Kepincut Toyota Avanza Gen-2? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Enda · 18 Mei, 2022 16:30

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza gen-2

Mobil keluarga yang hingga kini banyak digemari masyarakat Tanah Air adalah Toyota Avanza. Selain harganya terjangkau, dan dapat dimuati hingga 7 orang sekaligus, Low MPV Toyota ini diminati berkat memiliki tingkat durabilitas tinggi, perawatannya yang mudah serta harga bekas stabil.

Bicara Avanza, pada tahun 2012 PT Toyota Astra Motor meluncurkan generasi keduanya yang dinamai All New Toyota Avanza. Dibandingkan dengan model sebelumnya, pada generasi ini Avanza terlihat semakin sporty, atraktif dan dinamis berkat tampilannya yang berubah secara keseluruhan.

Bukan hanya tampilan yang berubah, TAM juga menyematkan beberapa fitur guna memberikan kenyamanan berkendara kepada setiap penggunanya. Oh iya, sebagai informasi generasi pre-faceliftnya ini diproduksi hingga tahun 2015 sebelum digantikan model facelift dengan nama Grand New Avanza atau yang lebih dikenal dengan sebutan barong.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Bicara harga bekasnya, per Mei 2022 pasaran Toyota Avanza gen-2 lansiran 2012 ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan. Sebelum kalian tertariknya meminangnya, simak lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Hampir Rp300 Juta, Pilih Suzuki Ertiga 2022 Apa Mending Toyota Avanza Aja?

Kelebihan Toyota Avanza Gen-2

1. Dimensi Avanza Gen-2 Lebih Besar Dibanding Model Sebelumnya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza gen-2

Dimensi Toyota Avanza gen-2 lebih panjang dan lebar dari model sebelumnya

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Toyota Avanza gen-2 secara bentuk lebih sporty, atraktif dan dinamis dibandingkan model sebelumnya. Pada eksteriornya ini banyak mengimplementasikan garis tegas dan menyudut yang sekaligus mampu meningkatkan tingkat kearodinamisan dalam berkendara.

Bukan cuma itu, bentuknya yang berubah secara keseluruhan ini membuat dimensinya semakin membengkak. Terbukti secara panjang Toyota Avanza gen-2 ditarik ke belakang 20 mm, dan bertambah 25 mm untuk lebarnya.

Dengan dimensi lebih besar, tentunya setiap orang didalamnya merasa nyaman ketika berpergian keluar kota berkat kabinnya yang terasa lapang.

2. Fitur Toyota Avanza Gen-2 Lebih Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza gen-2

Fitur Toyota Avanza gen-2 lebih lengkap

Mengenai fitur, Toyota Avanza Gen-2 telah dilengkapi dengan tilt steering atau pengaturan tinggi rendahnya stir. Untuk sistem hiburannya mendukung konektivitas mp3, CD dan radio. Khusus tipe Veloz memperoleh tambahan dua speaker twitter guna menghasilkan kualitas yang jernih, switch control steering serta sistem pengereman ABS + EBD.

Lain dari itu, mulai dari tipe E hingga Veloz sudah dilengkapi double blower yang mampu mendistribusikan udara sejuk hingga baris paling belakang. Oh iya, untuk lingkar kemudinya generasi kedua Avanza sudah menganut teknologi Electronic Power Steering (EPS). Selain mudah dalam perawatan, EPS juga menjaga performa putaran mesin agar tetap enteng.

3. Tempat Penyimpanan Barang Lebih Banyak

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza gen-2

Toyota Avanza gen-2 punya tempat penyimpanan lebih banyak

Di generasi kedua, Toyota Avanza memperoleh tempat penyimpanan barang lebih banyak. Seperti yang bisa dilihat, di setiap dindingnya terdapat cup holder dengan tambahan laci penyimpanan disampingnya. Di area kokpit, di depan tuas transmisi terdapat tempat ruang yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh koin atau benda kecil lainnya.

Lorong tengah antara pengemudi dengan penumpang depan sendiri disematkan box consol yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang seperti handphone serta dompet, sekaligus sebagai arm rest.

4. Tarikan Mesin Terasa Responsif

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza gen-2

Mesin K3-VE 1.3L VVT-i Toyota Avanza gen-2

Toyota Avanza gen-2 produksi 2012-2015 ditawarkan dalam dua pilihan mesin 1.3L dan 1.5L. Sebagai informasi, mesin yang digunakan masih sama seperti model sebelumnya lansiran 2006-2011.

Untuk spesifikasi, varian 1.3L menggunakan mesin K3-VE VVT-i DOHC 4-silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga 98 PS @6.000 rpm dengan torsi 121 Nm @4.400 rpm. Sedangkan varian 1.5L dibenami mesin 3SZ-VE VVT-i DOHC 4-silinder segaris dengan perolehan tenaga sebesar 105 PS @6.000 rpm dan torsi puncak 136 Nm @4.400 rpm.

Dibandingkan generasi kedua produksi 2015-2021 yang menggunakan mesin baru, secara angka tenaga dan torsi model pre-faceliftnya lebih kecil. Namun untuk performanya terasa jauh lebih responsif karena masih menggunakan sling baja sebagai alat membuka throttle body. Selain itu model ini juga belum menganut teknologi Dual VVT-i yang dianggap mampu menekan penggunaan bahan bakar, yang justru membuatnya terasa lemot pada tarikan awal.

Baca juga: Satu Jantung Pacu, Ini Perbedaan Konsumsi BBM Toyota Avanza 2022 vs Daihatsu Xenia 2022

Kekurangan Toyota Avanza Gen-2

1. Suspensi Keras, Gejala Body Roll Masih Tetap Terasa

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza gen-2

Toyota Avanza gen-2 masih menimbulkan gejala body roll

Agar terasa lebih nyaman, generasi kedua Toyota Avanza memperoleh improvement pada suspensinya. Namun untuk bantingan yang dihasilkan model ini masih terasa keras ketika melewati jalan yang keriting.

Bukan cuma itu, gejala body roll juga masih kerap terasa ketika mobil melakukan manuver dalam kecepatan yang cukup tinggi.

2. Produksi 2012-2013 Minim Fitur

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza gen-2

Toyota Avanza gen-2 produksi 2014 sudah dilengkapi airbags

Pada tahun 2014 atau dua tahun setelah kemunculannya, TAM memberikan penyegaran terhadap fitur keselamatan. Dimana pada penyegaran pertama All New Avanza disematkan dual SRS airbags di bagian pengemudi dan penumpang depan, front seatbelt pretensioner/force limiter (PT/FL), driver seatbelt warning, sliding brake pedal, dan knee bolster bagi pengendara.

Kesimpulan

Berbagai kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza gen-2 produksi 2012-2015 berhasil kami sampaikan melalui beberapa parameter di atas. Punya harga bekas yang stabil, secara konklusi mobil ini punya fitur lebih lengkap dari model sebelumnya, dan terasa lebih responsif dibandingkan penerus selanjutnya.

Namun cukup disayangkan, untuk lansiran tahun 2012-2013 Avanza belum mendapatkan dual SRS airbags, front seatbelt pretensioner/force limiter (PT/FL), driver seatbelt warning, sliding brake pedal, dan knee bolster, yang tentunya mampu memberikan tingkat perlindungan lebih terhadap penggunanya ketika mengalami benturan.

Baca juga: Toyota Avanza Pakai Transmisi CVT, Apa Sih Kelebihan dan Kekurangannya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru