window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Kecelakaan di Pintu Tol Halim dan Pengrusakan Mobil di Pakansari hingga Bocoran Toyota Rush 2024

Prasetyo · 1 Apr, 2024 10:01

kecelakaan di pintu tol halim

Pekan lalu sepertinya cukup banyak kejadian viral yang terkait dengan masalah keselamatan berkendara di jalan raya.

Paling mencuat tentu saja insiden kecelakaan di pintu tol Halim Utama dari arah Bekasi menuju Jakarta yang terjadi pada Rabu (27/3/2024) pagi.

Bagaimana tidak, tabrakan beruntun itu melibatkan cukup banyak kendaraan yang kondisi saat kejadian memang sedang antri memasuki gerbang tol.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Belum lagi fakta menyusul lainnya yang ternyata terungkap jika penyebab kecelakaan adalah karena kelalaian pengemudi truk berwarna merah.

Diketahui, sebelum peristiwa kecelakaan mengerikan, sebuah truk bermuatan sofa dengan plat nomor BG 8420 VB yang dikemudikan M Isnem tersebut menabrak Honda Brio dan Mitsubishi Xpander.

tabrakan pintu tol halim

Pengemudi truk sebelumnya terlihat sengaja menabrak Mitsubishi Xpander yang kemudian menyundul Honda Brio yang ada di depannya

Selain kejadian kecelakaan di pintu tol Halim ini, juga sebelumnya beredar rekaman video dashboard (dashcam) yang memperlihatkan bagaimana seorang pengemudi mobilnya dirusak oleh sekelompok pemuda.

Diceritakan oleh si pengunggah video tersebut, kalau saat itu ia sedang berkendara dan melintas di sekitar Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Entah benar atau tidak mobilnya bersenggolan dengan kendaraan lain jenis Suzuki Swift, tiba-tiba si pengemudi hatchback Suzuki berwarna hitam tersebut langsung menghentikan kendaraannya di tengah jalan.

Tindakan ini menyebabkan sejumlah pengendara motor tertabrak, namun entah mengapa, malah si korban yang dirusak kendaraannya oleh sekelompok pemuda.

Nah mau tau selengkapnya apa saja berita-berita viral sepanjang sepekan lalu yang juga menjadi Top 5 artikel di Autofun Indonesia? Yuk baca artikel ini sampai habis.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Serbuan Merek Mobil China Geely, Jetour, dan BAIC, Serta Rencana Mobil Rakyat

1. Sopir Truk Biang Kecelakaan Beruntun di Pintu Tol Halim Utama Ternyata Tak Punya SIM

tabrakan pintu tol halim

Sopir truk berwarna merah menjadi penyebab kecelakaan tragis ini

Kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di pintu tol Halim Utama, Jakarta, diketahui akibat ulah ugal-ugalan pengemudi truk dengan plat nomor BG 8420 VB yang dikemudikan M Isnem.

Dari beberapa rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan kalau sebelum kecelakaan tragis itu terjadi, pengemudi truk ini lebih dulu menabrak Honda Brio dan Mitsubishi Xpander.

Bahkan terlihat jelas, pengemudi truk itu sempat sengaja menyundul bagian belakang Xpander untuk kemudian kabur melaju dengan sangat cepat dari arah Bekasi menuju gerbang Tol Halim Utama. 

Berdasarkan rekaman CCTV, truk yang melaju kencang menabrak sebuah truk medium Isuzu Traga dengan nomor polisi Z 8445 AH sampai terpental ke gardu 5.

Karena dorongan yang sangat keras, maka Isuzu Traga jadi hilang kendali, sehingga menabrak sebuah mobil Toyota Yaris merah dengan plat nomor B 1103 KRT yang akan masuk GTO Halim Utama..

Beberapa mobil lain yang hendak masuk antrian GTO di pintu tol Halim Utama ikut menjadi korban, seperti halnya mobil listrik Hyundai Kona dan juga mobil box Suzuki APV.

Masih menurut akun Instagram @tmcpoldametro si pengemudi truk ternyata masih berusia 18 tahun dan tidak memiliki SIM B1. 

Padahal, syarat untuk mengendarai kendaraan truk, harus memiliki SIM B1 yang usianya minimal 22 tahun. 

Lantas apa jeratan hukum bagi si pengemudi truk? Baca selengkapnya disini ya!

2. Mobil Listrik BMW i5 2024 Diperkenalkan di Indonesia, Nggak Perlu Pusing Lagi Urusan Ngecas Baterai

bmw i5

Generasi kedelapan dari BMW Seri 5 yang berubah jadi mobil listrik

BMW Group Indonesia memperkenalkan BMW i5 2024, mobil listrik ketiganya yang diluncurkan tahun ini setelah iX1 dan iX.

Sebagai generasi kedelapan BMW Seri 5, BMW i5 eDrive40 M Sport membawa tampilan yang begitu atraktif, sporty dan dinamis.

Tampilan depan mobil ini memberikan interpretasi modern dari lampu depan kembar yang disusun hampir vertikal berfungsi sebagai lampu sein dan lampu berkendara siang hari. 

BMW kidney grille kini menonjol jauh ke depan dan BMW Iconic Glow yang dapat menyala seperti di BMW i7, juga dihadirkan sebagai standar di BMW i5.

Karakter dinamis BMW i5 lebih tegas lagi karena dihadirkan dalam trim M Sport, spoiler M, velg 20 inci M aerodynamic wheels 939 M Bicolour Black Grey serta M Sport brake dalam warna Dark Blue Metallic hadir sebagai standar.

BMW i5 eDrive40 dibekali motor listrik tunggal yang dapat menghasilkan tenaga 340 Hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control, yang selanjutnya ditranslasi ke roda belakang.

Untuk catatan akselerasi yang diperoleh dari 0 hingga 100 km/jam hanya membutuhkan 6 detik.

Motor listrik yang digunakan mendapat asupan daya dari baterai bertegangan tinggi yang diletakan di bagian bawah dengan memiliki kapasitas 81,2 kWh.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan WLTP, dalam kondisi baterai terisi penuh dapat berjalan sejauh 582 kilometer.

Mobil ini pun punya fitur yang bisa lebih menghemat penggunaan daya listrik baterai, penasaran? Baca disini selengkapnya!

3. 5 Mobil Keluarga Terbaik Buat Liburan, Lengkap dengan Spesifikasi dan Daftar Harga Terbaru

mobil keluarga terbaik

Mobil-mobil yang siap dipakai mudik

Mobil keluarga terbaik di Indonesia tentu banyak sekali ragam pilihannya, mengingat berbagai produsen otomotif juga menawarkan kendaraan untuk kategori ini.

Sebagai pilihan mobil buat keluarga, tentunya perlu memiliki beberapa syarat, antara lain dari sisi kemampuan daya angkut penumpang, fleksibilitas berkendara, kapasitas bagasi yang lapang, hingga efisiensi bahan bakar yang baik.

Sebab mobil seperti ini terkadang bukan cuma punya "tugas" mengantarkan keluarga dari satu tujuan ke lokasi lain, namun juga harus serba guna.

Mulai dari kendaraan antar jemput anak, kebutuhan sang istri untuk menemani aktivitasnya, sampai dipakai liburan saat akhir pekan atau musim libur sekolah.

Karena itulah, mobil keluarga umumnya berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) maupun SUV (Sport Utility Vehicle).

Nah, apa saja kira-kira mobil keluarga terbaik di Indonesia, Autofun sudah pilihkan beberapa diantaranya dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

Yaitu kemampuan daya angkut penumpang 5-7 orang, kapasitas bagasi yang lapang, kenyamanan berkendara, efisiensi bahan bakar yang jempolan, serta harga yang tidak terlampau mahal.

Penasaran apa saja? Cek disini untuk artikel lengkapnya!

4. Bocoran Toyota Rush Facelift 2024 Mulai Beredar, Meluncur Sebentar Lagi!

toyota rush improvement facelift 2024

Ada beberapa perubahan pada Toyota Rush

Toyota Rush facelift 2024 dengan penyegaran ringan dikabarkan akan segera meluncur di tahun ini. 

Sinyal ini diketahui karena bocoran ubahan yang terjadi pada sosok medium Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut sudah beredar di dunia maya.

Tak hanya itu, akun Instagram @indra_fathan juga sudah menampilkan beberapa bagian Toyota Rush mulai dari bagian eksterior dan juga interior.

Tapi perlu dicatat dari akun Instagram ini Toyota Rush facelift 2024 yang akan kita ulasan adalah tipe GR, hal ini terlihat dari body belakang dengan adanya tambahan logo GR. 

Adapun jika melihat tampilan secara keseluruhan, beberapa ubahan yang sangat terlihat yaitu pada bagian wajah depan dimana grille dan bumper.

Untuk bagian grill memang cukup terlihat jadi lebih bergelombang dan sangar karena dibalut warna hitam glossy. 

Hal ini juga terjadi pada bagian Cover Spion dan gagang pintu samping yang dibalut warna Black Glossy.

Lantas apa lagi yang berubah dari Toyota Rush 2024? Baca artikel lengkapnya disini ya!

5. Ngeri, Mobil Dirusak Sekelompok Pemuda di Pakansari, Ulah Pengemudi Suzuki Swift Jadi Sorotan

mobil dirusak di pakansari

Pengemudi Swift dan sejumlah pemuda merusak mobil korban tanpa sebab

Sebuah rekaman video viral pengrusakan mobil Pakansari di media sosial, yang dialami seorang pengendara.

Berita ini viral setelah adanya unggahan video melalui akun Tiktok @Forumkeadilantv, pada hari Selasa (26/3/2024), sebuah rekaman kamera dashboard (dashcam) seorang pengemudi.

Pada video tersebut dijelaskan dimana korban mengaku mengalami nasib naas saat mengemudi malam hari pada 23 Maret 2024 di sekitar Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut korban, saat itu dia kebelet ingin buang air kecil, sehingga terpaksa harus mendahului mobil pick up dari sisi kiri jalan.

Namun saat hendak mendahului, tiba-tiba muncul mobil Suzuki Swift berwarna hitam ikut menyalip dari kiri. 

Alhasil, si korban langsung banting ke kanan, sehingga menyenggol mobil pick up. 

Dari tayangan video dashcam, mobil Suzuki Swift dengan plat nomor B 1463 EMC melaju dengan kencang, namun hingga di satu titik mobil tersebut berhenti secara mendadak.

Hal ini juga dilakukan si korban yang ikut melakukan pengereman, hanya saja hal tersebut berimbas pada sejumlah sepeda motor yang ada belakang mengalami tabrakan beruntun. 

Sejurus kemudian, penumpang mobil Swift melakukan pengrusakan mobil Pakansari dengan cara memukul kaca mobil si korban. 

Parahnya, pengrusakan juga diikuti oleh masa lainnya, termasuk pengguna sepeda motor yang langsung menghajar mobil korban hingga rusak. 

Lantas apa yang kini telah dilakukan korban? Artikel lengkapnya bisa dibaca disini.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil