window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Jazz Vs Mazda2, Pertarungan Raja Hatchback Saling Isi Celah

Ping · 7 Mei, 2020 11:00

Honda Jazz Vs Mazda2, Pertarungan Raja Hatchback Saling Isi Celah 01

Tingginya pajak mobil sedan di Indonesia membuat sebagian orang beralih pilihan ke mobil hatchback untuk kendaraan lima penumpang harian. Sebagai "rajanya" nama Honda Jazz jadi pilihan utama di kisaran harga mulai dari Rp250,2 jutaan.

Kiprah Honda Jazz sejak 2001 mulai mendapat saingan ketat dari merek-merek lain, baik berasal dari Jepang maupun Eropa. Salah satunya yang cukup memberikan perlawanan sengit adalah Mazda2.

Mobil Mazda 2 tersedia dalam 2 varian. Harga Mazda 2 2020 berkisar dari Rp 287 juta hingga Rp 304 jutaan. Ini tidak beda jauh dengan harga Mazda 2 2019.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

New Mazda2 dikenal sebagai saingan berat Jazz lantaran dibekali spesifikasi, material kabin, dan performa lebih baik. Hanya saja penerimaan publik justru lebih baik kepada Honda Jazz karena jaminan jaringan aftersales serta harga jual kembali yang sangat stabil.

Berikut adalah perbandingan spesifikasi antara kedua hatchback di varian tertingginya; New Honda Jazz RS vs New Mazda2 GT.

Eksterior dan Dimensi

Mulai dari bagian luar, perbandingan eksterior keduanya menarik untuk dibahas. New Honda Jazz RS hadir dengan bahasa desain Solid Wing Face seperti halnya Honda Civic hatchback. Sedangkan mobil Mazda2 GT hadir dengan karakter bahasa desain KODO yang semakin sporty dan kompak.

Tampilan New Honda Jazz RS dan Mazda2 2020 sama-sama segar dengan mengusung tarikan garis yang sporty. Kalau di Honda Jazz garisnya lebih tajam, kalau KODO milik mobil Mazda2 2020 lebih mengikuti alur aerodinamika. Di bagian kaki-kakinya pun keduanya dibekali desain pelek standar yang menarik.

Secara dimensi keduanya memang cukup berbeda di atas kertas. All New Jazz RS memiliki panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm dan wheelbase 2.530 mm. Sedangkan mobil Mazda2 baru GT memiliki panjang 4.062 mm, lebar 1.697 mm, tinggi 1.497 mm dan wheelbase 2.570 mm.

Honda Jazz Vs Mazda2, Pertarungan Raja Hatchback Saling Isi Celah 01

Dari perbandingan tersebut bisa disimpulkan bahwa mobil Mazda2 lebih panjang dan sedikit lebih lebar. Memang sekilas mobil Mazda2 tampak lebih kecil, ini dikarenakan ukuran bonnet yang lebih panjang. Honda Jazz New sendiri tampak lebih besar karena atap lebih tinggi dan bonnet yang lebih pendek.

Melihat keduanya, masing-masing memiliki karakter yang tidak bisa diputuskan secara objektif. Baik New Honda Jazz RS maupun New Mazda2 GT sama-sama memiliki desain timeless serta sporty yang menyasar selera konsumen secara subjektif.

Interior

Masuk ke dalam kabin, New Honda Jazz 2020 mendapat lebih banyak ubahan dibandingkan Mazda2. Ini ditengarai memang untuk menjawab berbagai keluhan yang dilayangkan kepadanya. Misal seperti tampilan head unit yang menonjol sehingga jelek dipandang, build material, hingga fitur AC yang dianggap ketinggalan zaman di model pre-facelift.

Honda Jazz Vs Mazda2, Pertarungan Raja Hatchback Saling Isi Celah 02

Kini tampilan interior Honda Jazz bisa dibilang cukup dewasa dan mendapat improvement yang sangat berarti. Fitur baru yang terbilang canggihnya adalah Auto AC with Smart Touch. AC pun bisa secara otomatis mengatur suhu dalam kabin dengan cukup menekan “AUTO”.

Selain itu, masih dari All New Jazz, layar head unit masih berukuran 8 inci. Namun finishing-nya semakin baik dengan tetap mengusung konsep floating. Port USB, HDMI dan AUX dipindahkan ke bagian depan head unit, semakin enak namun masih berantakan jika kabel menyolok ke sana.

Namun, tak luput dari kekurangan, Mazda2 kemudian memanfaatkan celah All New Jazz ini. Mobil Mazda bisa dibilang sebagai merek yang tidak pelit soal kualitas interior. Mobil Mazda2 interior dengan kesan mewah tidak bisa dielakkan berkat lapisan soft touch di area dasbor dan aksen jahitan yang sangat baik.

Honda Jazz Vs Mazda2, Pertarungan Raja Hatchback Saling Isi Celah 03

Di model terbaru mobil Mazda2 mendapat tambahan peredam di beberapa bagian seperti seal pintu bagasi dan headliner. Tombol-tombol kendali fitur di bagian kemudi pun lebih nyaman dioperasikan dibanding All New Jazz 2020.

Mesin dan Performa

Honda Jazz Vs Mazda2, Pertarungan Raja Hatchback Saling Isi Celah 04

Performa Honda Jazz New punya catatan baik dibandingkan pesaingnya, mobil Mazda2 2020. Respons yang dimiliki All New Jazz saat berkendara stop and go sangat baik.

Tak hanya respon putaran bawah saja, New Honda Jazz juga sangat terasa sporty di putaran atas. Di atas kertas, New Honda Jazz mampu hasilkan tenaga sebesar 118 hp. Selain itu, performa dari diam menuju putaran atas dirasa sangat halus dan linear.

Menyoal transmisi CVT-nya, akselerasi New Honda Jazz generasi terbaru patut dibanggakan. Ini lantaran mengalami penguatan dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya menggunakan transmisi otomatis 5-percepatan.

Jika dibandingkan dengan performa mobil Mazda2 memang tidak berbeda jauh. mobil Mazda2 punya akselerasi lebih baik berkat mesin SKYACTIV-G 1.5L 4 silinder segaris, DOHC 16 katup dengan Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control). Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga sekuat 108 hp.

Fitur

Kekurangan mobil Mazda2 2020 dalam hal performa coba ditutupi dengan bekalan fitur canggih. Fitur ini kemudian hadir dalam paket i-Activsense yang bisa memberikan kepercayaan diri lebih pengemudi.

i-Activsense terdiri dari fitur blind spot monitoring system (BSM), smart city brake support, rear cross traffic alert system, dan i-stop yang merupakan idling system pada mesin. Adapun fitur anyar Mazda2, yakni Mazda Regenerative Braking System / i-ELOOP.

Fitur-fitur inilah yang menempatkan Mazda2 jadi sedikit berada di depan Honda Jazz.

Bagi Honda Jazz, fitur standar penunjang keselamatan berkendara lebih diutamakan. Mulai dari struktur rangka G-CON + ACE hingga dual SRS airbags depan, side impact beam, pedestrian protection, seatbelt adjuster, serta seatbelt 3P ELR pretensioner dengan load limiter telah hadir dalam mobil.

Harga

Harga mobil Honda Jazz terbaru, seperti dilansir situs resminya dibanderol mulai dari Rp250,2 juta hingga Rp292,5 juta untuk varian tertingginya. Sedangkan harga Mazda2 dijual mulai dari Rp285,3 juta.

Honda Jazz Vs Mazda2, Pertarungan Raja Hatchback Saling Isi Celah 05

Jika melihat harga masing-masing, memang agak berlebihan jika mobil Mazda2 memiliki harga yang lebih tinggi. Ini karena mobil Mazda memang mentahbiskan pihaknya guna menyasar segmen premium yang memiliki kelasnya tersendiri.

Namun harga mobil Honda Jazz yang lebih rendah sedikit justru menyisakan beberapa kelebihan seperti jaringan after sales luas dan mudah perawatan serta harga jual yang masih tinggi di pasar mobil bekas Tanah Air.

Harga Honda Jazz (OTR Jakarta)
New Honda Jazz (M/T) Rp250,2 juta
New Honda Jazz (CVT) Rp260,5 juta
New Honda Jazz RS (M/T) Rp282,3 juta
New Honda Jazz RS (CVT) Rp292,5 juta
Harga Mazda2 (OTR Jakarta)
Type R Rp285,3 juta
Type GT Rp302,8 juta

Kesimpulan

Antara New Honda Jazz dan Mazda2 2020 memang bisa dibilang menyasar pasar di segmen yang berbeda. Jika Anda menginginkan hatchback perkotaan yang punya jaringan aftersales dan perawatan mudah, New Honda Jazz 2020 bisa jadi pilihan tepat. Apalagi model yang sudah lama eksis di Indonesia ini punya catatan bagus dari para penggunanya.

Sebaliknya, jika Anda menginginkan kendaraan yang punya karakter premium serta pemuja banyak fitur, New Mazda2 2020 lebih disarankan dibandingkan All New Jazz 2020.

Sebagai hatchback perkotaan, performa memang bukan segalanya, tapi respons tarikan awal serta efisiensi bahan bakar jadi perhitungan utama. Dalam hal ini New Honda Jazz lebih layak dipilih untuk mobilitas sehari-hari terbaik.

Ping

Bicara fakta menarik dengan ragam perspektif, spidometer hanya angka tanpa injakan pedal gas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil