window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Indonesia Belum Mau Jual Mobil Kecil Buat Rival Agya-Ayla, Ini Alasannya

Herdi · 11 Apr, 2023 13:01

Mitsubishi Indonesia Belum Mau Jual Mobil Kecil Buat Rival Agya-Ayla, Ini Alasannya 01

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dikabarkan akan kembali membuat gebrakan mobil baru kembar. Kabarnya, salah satu mobil yang dibuat muncul dengan nama Mitsubishi Colt generasi terbaru, yang merupakan reinkarnasi dari Renault Clio. 

Sosok Colt terbaru ini juga masuk dalam daftar 16 model baru besutan Mitsubishi yang akan diwujudkan dalam lima tahun ke depan dengan berbagai mobil lainnya. 

Baca juga: Mitsubishi Siapkan 16 Model Baru, Termasuk Xpander Hybrid dan XFC Concept

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Indonesia Belum Mau Jual Mobil Kecil Buat Rival Agya-Ayla, Ini Alasannya 01

Nah, jika dilihat dari bentuknya, Mitsubishi Colt sendiri sengaja dihadirkan untuk mengisi segmen mobil kecil sejenis hatchback atau city car. Lantas apakah mobil ini juga akan masuk Indonesia, mengingat Mitsubishi saat ini tidak menjual mobil kecil di pasar otomotif nasional?

Menanggapi hal tersebut, Director of Marketing and Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida menegaskan meski wujud Mitsubishi Colt memiliki bentuk cukup bagus, namun hal itu belum direncanakan masuk pasar Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Sudah Siapkan Nama untuk XFC Concept Versi Produksi, Resmi Dijual di GIIAS 2023?

Mitsubishi Colt

Mitsubishi Colt tahun 2008 yang dipasarkan di Eropa

"Kalau kita tidak ada produksi di Indonesia, susah untuk bersaing. Walaupun mobilnya cukup bagus," ungkap Tetsuhiro saat ditemui beberapa waktu lalu. Pria asal Jepang yang mahir berbahasa Indonesia ini menyatakan, sejatinya aliansi Mitsubishi, Renault dan Nissan memang masih berjalan dan belum ada perubahan. 

Hanya saja, kerjasama tersebut tidak banyak menawarkan produk baru untuk pasar Indonesia.  "Mungkin di Eropa lebih banyak, sebab Colt dari Renault, tapi di Indonesia belum ada hasil dari aliansi. Sementara hanya Xpander-Livina yang masih berjalan," ujarnya.

Mitsubishi Tidak Mau Bermain Mobil Kecil

Mitsubishi Indonesia Belum Mau Jual Mobil Kecil Buat Rival Agya-Ayla, Ini Alasannya 03

Mirage, mobil kecil Mitsubishi yang terakhir di jual di Indonesia

Kendati belum ingin membawa Colt, Tetsuhiro menegaskan bahwa Mitsubishi Indonesia akan menghadirkan produk anyar di segmen baru hampir setiap tahun.

"Tapi kita tidak akan main di mobil kecil seperti Agya-Ayla, karena memang sudah ada pasarnya sendiri. Kita nggak mau ikut campur disitu, artinya kita akan ke segmen yang atas, yang lebih besar," ucapnya.

Tetsuhiro sendiri mengakui, bahwa sejatinya Mitsubishi punya mobil kecil yang tangguh, yaitu Mirage. Namun sayang, mobil tersebut tidak diproduksi di Indonesia sehingga tidak bisa bersaing di pasar.

Mitsubishi XFC Concept

Mitsubishi XFC Concept akan hadir di tahun ini

Diketahui, untuk tahun ini Mitsubishi akan menghadirkan mobil baru untuk segmen SUV kompak yang berbasi dari XFC Concept. Kabarnya, sosok mobil ini akan hadir dalam bentuk mass production dengan nama baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Di tahun depan, Mitsubishi juga akan menghadirkan generasi baru Xpander. Konon jika melihat rencana besar Mitsubishi, Xpander akan hadir dengan teknologi hybrid. 

Baca juga: 10 Hal Penting dari Mitsubishi XFC Concept, Calon Pesaing Honda HR-V dan Hyundai Creta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil