window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Beda Rp10 Juta, Pilih Toyota Vios Gen 3 Atau Generasi Ketiga Honda City?

Enda · 21 Okt, 2022 10:30

Toyota Vios gen 3

Mobil perkotaan jenis small sedan, Toyota Vios gen 3 lansiran 2013 untuk kondisi sekennya kini dijual mulai dari Rp125 jutaan. Harga bekas yang ditawarkan tersebut lebih murah Rp10 jutaan dari pasaran generasi ketiga Honda City yang saat ini dibandrol mulai dari Rp135 jutaan dengan tahun yang sama.

Bermain di segmen yang sama dengan selisih harga bekas Rp10 jutaan, apakah Toyota Vios bisa lebih baik dari Honda City, atau justru sebaliknya? Guna mengetahui perbandingan keduanya, simak ulasan berikut ini.

Honda CITY

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Murah Karena Banyak Digunakan Taksi, Ini 5 Hal Menarik Toyota Vios Gen 3

Tampilan Lebih Berkelas, Honda City Tidak Punya Imej Taksi

Honda City GM2

Generasi ketiga Honda City

Sebagai sedan entry-level, generasi ketiga Honda City terkesan lebih prestisus karena tidak memiliki imej mobil taksi seperti Toyota Vios gen 3.

Membahas sedikit penampilannya, pada fascianya mobil ini menganut gaya bahasa desain wing solid face yang diketahui merupakan ikonik nya Honda. Secara desain, mobil ini terlihat porposional, sporty, sekaligus atraktif.

Untuk sistem pencahayaan utamanya, generasi ketiga City masih mengandalkan bohlamp halogen biasa. Begitupun juga stoplampnya, mobil ini belum dilengkapi teknologi LED namun sudah menggunakan multi-reflektor.

Toyota Vios gen 3

Toyota Vios gen 3 dibekali HID projector pada lampu utamanya

Melihat tampilan Toyota Vios gen 3, sebenarnya mobil ini gak kalah keren dari pesaingnya. Secara konsep desain mobil ini juga terlihat sporty berkat tarikan garis serta lekukan yang diterimanya.

Meski ditawarkan lebih murah Rp10 jutaan dari Honda City, untuk sistem pencahayaannya mobil ini jauh lebih modern karena sudah dilengkapi HID projector dengan auto-leveling. Sama seperti Vios, mobil ini juga tersematkan foglamp yang berguna untuk meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari.

Keduanya pun mendapatkan spion electric dengan retractable serta rem cakram di semua roda yang mampu memberikan daya deselerasi lebih mudah.

Baca juga: Bekasnya Seharga Daihatsu Ayla Baru, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen-3

Tampilan Dalam Kalah Prestisus, Generasi Ketiga Honda City Menang Nyaman

Honda City GM2

Interior generasi ketiga Honda City 

Bicara nuansa dalam keduanya, menurut kami Toyota Vios gen 3 terkesan lebih prestisus. Hal ini lantaran interior Vios dipadukan dengan warna hitam dan beige, serta aksen silver di beberapa bagiannya. Untuk pengaturan AC nya mobil ini sama seperti generasi ketiga Honda City yang masih model konvensional.

Namun untuk mengetahui tingkatan blower kipas serta suhunya, Vios terlihat lebih modern karena menggunakan tampilan digital. Melihat pada panel instrumentnya, Vios pun lebih atraktif berkat tampilan latar yang lebih modern serta adanya aksesoris ring krom.

Toyota Vios gen 3

Interior Toyota Vios gen 3

Bicara mengenai fitur, Vios sendiri sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh yang bisa diatur menggunakan tombol dari setir. Untuk City, sistem hiburannya hanya belum dilengkapi layar sentuh dan belum ada audio switch control.

Oh iya, untuk menyalakan mesin, Toyota Vios cukup menekan tombol start/stop engine yang terletak di sebelah kanan pengemudi. Pada Honda City, untuk menyalakan dan mematikan mesin kalian diharuskan untuk memutar anak kunci di belakang setirnya.

Meski secara fitur dan tampilan terasa lebih jadul ketimbang Vios, untuk gaya berkendaranya generasi ketiga Honda City dirasa lebih nyaman berkat kabin yang terasa lebih luas serta bantingannya yang empuk.

Performa Generasi Ketiga Honda City Lebih Buas

Honda City GM2

Mesin L15A7 Honda City

Generasi ketiga Honda City dibekali mesin 1.5L NA yang sama persis digunakan dengan Jazz GE8. Berkodekan L15A7, jantung pacu berkubikasi 1.497 cc dengan teknologi SOHC 4 silinder segaris, i-VTEC + DBW + Torque Boost Resonator PGM-FI yang disematkan sanggup meletupkan tenaga 122 PS di 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada putara 4.800 rpm.

Guna membuatnya berjalan, mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Hebatnya transmisi matic konvensional yang digunakan dilengkapi dengan fitur paddle shift.

Bicara Toyota Vios gen 3, seperti generasi pertama dan kedua, mobil ini disematkan mesin bensin berkubikasi 1.497 cc dengan kode mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris, DOHC 16 valve. Melihat data pada spesifikasi, jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga hingga 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 141 Nm pada putaran 4.200 rpm.  

Vios generasi ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Berbeda dengan City, Vios tidak dilengkapi dengan fitur paddle shift.

Kesimpulan

Harga bekas lebih mahal Rp10 jutaan dari Toyota Vios, Honda City lebih nyaman digunakan berkat kabinnya yang terasa luas serta memiliki bantingan empuk. Selain itu, mobil ini tidak memiliki imej taksi sehingga terlihat lebih mewah saat dijumpai di jalan. Oh iya, untuk performa yang dihasilkan City juga lebih besar dibandingkan Vios, terlebih adanya fitur paddle shift yang membuat penggunanya terasa lebih tertantang.

Meski begitu untuk fitur, Toyota Vios lebih lengkap berkat adanya bohlamp LED projector, head unit layar sentuh yang terhubung dengan audio switch control, AC tampilan digital, start/stop engine serta keyless entry.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda City yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil