Honda Mobilio Ex Taksi Cuma Rp90 Jutaan, Apa Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ini?

Enda · 13 Apr, 2022 09:30

Honda Mobilio ex taksi

Selain Toyota Limo dan Transmover, Honda Mobilio juga kerap digunakan sebagai armada taksi. Seperti unit taksi pada umumnya, model yang digunakan diambil dari tipe terendah, yakni Mobilio S.

Bicara harga bekasnya, saat ini Honda Mobilio ex taksi ini cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, melihat pasaran untuk lansiran 2015 kini hanya dibandrol Rp95 jutaan. Sedangkan pemakaian pribadi, dengan tahun produksi serta tipe yang sama harga bekasnya masih bertahan di angka Rp120 jutaan.

Jika kalian tertarik membeli Honda Mobilio tipe S ex taksi sebagai mobil keluarga, baiknya simak lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Inspirasi Modif Toyota Limo Bekas Taksi Cuma Modal Rp15 Jutaan, Gimana Jadinya?

Kelebihan Honda Mobilio

1. Bisa Dimuati Hingga 7 Orang Sekaligus

Honda Mobilio ex taksi

Honda Mobilio bisa menampung 7 orang sekaligus

Mempunyai tiga baris tempat duduk, Honda Mobilio sangat cocok digunakan untuk kalian yang memiliki anggota keluarga lebih dari lima orang. Sebagai catatan, untuk baris paling belakangnya sendiri sebaiknya digunakan untuk ana-anak. Mengingat jarak legroom mobil ini terbilang sangat dekat.

2. Performa Besar

Honda Mobilio ex taksi

Honda Mobilio punya tenaga paling besar di kelasnya

Digunakan sebagai armada taksi, Honda Mobilio ini dimodali mesin berkodekan L15Z1, 1.496 cc SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC +DBW yang dapat menghasilkan tenaga besar. Seperti yang bisa dilihat dari spesifikasinya, mesin tersebut mampu melecutkan tenaga sebesar 118 PS @6.600 rpm dan torsi 145 Nm @4.600 rpm. Untuk kecepatannya sendiri diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

Dibandingkan dengan pesaing yang ada saat ini, Honda Mobilio punya tenaga paling besar di kelasnya.

3. Fitur Cukup Lengkap

Honda Mobilio ex taksi

Fitur Honda Mobilio ex taksi cukup lengkap

Varian terendahnya, Honda Mobilio S ini memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap. Seperti yang bisa dilhat, pada varian terendahnya kalian bisa menemukan fitur seperti power window, electric mirror, tachometer, head unit single din yang bisa digunakan untuk memutar format audio MP3/WMA dan Aux input, tentu dengan single CD player dan radio. Tak hanya itu, mobil ini juga dibekali dengan sistem pendingin udara di bagian depan, dan rear wiper.

Dari segi keselamatannya sendiri telah dibekali dengan rem cakram pada roda depan dan tromol di belakang yang dipadukan ABS + EBD, serta pretensioner seatbelt dengan load limiter. Di dalam, pengemudi akan merasa lebih aman karena telah disematkan dual SRS aribags di bagian depan.

4. Irit BBM

Honda Mobilio ex taksi

Konsumsi BBM Honda Mobilio tergolong irit

Dalam pemilihan armadanya, perusahaan taksi mengutamakan mobil yang irit BBM. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa Honda Mobilio sendiri untuk pemakaian dalam kotanya mampu menempuh jarak rata-rata 14-15 km/liter. Beda halnya jika diguanakan keluar kota dengan kecepatan konstan, raihan angka yang diperolehnya menyentuh angka 18-19 km/liter.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Taksi, Toyota Vios Cuma Rp 80 Jutaan Dapat Mulus?

Kekurangan Honda Mobilio

1. Fitur Keamanan Terbatas

Honda Mobilio ex taksi

Fitur keamanan terbatas

Honda Mobilio S yang digunakan sebagai armada taksi masih minim akan fitur keamanan. Dimana mobil ini hanya dibekali dengan central lock yang cara menguncinya harus dilakukan dari luar dengan cara memutar anak kunci dari sisi pengemudi.

Agar lebih aman, kalian bisa menambahkan alarm system yang kini banyak dijual di toko aksesoris mobil.

2. Kurang Nyaman

Dari segi kenyamanan, Mobilio ex taksi menurut kami kurang begitu nyaman terkecuali kalian melakukan beberapa updgrade fitur tambahan. Karenanya mobil ini belum dilengkapi dengan double blower serta peredam kabin yang tipis. Peredam yang tipis ini bisa mengakibatkan suara dari luar baik gesekan antara permukaan ban dengan aspal, serta kendaraan yang ada di luar terdengar jelas di dalam kabin

Tak hanya itu, busa jok yang digunakan juga terbilang tipis. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan penggunanya merasa mudah lelah disaat berpergian jauh.

3. Eksterior Tampil Sederhana

Honda Mobilio ex taksi

Tampilan luar sederhana

Di bagian eksterior, Honda Mobilio S masih menggunakan velg kaleng yang ditutupi dop. Untuk membuatnya terlihat mewah, kalian bisa menggantinya dengan velg alumunium milik varian diatasnya atau produk aftermarket.

Di luar, mobil ini juga belum dilengkapi fog lamp, mud guard serta lampu sein pada cover spion.

4. Hanya Tersedia Transmisi Manual

Varian termurah Honda Mobilio yang dipakai sebagai armada taksi hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan. Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa nyaman berkendara terlebih jika sering terjebak kemacetan seperti di kota besar.

5. Lemah di Kaki-kaki

Honda Mobilio ex taksi

Mobil bekas taksi lemah di bagian kaki-kaki

Penyakit mobil bekas taksi pada umumnya ada di bagian kaki-kaki. Terlebih Mobilio sendiri lemah di kaki-kaki depan dimana seringkali timbul suara ‘gluduk’ saat melewati jalan yang keriting.

Kesimpulan

Honda Mobilio S ex taksi yang kini dibandrol Rp95 jutaan, menurut kami masih layak untuk dipilih. Selain masih terbilang muda, dalam kondisi sehat mobil ini memiliki performa yang sangat mumpuni.

Untuk membuatnya terasa nyaman saat digunakan bersama keluarga, kalian diwajibkan melakukan updgrade di beberapa sektor seperti double blower, serta pergantian velg sekaligus ban.

Baca juga: Perbandingan Toyota Transmover vs Honda Mobilio S Bekas Taksi, Mana yang Punya Fitur Lebih Oke?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru