window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof

Yongki Sanjaya · 23 Mei, 2023 08:00

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof 01

Toyota Voxy diperkenalkan di Tanah Air oleh PT Toyota Astra Motor pada Februati 2022. Sebagai line up terbaru di segmen MPV premium, All New Voxy sendiri secara tampilan luar futuristis dan agresif dengan tetap membawa kesan premium. Sebagai sebuah MPV boxy, Toyota Voxy 2023 hadir sebagai versi ekonomis dari Toyota Alphard.

Toyota Voxy 2023 yang dijual di Indonesia merupakan produksi global yang dibuat di pabrik Toyota Motor Corporation, atau Completely Built Up (CBU) Jepang. Rancang bangun mobil ini telah menggunakan platform baru TNGA-C. 

Terdapat banyak perubahan di sosok Voxy, mulai dari penambahan fitur kenyamanan dan keselamatan hingga hilangnya fitur sunroof. Nah, apa dan bagaimana kelebihan dan kelemahan Toyota Voxy yang dianggap sebagai baby Alphard? Simak penjelasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Toyota Voxy 2023, Pakai Mesin Baru dan Fitur Makin Canggih

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof 01

Toyota Voxy telah mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform baru ini memperhatikan secara lebih detail ukuran, kenyamanan, kekedapan serta meningkatkan efisiensi bahan bakar, secara keseluruhan Voxy 2022 juga terasa lebih aerodinamis dan ergonomis.

Untuk menyesuaikan itu, Toyota membenamkan mesin bensin baru M20A-FKS, menggantikan 3ZR-FAE namun sama-sama 2.000 cc. Dapur pacu anyar itu menjanjikan tenaga 170 Ps di 6.600 rpm dan torsi puncak 202 Nm pada putaran 4.900. Distribusi tenaganya disalurkan melalui transmisi CVT ke roda depan. 

Mesin baru ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, dimana sebelumnya 1 liter mencapai 13 kilometer, kini di all new Toyota Voxy 1 liter bisa 15 kilometer.

Aksesibilitas Makin Praktis

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof 02

Selain mesin baru, terdapat beragam upgrade yang hadir di Voxy ini, mulai dari power sliding door untuk memudahkan penggunannya keluar masuk mobil. Pada pintu bagasi belakang juga memperoleh kick sensor yang hanya cukup menggoyangkan kaki di bawah pintu untuk membukanya.

Untuk membuka pintu belakang, kita juga bisa melakukannya dengan cara menekan tekan tombol dari samping yang diletakan di kiri dan kanan tepat di bawah stop lamp. Dengan cara seperti ini pintu bagasi akan terbuka dan menutup secara otomatis berkat asanya fitur electric tailgate.  

Toyota Voxy 2023 punya ruang interior yang lega. Sliding jok baris kedua bisa digeser mentok ke belakang untuk akses penumpang baris ketiga ataupun ruang kaki baris kedua yang sangat lega. 

Fitur Makin Beragam

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof 03

Masih di area tengah, jok Voxy didukung reclining seat yang bisa direbahkan full, berikut dua arm rest di setiap jok baris kedua dengan material leather dan fabric. Pada konsol tengahnya terdapat 2 soket USB namun belum dilengkapi table tray.

Meski begitu, di lorong tengahnya kalian bisa menjumpai adanya dua buah cup holder yang bisa dibuka dan ditutup model lipatan, gantungan barang bawaan dengan kapasitas 4 kg di belakang sandaran jok pengemudi, serta LCD di plafon tengahnya. 

Pabrikan trioval menyematkan banyak perangkat baru multimedia dan kenyamanan, seperti wireless charging, head unit 9 inci dengan monitor entertainment, air purifier, USB port 6-titik, dual sliding door dengan kick sensor, spion dengan pemanas, juga tombol pembuka bagasi dari bodi samping.

Sudah Memiliki TSS

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof 04

MPV boxy ini juga telah disematkan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) terbaru generasi ketiga. Adapun, TSS 3.0 di Voxy 2023 ini terdiri dari:

  • Pre Collision System
  • Lane Tracing Assist
  • Dynamic Radar Cruise Control
  • Automoatic High Beam

Sebagai fitur keselamatan standar, Toyota Voxy 2023 juga dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Asisst (HSA), ISOFIX, New Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold Button (ABH), New Convenient Panoramic View Monitor, dan SRS Airbag (D + p + CSA + SA). Selain itu ada juga Blind Spot Monitor (BSM), serta Heater Function yang dapat menghilangkan embun pada kaca spion.

Kelemahan Toyota Voxy, Harga Naik Minus Sunroof dan Legrest

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof 05

Saat peluncurannya tahun 2022 lalu, harga all new Toyota Voxy Rp558,2 juta, naik Rp47,350 juta dari sebelumnya. Berikut ini harga Toyota Voxy 2023:

  • 2.0 CVT (Non Premium Color) (Spot Order*) Rp592.700.000
  • 2.0 CVT (Premium Color) Rp595.700.000

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Voxy 2023, Baby Alphard yang Minus Sunroof 06

Dengan harga yang naik tadi, sayangnya dari fitur kenyamanan tidak ada lagi sunroof. Fitur lain yang terpaksa harus absen dari Voxy ialah leg rest yang tentunya bisa memberikan kenyamanan terhadap penumpangnya. Padahal semestinya sebagai MPV mewah, kedua fitur tadi harus ada sebagai identitas penunjang kenyamanan.

Dengan luputnya fitur tadi, membuat harga jual Voxy jadi terkesan agak mahal. Ini lantas membuat para calon konsumen gamang dan sebagian mulai melirik unit second Voxy generasi sebelumnya.

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Voxy ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil