Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa

Prasetyo · 20 Des, 2021 15:04

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 01

Kia Carens 2022 sudah rilis di India. Ada kemungkinan mobil ini juga masuk Indonesia. Uniknya, Carens terbaru bukan berwujud MPV sebagaimana generasi-generasi terdahulunya. Tapi berubah jadi low SUV berkapasitas 6-7 penumpang.

Ketika tiba di Tanah Air, tentu Kia Carens 2022 akan dihajar banyak kompetitornya dari Jepang. Satu diantaranya Honda BR-V 2022. Seperti kita ketahui, All New Honda BR-V memang rencananya baru diedarkan tahun depan. Dan rasanya Carens pun punya peluang masuk Indonesia di 2022.

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 02

Bukan lagi berwujud MPV seperti Carens generasi sebelumnya

Jadi kali ini kita coba buat komparasi Kia Carens 2022 vs Honda BR-V. Seperti apa kekuatan masing-masing jika dilihat dari spesifikasinya, yuk kita ulas lebih dalam.

Berapa Harga Kia Carens 2022?

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 01

Debut di India dan baru dipasarkan tahun depan

Kia baru berniat memasarkan Carens tahun depan. Diyakini ada banyak varian tipe yang bakal disodorkan. Mengingat untuk mesinnya aja punya tiga opsi yang masing-masing tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Lantas ada pula tipe 6 seater dan 7 seater, serta tentu bakal ada perbedaan kelengkapan fiturnya di masing-masing tipe.

Sementara itu PT Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan All New BR-V dalam empat varian. Yakni tipe S, tipe E, tipe Prestige, dan tipe Prestige with Honda Sensing. Untuk tipe S cuma hadir dalam tranmsmisi manual 6 percepatan. Sementara tipe Prestige hanya menawarkan transmisi CVT. Baru di tipe E ada opsi transmisi manual dan CVT.

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 02

BR-V juga baru diedarkan Honda tahun depan

Harga All New Honda BR-V 2022:

  • BR-V tipe S MT : Rp275,9 juta
  • BR-V tipe E MT : Rp289,9 juta
  • BR-V tipe E CVT : Rp299,9 juta
  • BR-V tipe Prestige : Rp321,9 juta
  • BR-V tipe Prestige with Honda Sensing : Rp339,9 juta

Baca juga : Harga Honda BR-V 2022 Tak Dikenakan Diskon PPnBM, Paling Murah Rp275 Juta

Siapa yang Dimensinya Lebih Besar?

Perbandingan Dimensi
  Kia Carens 2022 Honda BR-V 2022
Panjang 4.540 mm 4.490 mm
Lebar 1.800 mm 1.780 mm
Tinggi 1.700 mm 1.685 mm
Jarak sumbu roda 2.780 mm 2.700 mm
Jarak ke tanah 195 mm 220 mm

Kalau berdasarkan tabel perbandingan, terlihat jelas jika Kia Carens 2022 ternyata punya bodi lebih besar dari All New BR-V. LSUV Korea tersebut lebih panjang 50 mm, lebih lebar 20 mm, lebih tinggi 15 mm, dan wheelbase juga lebih panjang 80 mm ketimbang Honda BR-V 2022.

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 03

Sedikit lebih besar dari BR-V terbaru

Namun ternyata BR-V punya ground clearance lebih baik dari Carens. Ini cukup penting karena punay setatus sebagai SUV, dengan ground clearance yang cukup tinggi maka memungkinkan fleksibilitas kendaraan bisa dibawa ke permukaan jalan yang lebih beragam sehingga tak takut gasruk.

Baca juga : Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V

BR-V Punya Honda Sensing, Tapi Fitur Kia Carens Lebih lengkap

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 04

Honda Sensing ada di BR-V tipe tertinggi

Satu nilai penting dari kehadrian Honda BR-V 2022 adalah fiturnya. Sebab BR-V kini telah dijejalkan Honda Sensing. Sebuah fitur keselamatan aktif yang sebelumnya cuma ada di model flagship Honda seperti Accord dan CR-V.

Walau cuma ada di All New BR-V tipe Prestige with Honda Sensing, namun setidaknya kini model entry level Honda juga telah dibekali sejumlah perangkat keselamatan aktif modern. Mencakup Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Auto-High Beam.

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 05

Interior Kia Carens terbaru

Tapi bukan itu saja, Honda juga membenamkan fitur lain seperti Dual Front SRS Airbag, Side Curtain Airbag, ABS + EBD, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS) dan LaneWatch.

Untuk Carens terbaru, Kia memang tidak melengkapinya dengan ADAS. Tapi sudah tersemat sederet fitur keselamatan aktif lain. Termasuk 6 airbags, Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Stability Management (VSM), Hill Assist Control (HAC), Downhill Brake Control (DBC), Brake Assist System (BAS), Highline Tire Pressure Managemen System (TPMS).

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 06

Kenyamanan penumpang belakang juga diperhatikan

Selajutnya ada juga jok depan yang sudah dilengkapi ventilasi, AC dengan air purifier, seat back table with cup holder, audio system dari BOSE, dan juga electric sunroof. Tentunya fitur-fitur ini tak tersedia di Honda BR-V terbaru tipe tertinggi sekalipun.

Mesin Kia Carens Terbaru ada Bensin dan Diesel, Honda BR-V Cuma Satu Pilihan

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 07

BR-V meminjam mesin dari City Hatchback RS

Kia Carens 2022 dibekali tiga pilihan mesin, dua mesin bensin dan satu meisn diesel. Mesin pertama berkapasitas 1.4-liter turbo yang mampu menghasilkan tenaga 142 PS dengan torsi 242 Nm. Mesin ini dikombinasikan pilihan transmisi DCT 7-speed atau 6 percepatan iMT.

Mesin kedua berkapasitas 1.5-liter berdaya 117 PS dengan torsi puncak 144 Nm. Untuk mesin kedua juag tersedia dalam pilihan transmisi CVT atau manual 6-speed. Terakhir ada mesin diesel 1.5L yang juga bertenaga 117 PS namun punya torsi 250 Nm. Untuk mesin ini digandeng transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 6-speed.

Komparasi Kia Carens 2022 vs All New BR-V, Punya Honda Sensing Bukan Berarti Bisa Jumawa 08

BR-V juga punya Remote Engine Start

Adapun Honda BR-V kini diperkuat mesin berkodekan L15ZF DOHC i-VTEC 1.5-liter yang mampu melecutkan tenaga sebesar 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm. Adapun pilihan transmisinya juga cuma manual 6 percepatan dan otomatis CVT.

Kesimpulan

Kia Carens 2022 tentunya akan mengganggu posisi Honda BR-V terbaru jika masuk Indonesia. Fitur ADAS seperti Honda Sensing memang belum dibenamkan oleh Kia, tapi Carens punya model kuat untuk bisa mendepak kompetitornya itu dari perhatian konsumen Tanah Air.

Antara lain berkat fitur airbags yang sudah ada 6 buah, pilihan mesin lebih beragam serta ketersediaan sunroof yang harus diakui tak ada di BR-V. Kini tinggal menunggu berapa harga Kia Carens terbaru jika memang dipasrkan di dalam negeri.

Baca juga : Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda BRV S 6MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru