window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Rp7 juta, Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid GX MT Sulit Imbangi Kelengkapan Hyundai Stargazer Trend MT?

Enda · 18 Jul, 2022 15:00

Hyundai Stargazer

Kompetisi kendaraan roda empat di segmen Low MPV 7-seater semakin memanas setelah PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengumumkan harga bandrol Hyundai Stargazer baru-baru ini. Bicara harga barunya, Stargazer bisa dibilang sangat bersaing bila dibandingkan dengan pesaing terdekatnya. Ditulis di dalam rilisnya, untuk wilayah Jakarta Stargazer diniagakan mulai dari Rp243,3 juta hingga 307,1 juta.

Mengenai Stargazer Trend MT, varian yang dijual Rp263,3 juta ini ditawarkan lebih murah Rp7 juta dari Suzuki Ertiga Hybrid GX MT yang kini dipasarkan Rp270,3 juta. Punya harga baru lebih murah, apakah spesifikasi Stargazer Trend MT bisa lebih unggul dari Ertiga Hybrid GX MT, atau justru sebaliknya? Daripada penasaran, simak perbandingan spesifikasi keduanya berikut ini.

Baca juga: Inilah Wujud Asli Hyundai Stargazer Tipe Active dan Trend, Pakai Velg Kaleng Masih Menarik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki Ertiga Hybrid Kalah Besar dari Hyundai Stargazer

Suzuki Ertiga Hybrid

Dimensi Suzuki Ertiga Hybrid kalah besar dari Hyundai Stargazer

Pertama membandingkan spesifikasi keduanya melihat dari segi dimensi. Seperti yang diketahui Hyundai Stargazer untuk panjangnya mencapai panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm, serta wheelbase mencapai 2.780 mm. Sedangkan untuk Ertiga, mobil ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm serta wheelbase 2.740 mm. 

Melihat pada dimensi, Secara ukuran keseluruhan Hyundai Stargazer lebih besar dibandingkan dengan Suzuki Ertiga Hybrid.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Laris Manis, Tapi Bukan Varian Tertinggi yang Diminati

Fitur Unggulan Hyundai Stargazer Trend MT VS Suzuki Ertiga Hybrid GX MT

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer Trend MT hadir dengan opsi captain seat

Guna memberikan kenyamanan kepada penggunanya, Hyundai Stargazer Trend MT telah dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang mendukung konektifitas bluetooth dan smartphone connectivity dengan 4 buah speaker split serta captain seat sebagai opsional. Bukan cuma itu saja, sistem hiburannya juga terkoneksi dengan bluetooth hand-free phone system with voice recognition, dan steering wheel audio and bluetooth remote control.

Pada setirnya, Stargazer varian ini telah dilengkapi dengan tilt steering dan telescopic yang mana dapat memudahkan pengemudi untuk mengatur tinggi dan rendah serta jarak lingkar kemudi terhadap pengendara.

Pada panel istrumentnya, varian Trend MT juga terlihat atraktif sekaligus informatif berkat penggunaan layar LCD TFT 3,5 inci. Oh iya, mobil ini juga berhasil dilengkapi dengan Hyundai Bluelink yang dapat memudahkan penggunanya untuk memeriksa informasi penting tentang kendaraan. Fitur ini juga akan menghubungkan pengguna dengan pusat panggilan Hyundai 7 x 24 jam dalam keadaan darurat untuk memberilkan bantuan dengan segera.

Mengenai fitur unggulan yang ada pada Ertiga Hybrid GX MT varian ini mendapatkan layar MID dengan tampilan atraktif, serta ambience color baru pada interior.

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid GX dilengkapi head unit layar sentuh 8 inci 

Dari segi hiburannya, Ertiga Hybrid GX menggunakan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung konektifitas smartphone connection dengan tombol pengaturan dari lingkar kemudi. Tak hanya itu, lainnya kalian juga bisa menemukan adanya fitur berupa tilt steering.

Fitur yang paling menonjol dari Ertiga Hybrid terbaru adalah GSI (Gear Shift Indicator) pada transmisi manual serta teknologi Suzuki Smart Hybrid. Seperti yang diketahui teknologi ini menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga Hybrid GX MT Lebih Lengkap

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid punya fitur keselamatan terlengkap

Mengetahui fitur keselamatan yang ada pada Suzuki Ertiga Hybrid GX MT, mobil ini dibangun di atas sasis dengan teknologi Heartect, ABS + EBD, dual SRS airbag, front seatbelt 3 point ELR with pretensioners & force limiters, child proof door lock, seatbelt reminder, 2 point parking sensor, rear camera, door open warning, ISOFIX, VSC (Vehicle Stability Control), Hill Start Assist (HSA), Hill Hold Control (HHC), cruise control, sensor parkir, kamera parkir, APAR, ISOFIX dan terakhir ESP. 

Untuk Hyundai Stargazer Trend MT, pabrikan melengkapinya dengan Anti-lock Brake System dan dua buah airbags di bagian depan, serta parking distance warning yang dapat membantu pengemudi mengintai adanya pergerakan kendaraan dengan membunyikan jika ada objek yang terdeteksi dalam jarak tertentu saat sedang memarkirkan kendaraan.

Suzuki Ertiga Hybrid Kalah Tenaga dari Hyundai Stargazer

Suzuki Ertiga Hybrid

Mesin K15B Suzuki Ertriga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid dan Hyundai Stargazer sama-sama dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc. Dengan memadukan mesin bensin konvensional K15B 4-silinder segaris DOHC 16 valve multipoint injection 1.462 cc serta teknologi hybrid, Ertiga dapat menghasilkan tenaga hingga 104,7 PS @6.000 rpm dengan torsi 138 Nm @4.400 rpm.

Seperti yang diketahui, Hyundai Stargazer disematkan mesin Smartstream G1.5L MPI Inline 4 cylinders 16 valve, HLA 1.497 cc. Di atas kertas tenaga yang diperolehnya mencapai 115 PS @6.300 rpm dengan torsi puncak sebesar 144 Nm @4.500 rpm.

Berbeda dengan Ertiga yang mengandalkan transmisi manual 5-percepatan, pada Stargazer, HMDI hadirkan gearbox manual 6-percepatan.

Kesimpulan

Dibandrol lebih mahal Rp7 juta, melihat daripada teknologi serta keselamatan berkendara, Suzuki Ertiga Hybrid GX MT mampu mengungguli Hyundai Stargazer Trend MT. Namun untuk dimensi, fitur unggulan serta performa yang ditawarkan, Stargazer berada diatasnya.

Setelah mengetahui perbandingan spesifikasi antara keduanya melalui ulasan di atas, kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: 5 Fakta Hyundai Stargazer 2022 yang Lebih Menarik Dibanding Avanza dan Xpander

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil