window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir

Dito · 1 Sep, 2022 10:05

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 01

  • Pilihan mobil SUV menjadi penting kalau daerah Anda sering dilanda banjir.
  • Mobil SUV memiliki ground clearance cukup tinggi.
  • Harga mobil SUV sangat bervariasi.

Jelang musim hujan, mobil dengan postur tinggi semakin diminati. Tren SUV yang terus meningkat membuat pamor tipe mobil ini semakin banyak dilirik oleh konsumen. Salah satu keunggulan mempunyai mobil SUV adalah ground clearance tinggi. 

Dengan ground clearance yang tinggi, untuk melintasi jalanan rusak atau banjir menjadi lebih mudah tanpa harus khawatir merusak kondisi mobil. Lantas apa saja pilihan mobil SUV terbaik di Indonesia?

1. Honda BR-V (220 mm)

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Generasi terbaru Honda BR-V resmi diluncurkan pada tahun lalu dan sudah genap setahun pada September 2022 ini. Selain ubahan desain yang signifikan dari generasi sebelumnya, secara dimensi juga turut berubah. Khususnya ground clearance pada Low SUV andalan Honda ini.

Bila Honda BR-V sebelumnya ground clearance hanya 210 mm, kini naik menjadi 220 mm. Ketinggian tersebut sudah cukup untuk melintasi genangan air yang kerap hadir saat musim hujan.

Baca juga : Ternyata Ada 3 Fitur Baru di Honda BR-V 2022 yang CR-V Gak Punya!

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 01

Fitur keselamatan seperti ABS+EBD memberi pengereman lebih optimal. Adanya Vehicle Start Assist (VSA) juga menjaga mobil tetap stabil ketika mobil melintasi jalanan licin. Ketika menanjak pun Honda BR-V sudah siap agar tidak tergelincir karena dibantu fitur Hill Start Assist (HSA) yang memudahkan akselerasi.

2. Mitsubishi Pajero Sport (218 mm)

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 02

Membahas SUV akan terasa kurang bila tidak memasukkan nama Mitsubishi Pajero Sport. Big SUV yang punya bodi besar ini tidak hanya dimensi tapi juga ground clearance yang tinggi. Total jarak dari tanah hingga ke footstep 218 mm dan itu sudah cukup untuk melintasi genangan air yang cukup tinggi.

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 03

Kehadiran footstep juga memberi kemudahan untuk akses masuk penumpang atau pengemudi ke kabin. Selain itu juga memberi sedikit tambahan ketinggian hingga batas lantai kabin mobil.

Ketinggian mobil ini juga didukung dengan velg besar 18 inci pada seluruh variannya kecuali GLX (4x4). Sehingga bukan perkara sulit untuk Mitsubishi Pajero Sport melibas genangan air ketika musim hujan.

Baca juga : Video: Duet SUV Korea Hyundai Creta dan Kia Seltos Siap Lengserkan Honda HR-V Dari Tahta SUV Kompak

3. Toyota Rush (220 mm)

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 04

SUV lainnya yang juga tidak kalah tinggi dengan harga terjangkau ada Toyota Rush. Low SUV ini punya ground clearance hingga 220 mm yang sudah cukup untuk menerabas genangan air yang cukup tinggi.

Terlebih Toyota Rush mampu menampung hingga 7 penumpang. Namun tidak disarankan saat melintasi genangan terisi penuh karena bisa mengurangi jarak ground clearance mobil efek beban yang berlebih. 

4. Wuling Almaz (230 mm)

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 05

SUV lainnya yang juga tidak kalah menarik untuk dibeli adalah Wuling Almaz. Produk andalan pabrikan asal Tiongkok ini punya ground clearance dengan ketinggian 230 mm. Bila dibandingkan rivalnya, termasuk yang tertinggi dikelasnya.

Ground clearance yang tinggi pada Wuling Almaz juga didukung dengan ukuran velg yang besar. Tercatat pada spesifikasinya, Wuling Almaz RS saat ini menggunakan velg dengan ukuran 18 inci.

Baca juga : Ini Perbedaan Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2022

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 06

Fitur keselamatan yang diusung juga cukup lengkap. Seperti  ESC (electronic stability control) yang menjaga kestabilan mobil saat pengemudi kehilangan kendali. Selain itu juga fitur TSC (traction control system) yang berguna menjaga traksi terlebih saat musim hujan jalanan sedang licin.

5. Toyota Fortuner (220 mm)

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 07

Sekelas dengan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner juga layak untuk dipertimbangkamn sebagai pilihan SUV untuk menghadapi musim hujan dengan genangan air yang tinggi. Tercatat ground clearance Toyota Fortuner mencapai 220 mm.

Bentuk bumper Toyota Fortuner yang melandai juga menjadi keunggulan ketika melintasi banjir atau genangan air tinggi. Bodinya yang besar juga terlihat gagah untuk menambah rasa percaya diri saat momen menerobos banjir.

Ini 5 Pilihan Mobil SUV Ground Clearance Tinggi, Siap Libas Banjir 08

Berbagai fitur keselamatan juga sudah disematkan, seperti ABS, EBD hingga BA yang menjadi standar untuk seluruh variannya. Keunggulan lain ialah jaringan purna jual Toyota yang lebih banyak dibandingkan merek lainnya.

Baca juga : Wuling Ketahuan Lagi Tes SUV Baru, Harganya Diperkirakan Separuh Almaz!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil