window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daftar Mobil Baru di Indonesia Periode Maret 2024, Ada EV dari BMW dan Foton

Prasetyo · 1 Apr, 2024 14:01

mobil baru di indonesia

Mobil baru di Indonesia sepanjang Maret 2024 rupanya banyak diisi oleh kendaraan elektrifikasi

Terbaru adalah BMW Group yang memperkenalkan BMW i5 eDrive40 M Sport yang merupakan BMW Seri 5 generasi kedelapan yang berubah jadi mobil listrik.

Sepekan sebelumnya juga ada pabrikan China berdarah Inggris, Morris Garage (MG) yang menghadirkan MG VS HEV (Hybrid Electric Vehicle).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kemudian ada pula pabrikan China lain yang juga sempat eksis di Indonesia namun kemudian menghilang dan kini hadir kembali, yaitu Foton.

Bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024, Foton menampilkan kendaraan komersial jenis micro bus yang berjenis BEV yaitu Foton e-View.

Sebagai informasi, Foton View dulunya adalah kendaraan jenis yang sama dan dipasarkan di Indonesia untuk armada ambulance maupun kendaraan travel, tapi menggunakan mesin diesel.

Nah penasaran apa saja daftar mobil baru di Indonesia sepanjang 1-31 Maret 2024? Berikut rinciannya.

Baca juga: 20 Mobil Baru di Indonesia Periode Februari 2024, Ada Suzuki Jimny 5 Pintu, Chery Tiggo 5X, sampai yang Terbaru dari Wuling

1. Kia Sonet Night Edition 2024

Mobil Baru di Indonesia Kia Sonet Night Edition

Kia Sonet Night Edition

Kia Sonet Night Edition secara resmi diluncurkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia, Rabu (05/3/2024).

Varian special edition dari Kia Sonet ini disediakan secara terbatas berdasarkan jawaban dari masukan para konsumen yang menginginkan sesuatu yang berbeda dan fresh dari Kia Sonet.

Hadir dengan tampilan serba hitam, Sonet Night Edition membawa aura sporty sekaligus garang.

Dibangun berdasarkan Kia Sonet varian Premiere atau tipe paling teratas, edisi spesial ini bagian fascianya meliputi grill, spoiler pada bumper serta rumah foglamp yang kini serba hitam.

Seperti Sonet Standard, Sonet Night Edition untuk wajahnya tersematkan lampu utama LED yang atraktif dengan tampilan tajam.

Sedangkan pada bagian samping, body moulding nya dilabur dengan warna sama yang mempertegas kesan garang.

Untuk lingkar roda sama seperti tipe teratas Sonet yang diaplikasikan velg alloy 16 inci two-tone dengan bentuk atraktif, yang dibungkus menggunakan ban berprofil 215/60. 

Beranjak ke sisi buritan, Sonet Night Edition ini juga mendapatkan tambahan spoiler berwarna black glossy yang mana sebelumnya tidak tersedia pada seluruh varian standard Kia Sonet.

Tak ketinggalan juga disematkan lips bumper yang membuat tampilannya bukan cuma garang namun lebih berotot.

Oh iya untuk stoplampnya menggunakan LED yang seolah menyatu di kedua sisi berkat adanya garnis yang memanjang dengan tampilan kekar.

Untuk urusan mesin, Sonet Night Edition dibenamkan mesin bensin 1.493 cc Gamma II Smartstream 4-silinder segaris.

Di atas kertas jantung mekasinya menghasilkan tenaga sebesar 114 PS di putaran 6.300 rpm dengan torsi puncak mencapai 144 Nm pada 4.500 rpm.

Putaran yang dihasilkan mesinnya diatur menggunakan transmisi iVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8-speed virtual gear yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.

Harga Kia Sonet Night Edition: Rp349.550.000 On The Road Jakarta

Baca juga: Mobil Baru di Indonesia Januari 2024: Serangan BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal

2. Foton e-View 2024

mobil baru di indonesia Foton e-View

Foton e-View

Foton kembali ke Tanah Air berada di bawah naungan PT Indomobil Global Transportasi, dengan menghadirkan salah satu produk unggulannya yakni mobil listrik Foton e-View di ajang GIICOMVEC 2024.

Sebagai salah satu pabrikan kendaraan komersial terlengkap dan terbesar di China, kehadiran Foton e-View di Indonesia menjadi pembicaraan hangat di kalangan pecinta otomotif Tanah Air khususnya di segmen kendaraan niaga.

Pasalnya microbus bertenaga daya listrik murni tersebut secara tampilan mirip seperti Toyota Hiace Commuter yang banyak digunakan sebagai kendaraan travel.

Oh iya, selain e-View, Foton juga memiliki produk yang mirip dengan Hiace Commuter, yakni Foton Trans Van, namun sayangnya untuk Trans Van sendiri tidak masuk ke Indonesia.

Secara dimensi keseluruhan Foton e-View memiliki panjang 5.320 mm, lebar 1.695 mm dengan tinggi 2.280 mm dan wheelbase mencapai 3.050 mm.

Bila dibandingkan dengan Toyota Hiace Commuter, e-View secara ukuran lebih pendek 60 mm, lebih ramping 95 mm, dan atapnya lebih rendah 5 mm.

Secara tampilan eksterior sekilas e-View identik dengan Hiace Commuter, namun apabila dilihat lebih detail mobil listrik syarat penumpang asal Tiongkok tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Misalnya bagian headlamp dengan bentuk lebih besar serta lampu sein dengan aksen biru yang dibuat lebih condong ke depan, dan pada bagian gril memiliki tambahan garnish memanjang dengan aksen biru.

Interior e-View tampak lebih modern berkat penggunaan head unit double din layar sentuh pada center cluster, serta tombol pengaturan AC dan beberapa switch dibawahnya.

Guna memberikan kenyamanan, e-View juga dibekali power window dan power door lock.

Untuk pengoperasian tingkat percepatan, e-View menggunakan sistem shift-by-wire yang terasa begitu ergonomis.

Pada meter clusternya e-View juga terlihat lebih modern dengan dipadukannya layar TFT di bagian tengah.

e-View dibekali motor listrik tunggal berjeniskan Permanent Magnet Synchronous yang diletakan di belakang menempel langsung dengan gardan.

Untuk tenaga yang dihasilkan menurut data pada brosur sebesar 85 kW (115 PS) dengan torsi puncak 290 Nm.

Guna menggerakan motor listrik,dinamonya mendapatkan daya dari baterai CATL Lithium Iron Phosphate berkapasitas 50,23 kWh yang diletakan di bawah kabin.

Menurut pengetesan yang dilakukan oleh NEDC, dalam kondisi baterai terisi penuh e-View dapat berjalan sejauh 235 kilometer, dan 195 kilometer berdasarkan pengujian WLTC.

Bicara lama waktu pengecasan, menggunakan metode DC Fast Charging memerlukan 67 menit dari 20% - 80%, sedangkan 20% - 100% membutuhkan 1 jam 33 menit.

Harga Foton e-View: Rp591.000.000 Off The Road Jakarta

Baca juga: Daftar Mobil Baru di Indonesia Periode November 2023, Wuling Binguo EV dan Serbuan Mobil Mewah Mercedes-Benz

3. MG VS HEV 2024

mobil baru di Indonesia MG VS HEV

MG VS HEV

Mobil baru di Indonesia lainnya diberikan oleh MG Motor Indonesia yang secara resmi mengumumkan harga dan spesifikasi MG VS HEV, Kamis (21/3/2024) yang sekaligus juga mengukuhkan mobil ini sebagai mobil hybrid termurah yang ada di Indonesia.

Meski dibangun berdasarkan ZS, VS HEV memiliki tampilan yang sedikit berbeda khususnya pada bagian fascia.

Seperti yang terlihat pada bagian fasad mobil line up terbaru MG Motor Indonesia ini memiliki lampu dengan tatapan lebih tajam berdesain pipih beraksen black smoked, yang mendukung teknologi LED projector serta LED DRL.

Lampu utama yang juga dilengkapi fitur automatic on/off highlight dan follow me home light tersebut memiliki aksen berupa list biru yang terhubung dengan garnish di tengah.

List berupa garis horizontal berwarna biru yang digunakan sekaligus sebagai penanda bahwa mobil ini merupakan bagian dari kendaraan listrik. 

Untuk grillnya terlihat begitu futuristik dengan disematkannya konsep diamond cut, yang dipadukan kisi-kisi dengan tampilan sporty di kedua ujung bumper.

Pada bagian interior, MG VS HEV menampilkan desain dual windscreen cockpit yang menyuguhkan kesan modern, mewah, sekaligus dapat memenuhi berbagai kebutuhan setiap penggunanya.

Sistem hiburan berukuran 12,3 inci model floating yang digunakan memiliki fitur lengkap termasuk konektivitas smartphone seperti Apple CarPlay & Android Auto, yang dikawinkan 6 audio system berupa 4 speaker split dan 2 tweeter.

Untuk pusat informasi berkendara mobil ini memiliki tampilan full digital dengan ukuran sama seperti sistem hiburannya.

Memberikan kesan mewah, interiornya dikombinasikan dengan dua warna, yakni; hitam dan abu-abu.

Bicara mengenai jok, seatnya dibungkus menggunakan bahan synthetic leather termasuk juga di beberapa area door trim dan dashboard.

Oh iya, mengenai fitur unggulan lainnya mobil ini turut dibekali fitur iSmart yang mencakup Smart Check, Smart Command dan Smart Connect.

Jantung pacunya dibekali mesin bensin konvensional berjeniskan 15S4C DOHC 4-silinder segaris 16 valve VTi dengan sistem kombusi Multipoint Injection.

Di atas kertas mesin berkapasitas 1.498 cc yang digunakan sanggup merilis tenaga sebesar 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi 142 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Mesinnya dipadukan dengan motor listrik penggerak yang melecutkan tenaga 95 PS dan torsi 200 Nm.

Gabungan mesin ICE (Internal Combustion Engine) dengan motor listrik ketika bekerja dapat menghasilkan tenaga sebesar 177 PS.

Dipadukan dengan transmisi E-CVT yang dilengkapi dengan tiga mode pilihan berkendara, yakni; Eco, Comfort dan Sport, mobil ini  juga memiliki Kinetic Energy Recovery Systems (KERS) dalam tiga level, yang dapat disesuaikan kebutuhan dan berfungsi untuk melakukan pengisian daya listrik ke baterai dengan memanfaatkan energi kinetik.

Harga MG VS EV: Rp389.000.000 On The Road Jakarta

Baca juga: Daftar Mobil Baru di Indonesia Oktober 2023, Ada Wuling Almaz RS Pro sampai Subaru Edisi Khusus

4. BMW i5 eDrive40 M Sport 2024

mobil baru di indonesia BMW i5

BMW i5 eDrive40 M Sport

BMW Group Indonesia memperkenalkan BMW i5 2024, mobil listrik ketiganya yang diluncurkan tahun ini setelah iX1 dan iX, 26 Maret 2024.

Hadir dengan model BMW i5 eDrive40 M Sport, i5 tampak begitu atraktif, sporty dan dinamis.

Mobil ini dilengkapi dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima yang ditingkatkan secara ekstensif, pada tampilan depan mobil ini memberikan interpretasi modern dari lampu depan kembar dan BMW kidney grille.

Elemen LED yang disusun hampir vertikal berfungsi sebagai lampu sein dan lampu berkendara siang hari. 

BMW kidney grille kini menonjol jauh ke depan dan BMW Iconic Glow yang dapat menyala seperti di BMW i7, juga dihadirkan sebagai standar di BMW i5.

Karakter dinamis BMW i5 lebih tegas lagi karena dihadirkan dalam trim M Sport, spoiler M, velg 20 inci M aerodynamic wheels 939 M Bicolour Black Grey serta M Sport brake dalam warna Dark Blue Metallic hadir sebagai standar.

Di bagian dalam, i5 menawarkan kenyamanan dan kenikmatan berkendara khas BMW melalui BMW Curved Display dengan ukuran yang sangat luas, 12.3-inci information display dan 14.9-inci control display yang sudah memakai BMW Operating System 8.5.

BMW i5 adalah model pertama yang hadirkan interior yang sepenuhnya vegan sebagai standar, material yang digunakan adalah Veganza yang memiliki sifat seperti kulit dengan perforasi dekoratif pada permukaan jok, dasbor dan panel pintu, serta setir kemudi.

BMW i5 eDrive40 dibekali motor listrik tunggal yang dapat menghasilkan tenaga 340 Hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control, yang selanjutnya ditranslasi ke roda belakang.

Untuk catatan akselerasi yang diperoleh dari 0 hingga 100 km/jam hanya membutuhkan 6 detik.

Motor listrik yang digunakan mendapat asupan daya dari baterai bertegangan tinggi yang diletakan di bagian bawah dengan memiliki kapasitas 81,2 kWh.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan WLTP, dalam kondisi baterai terisi penuh dapat berjalan sejauh 582 kilometer.

Harga BMW i5 xDrive40 M Sport: belum diumumkan

@autofun.indonesia Crossover hybrid baru yang jago ngibrit, cek dulu nih, MG VS HEV yang harganya Rp389 juta! Mobil ini bisa kalian liat langsung di Pondok Indah Mall hingga akhir Maret atau Living World Alam Sutera di awal April. Sekaligus ada unit test drive untuk ngerasain performa dan kenyamanannya! #MGmotors #MGVS #mobilhybrid #mobilbaru #mg #reviewmobil ♬ 90's jazz funk(1312903) - Chuuta2003

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Kia Sonet 1.5L Standard MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil