Kelebihan dan Kekurangan Toyota Voxy

Anissa · 26 Jul, 2020 19:00

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Voxy 01

Toyota Voxy merupakan mobil yang masuk ke dalam segmen MPV menengah. Mobil ini tampak menarik dengan desainnya yang boxy atau mengotak. Desain unik ini membuat penampilan Toyota Voxy mengingatkan kita dengan penampilan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire yang sama unik dan mewah.

Toyota Voxy hanya tersedia dalam 1 varian aja dengan nama Toyota Voxy CVT. Toyota Voxy harganya berkisar Rp 501,8 jutaan. Ini merupakan harga Toyota Voxy 2020 yang tidak beda jauh dengan harga Toyota Voxy 2019.

Toyota Voxy pertama kali diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2017. Setelah debutnya, Toyota Voxy berhasil menarik perhatian pecinta otomotif Tanah Air. Mobil ini sendiri dihadirkan untuk menggantikan posisi Toyota NAV1.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tetapi Toyota Voxy juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang kekurangan dan kelebihan dari Toyota Voxy.

Kelebihan Toyota Voxy

Desain Boxy yang unik dan mewah

Di Jepang, Toyota Voxy dikenal sebagai Toyota Noah. Mobil ini memiliki desain yang lebih dinamis dan banyak disukai oleh generasi muda. Selain dinamis, bahasa desainnya juga sedikit mencerminkan kesan futuristik yang mirip dengan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Voxy 02

Bumper depannya memiliki desain Cutting Edge yang terlihat menawan. Selain itu, Toyota Voxy juga menggunakan bahasa desain Elegant Aero Pavkage dengan air lips dan kisi-kisi kecil di bumper depan yang memanjang pada aero kit di bagian samping. Handle pintunya yang berlapis chrome membuat tampilannya semakin mewah.

Mesin yang bertenaga

Toyota Voxy diketahui hanya memiliki satu pilihan mesin, yakni 3ZR-FAE , 4-silinder segaris, 16 katup, DOHC dengan kapasitas 1.987 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga mencapai 152 PS pada putaran 6.100 rpm dan torsi mencapai 19.7 Kg.m pada putaran 3.800 rpm.

Untuk transmisinya sendiri, mobil ini menggunakan sistem transmisi otomatis CVT dengan sistem pembakaran bahan bakar pembakaran Valvematic yang hemat energi. Transmisi CVT memang dinilai dapat memberikan pengendaraan yang lebih halus.

Interior yang luas dan sarat fitur

Toyota Voxy memiliki kabin yang cukup luas dan dipenuhi dengan berbagai fitur premium. MPV ini memiliki dashboard dengan nuansa warna hitam dan Burgundy, menggunakan konsep dual-layer yang mewah.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Voxy 03

Untuk fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan Advanced Entertainment System berupa layar sentuh lebar dengan menu hiburan MP3, Auto store, DVD, radio, jam dan kalender digital. Selain itu, mobil ini juga memiliki Multi Information Display (MID) untuk menampilkan beragam informasi Instrument Cluster berteknologi Optitron seperti speedometer, tachometer atau penanda putaran mesin, dan indikator BBM yang sederhana.

Ada pula Exceptional Multi-Information Display untuk menampilkan informasi ECO indicator, suhu mesin, dan jam digital. Menariknya lagi, Toyota Voxy juga sudah dilengkapi dengan Panoramic Sunroof sehingga menambah kesan mewah pada mobil ini.

Fitur keselamatan yang lengkap

Seperti yang diharapkan, fitur keselamatan yang dimiliki oleh Toyota Voxy ini bisa dibilang cukup lengkap. Pada mobil ini telah disematkan 7 SRS Airbags yang menjamin keamanan pengemudi dan penumpang di baris depan saat terjadi tabrakan atau benturan.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur Emergency Brake Signal (EBS) yang berfungsi untuk mengaktifkan rem sekaligus menghidupkan lampu hazard secara otomatis. Dengan fitur ini, tabrakan beruntun bisa dihindari, meskipun pengemudi melakukan pengereman yang keras dan mendadak.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Voxy 04

Toyota Voxy juga memiliki fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mencegah mobil mundur ke belakang saat berada di tanjakan. Fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang disematkan pada mobil ini juga mampu mempertahankan mobil tetap di jalurnya saat bermanuver di tikungan.

Tidak hanya itu, ada pula fitur Dynamic Rear Parking Camera yang bisa memudahkan pengemudi saat mobil akan parkir. Untuk keamanan penumpang anak-anak, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur pengaturan kursi Isofix yang lebih aman.

Kekurangan Toyota Voxy

Hanya memiliki satu varian saja

Meskipun dipenuhi dengan berbagai fitur canggih dan mewah, serta mesin yang cukup mumpuni, Toyota Voxy ini hanya tersedia dalam satu varian saja. Banyak yang menyayangkan hal ini, karena jika tersedia lebih dari satu varian mesin atau transmisi, konsumen akan memiliki pilihan yang lebih luas.

Pilihan warna yang terbatas

Toyota Voxy memang tidak diragukan lagi memiliki desain yang mewah dan menawan. Tetapi sayangnya, mobil ini hanya menawarkan beberapa pilihan warna yang terbatas. Mobil MPV ini hanya menawarkan tiga pilihan warna, yakni Inazuma Sparkling Black, Black, dan White Pearl.

Harga relatif mahal

Di dalam segmen MPV premium, Toyota Voxy tentu tidak sendirian. Mobil ini harus menghadapi beberapa model pesaing, dan salah satunya adalah Nissan Serena. Jika dibandingkan dengan pesaingnya yang juga berbodi boxy ini, harga Toyota Voxy bisa dibilang relatif lebih mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Voxy 05

Nissan Serena yang terdiri atas 2 varian, yaitu Nissan Serena X yang ditawarkan dengan harga Rp448 juta dan Nissan Serena Highway Star yang ditawarkan dengan harga Rp465 juta.

Kesimpulan

Toyota Voxy memang merupakan MPV premium yang dipenuhi dengan berbagai fitur yang dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang ketika berkendara. Selain itu, mobil Toyota Voxy 2019 atau 2020 ini juga dibekali dengan mesin yang bertenaga dan irit. Tetapi sayangnya, mobil ini bisa dibilang cukup mahal, dan varian yang ditawarkan pun terbatas.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru