Bukan Mobil Irit, Konsumsi BBM Toyota Alphard Sebanding dengan Performa

Yongki Sanjaya · 24 Mei, 2020 16:00

Bukan Mobil Irit, Konsumsi BBM Toyota Alphard Sebanding dengan Performa 01

Nama Toyota Alphard sejauh ini dikenal sebagai mobilnya orang-orang kaya. Manufaktur asal Jepang itu meluncurkan MPV Premium dengan konsep terbaru Grandeluxe dimana Alphard lebih mengekspresikan karakter yang kalem dan berwibawa.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Generasi ketiga Alphard memang dibekali mesin yang mengalami peningkatan kapasitas dari 2.400 cc menjadi 2.500 cc. Peningkatan mesin sengaja dilakukan agar MPV premium tersebut lebih bertenaga. Mesin tersebut, memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar, yang ditingkatkan 15 persen dibandingkan dengan mesin sebelumnya. 

Dari segmentasinya, MPV ini didukung mesin berkapasitas besar demi menghasilkan performa berkendara yang nyaman. Karena itu juga konsumsi bahan bakar di Toyota Alphard terkenal boros.

Bukan Mobil Irit, Konsumsi BBM Toyota Alphard Sebanding dengan Performa 01

Untuk konsumsi BBM, Toyota Alpard memang dikenal mobil yang haus. Secara klaim dari pabrikan, Alphard dapat meminum bahan bakar satu liter untuk jarak 10 kilometer. Namun, pada kenyataannya, si mobil bongsor ini rata-rata hanya sanggup antara 6-8 kilometer per liternya. 

Borosnya konsumsi bensin Toyota Alphard kemungkinan besar disebabkan karena untuk mobil tersebut sering melintasi jalur-jalur yang padat lalu lintasnya. Melihat kondisi mobil yang bongsor maka angka tersebut diklaim baik untuk mobil di kelasnya, termasuk penyesuaian akselerasi yang sangat diperhatikan para pengguna Alphard.

Secara normal konsumsi bahan bakar Alphard berkisar antara 10-12 km/liter. Mobil Alphard mampu menempuh jarak setidaknya 750-900 kilometer dengan kondisi bensin terisi penuh.

Bukan Mobil Irit, Konsumsi BBM Toyota Alphard Sebanding dengan Performa 02

Meski pembeli Toyota Alphard bukanlah segmen yang mempermasalahkan soal konsumsi BBM sebagai prioritas, namun bukan berarti konsumsi bahan bakar tidak menjadi perhatian Toyota. Kenyamanan dan akselerasi adalah hal yang lebih banyak dicari oleh konsumen di segmen ini. 

Bagi masyarakat yang tetap ingin punya Toyota Alphard tapi konsumsi BBM tetap hemat, maka bisa memilih versi hybrid. Mesinnya berkapasitas 2.494 cc dengan besaran daya total maksimal 152 ps, hasil dari output mesin bensin dan motor elektriknya. 

Untuk versi hybrid ini, rata-rata konsumsi BBM terborosnya bisa di angka 10 km/liter. Berdasarkan pengujian, Alphard Hybrid di jalur antar kota bisa mencatatkan angka 15 km/liter. Tentunya Toyota Alphard ini bisa dibilang irit untuk mobil berukuran besar seperti itu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru