window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Miris, Toyota Innova Zenix Hybrid Jadi Mobil Travel Dipaksa Angkut Motor!

Prasetyo · 30 Apr, 2023 15:06

Miris, Toyota Innova Zenix Hybrid Jadi Mobil Travel Dipaksa Angkut Motor! 01

Toyota Innova Zenix Hybrid saat ini diposisikan sebagai mobil keluarga kelas menengah ke atas. Tak heran teknologi dan sejumlah fiturnya juga cukup premium.

Tapi rupanya, kesan "mahal" di Innova Zenix Hybrid itu tidak berlaku untuk beberapa wilayah di Indonesia. Pasalnya sudah terlihat sejumlah Toyota Innova Zenix Hybrid yang dijadikan armada mobil travel.

Baca juga: Bukan Kaleng-kaleng, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Disiksa Jadi Armada Travel

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Innova Zenix Hybrid Angkut Sepeda Motor

Miris, Toyota Innova Zenix Hybrid Jadi Mobil Travel Dipaksa Angkut Motor! 01

Bagasinya angkut satu unit sepeda motor

Belum lama ini kembali lagi ramai diperbincangkan di media sosial tentang nasib Innova Zenix yang bukan jadi kendaraan keluarga ekonomi mapan. Pasalnya mobil rakitan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) itu disulap jadi kendaraan travel.

Ini terlihat dari unggahan akun TikTok @papinyabubu yang kemudian diunggal ulang oleh akun Instagram @sirkuit.id Pada video berdurasi 30 detik itu dijelaskan jika mobil tersebut jadi mobil rental. Bahkan yang paling miris, seluruh ruang bagasinya dijejali barang bawaan, termasuk satu unit sepeda motor!

@papinyabubu Mobil pejabat muat motor ❎ Mobil penumpang muat motor ✅ #ototravel #travelsultra #rajatravel #travellintas #mobillistrik #innovazenixhybrid #innova2022 #zenixhybrid #mobilpenumpang #imipmorowali ♬ suara asli - ™Sang_Driver® ™🚖 - ™Sang_Driver® 🚖

Dilihat dari keterangan video dan juga plat nomor DT 1416 XX pada Innova Zenix Hybrid warna hitam tersebut, kemungkinan besar kejadian ini ada di Morowali, Sulawesi Tengah, sementara kendaraan tersebut terdaftar di wilayah Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Bukan Tipe Termahal, Ini Varian Toyota Kijang Innova Zenix yang Paling Diminati Masyarakat Indonesia

Inden Toyota Innova Zenix Hybrid Sampai Setengah Tahun

 

Miris, Toyota Innova Zenix Hybrid Jadi Mobil Travel Dipaksa Angkut Motor! 02

Permintaan banyak tapi pasokan kurang

Disaat Innova Zenix Hybrid digunakan untuk model travel, sebagian calon konsumen masih harus rela menunggu lebih lama kedatangan unit mobil ini. Pasalnya inden Innova Zenix tipe hybrid menpcai 6 bulan.

Demikian diungkapkan Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra (TAM). "Zenix ini memang cukup besar animonya. Sehingga kita minta maaf karena ada konsumen kita yang harus menunggu sampai 5-6 bulan, terutama untuk versi hybrid," ungkap Henry.

Miris, Toyota Innova Zenix Hybrid Jadi Mobil Travel Dipaksa Angkut Motor! 03

Varian hybrid mendominasi pemesanan Innova Zenix

Sementara jika merujuk pada data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Toyota baru bisa mendistribusikan sekitar 3.522 unit, yang terbagi atas 1.705 unit untuk tipe Q hybrid, 761 unit tipe V Hybried Modellista, 597 unit untuk tipe G hybrid, dan 459 unit tipe V Hybrid. Padahal Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM menyebut, pesanan untuk Zenix tipe hybrid sudah lebih dari 10 ribu unit.

Baca juga: Siap-Siap, Harga Toyota Kijang Innova Zenix Bakal Naik Mulai Mei 2023

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil