellfire terbaru telah ditingkatkan dalam hal performa dasar, seperti pengurangan getaran dan kebisingan, penghematan bahan bakar, dan dinamika berkendara, sedangkan desain interior menciptakan ruang," tulis Toyota dalam situs resminya.

Tampang Toyota Alphard generasi keempat

Tampang Toyota Alphard generasi keempat. (Foto: Toyota)

Dengan ubahan yang dilakukan, Toyota menyebut Alphard dan Vellfire kini memiliki desain berkonsep Forceful x Impact Luxury.

Baca juga: 5 Kekurangan dan Kelebihan Toyota Vellfire, Kembaran Alphard yang Lebih Murah

Nah, mau tahu apa saja perubahan dari Toyota Alphard dan Vellfire berikut ulasannya:

Desain Toyota Alphard 2023

Secara dimensi, baik Toyota Alphard maupun Vellfire lebih besar dari model sebelumnya yaitu punya panjang 4.995 mm, lebar 1.850 mm, dan tingginya menjadi 1.935 mm. 

Wajah Toyota Alphard dan Vellfire (Foto: Toyota)

Wajah Alphard dan Vellfire terbaru (Foto: Toyota)

Adapun untuk eksterior, bagian yang tampak berubah pada Alphard dan Vellfire 2023 terlihat dari depan, seperti grille besar dan memanjang.

Selain itu, untuk Alphard terbaru bagian grill dibuat motif putus-putus sehingga seperti strip, dan tak lupa aksen krom dipertahankan sehingga memberikan kesan mewah. 

Perubahan juga terjadi pada desain lampu yang lebih ramping, disertai signature LED Daytime Running Light dan juga foglamp, yang dikombinasikan chrome mengkilap dan hitam. 

Tampak belakang Toyota Alphard

Tampak belakang Toyota Alphard 2023 (Foto: Toyota)

Menurut Toyota, untuk tampang Alphard sengaja dibuat mirip dengan banteng petarung, untuk memberikan kesan lebih bertenaga, dan tetap dapat melaju ke depan.  

Untuk Vellfire, berbeda dengan Alphard, karena tampang depan ini hadir dengan garis horizontal memanjang, lengkap dengan balutan chrome warna hitam.

Baca juga: Viral Penyanyi Via Vallen Jual Bangkai Alphard yang Terbakar, Ini Kata Netizen

tampilan Dashboard Toyota Alpahard

Tampilan interior Alphard terbaru (Foto: Toyota)

Sedangkan pada bagian interior, kedua mobil ini berhasil menambah ruang kursi pada baris kedua dan ketiga masing-masing 5 mm dan 10 mm. 

Oia, pada bagian interior depan, dashboard jadi minim tombol-tombol, karena semua pengaturan seperti AC, dan lainnya jadi menggunakan  sentuh pada sebuah layar yang menempel di dashboard.

Perubahan yang cukup menarik terlihat pada tuas transmisi jadi terkesan modern pada bagian konsol tengah berdekatan dengan rem parkir elektronik.  

Kabin Toyota Alphard

Kabin Alphard terbaru (Foto: Toyota)

Selain itu, pada bagian atap mobil terdapat konsol tengah yang memanjang ke belakang atau mereka sebut Super Long Overhead Console.

Hal ini jelas berbeda dengan model terdahulu yang pengaturannya terdapat di kanan dan kiri.

Pada konsol atap ini membuat segala saklar, ventilasi AC tengah jadi tidak ada disisi, melainkan tepat di atas jalur lintas ke belakang. 

Dengan adanya konsol tengah ini, apakah moonroofnya menjadi hilang? Tentu tidak, sebab moonroof tetap tersedia, namun posisinya jadi terbagi dua.

Hal ini memberikan privasi penumpang kanan dan kiri sehingga masing-masing apakah ingin melihat matahari langsung atau tidak secara bersamaan. 

Interior Toyota Vellfire

Interior Toyota Vellfire terbaru (Foto: Toyota)

Tak lupa, mobil ini juga dilengkapi Sunshade pada jendela pintu kanan dan kiri, sehingga bisa memblokir pantulan sinar matahari langsung, namun tetap dapat menikmati pemandangan di luar.

Alphard dan Vellfire juga masih menggunakan pintu geser di kanan dan kiri, lengkap gagang untuk menggenggam, serta pijakan otomatis di bagian bawah pintu masuk, sehingga memudahkan anak kecil dan orang tua untuk keluar masuk. 

Ubahan Toyota Alphard dan Vellfire 2023 juga dilakukan pada bagian jok, mulai dari desain dan dibuat minim getaran, untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang dibelakang. 

Interior Toyota Alphard

Interior Toyota Alphard memiliki meja dibaris kedua. (Foto: Toyota)

Belum lagi karena menggunakan jok bergaya captain seat, maka semua varian dilengkapi dengan meja kecil yang bisa ditarik.

Menurut Toyota, hal ini dilakukan agar penumpang bisa merasakan kenyamanan seperti halnya ruang pribadi berjalan. 

Performa Mesin

Toyota Alphard hadir dengan mesin 2.5 liter dan 2.4 liter

Mesin 2.5L A25A-FXS (Foto: Toyota)

Toyota Alphard dan Vellfire generasi keempat yang sudah menggunakan platform TNGA (GA-K), dimana mesin berbentuk V, ditambah opsi penggerak roda depan (FWD atau front wheel drive) atau semua roda (AWD atau all wheel drive).

Pada bagian mesin juga tidak lagi menggunakan mesin V6 berkapasitas 3,5 liter. Sebaliknya, mobil ini kini mengusung mesin lebih kecil, sehingga lebih irit. 

Maka dari itu, untuk jantung pacu Toyota menghadirkan dua mesin bensin yaitu 2.5 liter (2AR-FE) dan mesin hybrid 2,5 liter Series Parallel Hybrid System (A25A-FXS), serta pilihan mesin 2.4 (T24A-FTS) untuk Vellfire. 

Toyota Alphard hadir dengan mesin 2.5 liter dan 2.4 liter

Mesin 2.4L T24A-FTS (Foto: Toyota)

Untuk detailnya, mesin 2.5 liter (2AR-FE), DOHC, 4 silinder segaris menghasilkan daya maksimum 184 kw pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm.

Varian mobil ini juga dilengkapi transmisi Super CVT-i, dengan pilihan penggerak 2WD dan 4WD. 

Selain itu, mobil ini juga hadir dengan pilihan mesin A25A-FXS dilengkapi Toyota Hybrid System yang menggabungkan mesin Dynamic Force, DOHC, 4 silinder segaris, berkapasitas 2,5 liter yang memuntahkan daya 140 kW pada 6.000 rpm dan 236 Nm 4.300-4.500 rpm. 

Mesin Toyota Alphard

Mesin 2.5L 2AR-FE (Foto: Toyota)

Dengan keberadaan Toyota Hybrid System, maka hal ini  menjamin efisiensi bahan bakar yang luar biasa, dengan kelas Executive Lounge E-Four mencapai penghematan bahan bakar 16,5 km per liter .

Sedangkan jika menggunakan Drivetrain 2WD, maka bahan bakar lebih irit lagi karena konsumsi BBM menjadi 17,5 km per liter. 

Untuk model Vellfire dilengkapi mesin lebih kecil yaitu 2.4 liter (T24A-FTS), DOHC, 4 Silinder, Segaris, namun karena ditambah turbocharged maka dayanya jadi lebih besar 205 kW dan torsi 430 Nm.

Harga 

Tampang Toyota Vellfire generasi keempat

Tampang Toyota Vellfire generasi keempat

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, Toyota Alphard hadir dengan varian Z dan Executive Lounge, yang harganya mulai dari 5.400.000 - 8.720.000 Yen (Rp560 juta-Rp918 juta)

Selain itu, ada juga Toyota Alphard tipe G dengan model desain kursi miring yang harganya antara 4.720.000 - 5.648.000 Yen (Rp497 juta-Rp595 juta).

Tampang Toyota Vellfire generasi keempat

Tampang Toyota Vellfire generasi keempat

Adapun untuk Toyota Vellfire terdapat tipe Z Premier dan Executive Lounge yang dibanderol mulai 6.550.000-8.920.000 Yen (Rp690 juta-Rp939 juta).

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Alphard ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia