window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen 1, Sedan Terkuat di Indonesia

Enda · 9 Jan, 2024 13:01

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1 jadi pembahasan menarik bagi yang sedang mencari mobil ini untuk mendukung aktifitas sehari-hari.

Generasi pertama Vios sendiri diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2003 menggantikan posisi Toyota Soluna dengan menempati segmen sedan subkompak.

Pesaing utama Honda City dan juga Hyundai Accent, kiprah Vios dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air berlangsung hingga 2006 sebelum digantikan oleh generasi keduanya pada 2007.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai mobil sedan, Vios gen 1 terbilang sangat tangguh, tak heran jika beberapa perusahaan taksi ternama menggunakannya sebagai kendaraan angkutan penumpang dengan nama Toyota Limo.

Oh iya, Vios gen 1 yang beredar di Indonesia saat itu didatangkan langsung dari Thailand dengan membawa dua varian yang ditawarkan, yakni E dan G.

Harga bekas Toyota Vios gen 1 sendiri saat ini dibandrol mulai dari Rp50 jutaan kondisi pajak hidup, siap pakai minim akan perbaikan.

Namun sebelum kalian tertarik membelinya, simak kelebihan dan kekurangan Toyota Vios Gen 1 di bawah ini.

Baca juga: Harga Bekas Toyota Vios Gen 3 Ex Taksi di Bawah Rp80 Juta dan Usianya Belum 10 Tahun, Layak Untuk Dipinang?

Kelebihan Toyota Vios Gen 1

1. Bentuk Dinamis

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Tampilan belakang Vios gen 1

Dibandingkan dengan Soluna yang secara mayoritas mengimplementasikan garis tegas, Vios gen 1 justru lebih banyak menampilkan bentuk membulat pada bagian eksteriornya.

Hal ini membuat tampilan Vios gen 1 terlihat dinamis dan lebih modern.

Dengan bentuk yang dimiliki membuatnya jauh dari kesan jadul dan masih sangat cocok dikendarai hingga saat ini.

2. Gunakan Mesin 1.500 Cc yang Tangguh

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Mesin 1NZ-FE

Generasi pertama Toyota Vios di Tanah Air dibekali jantung pacu berkodekan 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris 16 valve berkapasitas 1.497 cc yang dapat meletupkan tenaga 109 PS di 6.000 rpm dengan tenaga puncak mencapai 141 Nm pada 4.200 rpm.

Memiliki karakter responsif pada putaran bawah, mesinnya mempunyai durabilitas sangat baik yang menjadikan Vios sebagai salah satu sedan terkuat di Indonesia.

Hal ini dibuktikan ketika digunakan sebagai armada taksi dengan nama Limo, terdapat beberapa unitnya bahkan belum pernah turun mesin meskipun angka pada odometernya sudah mencatatkan jarak tempuh lebih dari 300 ribu kilometer.

3. Irit Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Pemakaian dalam kota Vios gen 1 12 km/liter

Kelebihan lain dari Vios gen 1 yakni irit dari segi konsumsi bahan bakar.

Bicara penggunaan dalam kotanya, untuk konsumsi BBM mobil ini berada di angka 12 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kota mobil ini dapat meraih angka 15 km/liter.

Selain irit bahan bakar, untuk angka kompresi mesinnya tidak terlalu besar sehingga pemilik atau pengguna bisa menggunakan bensin RON 90 sejenis pertalite.

Sebelum adanya Pertalite, bahkan banyak penggunanya menggunakan bensin dengan RON 88 atau premium tanpa mengalami kerusakan secara serius.

4. Gunakan Transmisi Matic ECT

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Interior Vios gen 1 G matic

Pada varian G, Vios gen 1 hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-perceptan ECT torque converter.

Transmisi matic dengan teknologi ECT memanfaatkan teknologi elektronik untuk mengontrol kerja dari transmisi, yang memiliki beberapa komponen elektronik seperti sensor, ECU dan beberapa actuator. 

Keunggulan dari transmisi ini selain lebih presisi dapat menguangi getaran setiap kali melakukan perpindahan secara otomatis, lebih mudah mengetahui kerusakan di bagian transmisi, serta menghasilkan penggunaan bahan bakar lebih irit.

5. Perawatan Mudah dan Murah

Dari segi perawatan Toyota Vios gen 1 terbilang sangat mudah.

Guna menjaga performa mesin, pemilik cukup mengganti pelumas serta filter oli secara teratur serta penggantian atau pembersihan filter udara.

Tak ketinggalan pemilik mengecek busi, dan jika timbul suara ngelitik atau gejala knocking, segera lakukan tune up membersihkan ruang bakar, thrrotle body, serta penggantian busi.

Selain itu juga pemilik diharuskan mengecek kondisi radiator dengan memastikan tidak adanya kebocoran serta penggunaan air khusus radiator.

Mengenai ketersediaan spare part, kalian juga tidak perlu khawatir.

Karenanya suku cadang mobil ini sangat melimpah di seluruh penjuru nusantara mulai dari ori hingga KW 3, dengan harga yang ditawarkan sangat ramah di kantong.

6. Fitur Tergolong Modern

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Head unit 2din Vios gen 1

Sebagai sedan subkompak, di zamannya Vios gen 1 memiliki fitur unggulan maupun keselamatan yang terbilang canggih.

Pertama-tama untuk fitur unggulan yang dimiliki mobil ini sudah dibekali power window, spion elektrik, power steering serta AC dengan pengaturan beberapa arah.

Selain itu mobil ini juga mempunyai banyak kompartemen penyimpanan terbuka dan tertutup yang berada di dashboard.

Khusus varian G, untuk sistem hiburannya menggunakan head unit 2din dengan mendukung format seperti MP3, CD tape dan radio.

Bukan cuma itu, tipe ini juga untuk meter clusternya menggunakan full digital mulai dari tachometer, speedometer hingga fuel meter.

Dari segi keselamatan berekendara, untuk sistem pengeremannya diaplikasikan rem cakram di semua roda.

Namun untuk tipe teratasnya, Vios G, pabrikan membekalinya dengan ABS dan EBD.

Baca juga: Harga Bekas Beda Rp10 Juta, Pilih Toyota Vios Gen 3 Atau Generasi Ketiga Honda City?

Kekurangan Toyota Vios Gen 1

1. Kaki-kaki Depan Berisik

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Perbaikan kaki-kaki depan Vios

Kekurangan atau kelemahan Vios gen 1 pertama kali yakni pada bagian kaki-kaki depannya.

Seperti mobil penggerak depan pada umumnya, tak sedikit pemilik merasakan suara berisik di bagian depan ketika melewati jalan rusak.

Berisiknya kaki-kaki depan bisa disebabkan karena rusaknya ball joint, tie rod, karet support, suspensi bahkan rack steer karena masa pakai atau usia.

2. Muncul Suara di Bagian Dashboard

Selain kaki-kaki, munculnya suara berisik dapat terdengar dari bagian dashboard ketika melewati yang jalan rusak.

Suara berisik muncul bisa dari dashboard yang sering dibongkar dan tutup kompartemen laci penyimpanan barang.

3. Peredam Kabin Tipis

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1

Kabin Vios gen 1

Selanjutnya kekurangan Vios gen 1 terletak pada bagian peredam kabin.

Untuk peredam kabinnya mobil ini terbilang tipis sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

Karena peredam kabin yang tipis, kalian bisa mendengarkan suara mesin dari depan dan suara kendaraan dari lain dari luar di dalam kabin.

Agar tingkat kekedapan suara mobil ini lebih baik, kalian bisa menambahkan peredam yang saat ini banyak dijual di pasaran.

4. Panel Instrument di Tengah Sedikit Menghalangi Pandangan Mengemudi

Terakhir kekurangan dari mobil ini yaitu panel instrument yang diletakan di tengah.

Bagi yang tidak terbiasa, panel instrument diletakan di tengah justru sangat mengganggu dan terkihat aneh.

Selain itu juga mengganggu visibilitas berkendara ketika ingin melihat pandangan ke tengah berkat bentuknya yang dibuat cukup tinggi.

Kesimpulan

Pasaran harga bekas Rp50 jutaan, kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen 1 berhasil kami kupas secara tuntas melalui ulasan di atas.

Secara konklusi Vios gen 1 saat ini masih sangat cocok dikendarai guna mendukung aktifitas sehari-hari lantaran memiliki bentuk yang timless, perawatan mudah dan murah, mesin tangguh serta yang terpenting hemat bahan bakar.

Aman menggunakan pertalite, membuat penggunanya juga lebih hemat dari segi pengeluaran.

Namun untuk kekurangannya mobil ini lemah di kaki-kaki depan yang kerap muncul suara berisik, dasboard yang juga sering menimbulkan suara berisik, peredam kabin tipis, serta panel instrument di tengah sehingga mengurangi pandangan bagi mengemudi.

Baca juga: Cara Gampang Bedain Toyota Vios Gen 2 dengan Limo, Diapa-apain Tetap Keliatan Ex Taksi!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil