Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa

Franky · 7 Sep, 2020 08:00

Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa 01

Nama Toyota Alphard memang tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Mobil ini dikenal sebagai mobil keluarga kelas menengah atas yang mewah dan premium. Disebut mobil keluarga karena kabinnya yang luas dengan kapasitas 7 orang. Tidak heran mengapa mobil ini sangat familiar di Indonesia, hal ini karena Toyota Alphard telah ada di pasar Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan di tahun 2008.

Jika melihat sejarah mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) Premium ini, Toyota Alphard pertama kali dirilis pada tahun 2002 silam di Jepang. Baru di tahun 2008 dirilis di Indonesia pada generasi keduanya. Generasi ketiganya diproduksi pada tahun 2015 dan mengalami beberapa Facelift, seperti Facelift terbarunya di tahun 2018 awal.

Facelift terbaru Toyota Alphard memang dirilis oleh PT Toyota Astra Indonesia pada tahun 2018. Toyota Alphard hadir dengan tiga varian yang berbeda yakni 2.5 X, 2.5 G, dan 3.5 Q. Toyota Alphard juga menyediakan 3 warna yang berbeda untuk bagian eksteriornya yaitu Black, Graphite Metallic, Steel Blonde Metallic dan White Pearl. Jadi Anda dapat memilih warna sesuai keinginan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Peminat mobil mewah ini sangat banyak di Indonesia. Pada bulan Juni 2020, mobil Toyota Alphard ini masuk ke dalam kategori mobil terlaris dengan data penjualan sebanyak 506 unit. Sangat langka untuk mobil dengan rentang harga Rp. 1 miliar masuk ke dalam kategori mobil terlaris tersebut. 

Karena peminatnya yang begitu banyak, hal tersebut mendorong kami untuk memberi tips dalam membeli Toyota Alphard ini. Tentu setiap varian mempunyai keunggulan masing-masing. Apa perbedaannya? Apa saja yang harus diketahui tentang mobil mewah ini? Jika Anda bertanya-tanya seperti itu, simak beberapa informasi tentang panduan membeli Toyota Alphard di bawah ini.

5 Tips Membeli Toyota Alphard

Sebelum membeli mobil tentu Anda harus mencermati beberapa hal, apalagi Toyota Alphard merupakan mobil mewah premium. Adanya tiga varian yang ditawarkan mobil ini juga membuat bingung calon pembelinya karena setiap varian mempunyai perbedaan tipis-tipis. Lalu adanya perbedaan dari varian sebelumnya juga membuat bimbang, ditambah ada perbedaan harga yang cukup besar antara varian tersebut.

Artikel ini sangat cocok untuk Anda yang akan membeli Toyota Alphard terbaru. Segmen pembeli atau konsumen mana yang cocok untuk mobil ini? Apa kelebihan mobil mewah dengan peminat banyak ini? Tidak berlama-lama, inilah 5 tips untuk membeli Toyota Alphard.

1. Toyota Alphard Cocok Untuk Anda Dengan Budget Besar

Tidak dipungkiri bahwa Toyota Alphard merupakan mobil mewah dengan pasar utamanya yaitu konsumen menengah ke atas. Mobil ini dijual dengan kisaran harga lebih dari Rp 1 Milyar. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, ada kenaikan harga yang cukup banyak. Pada versi sebelumnya, masih terdapat beberapa varian yang dibanderol dengan harga di bawah Rp. 1 miliar. Untuk versi terbaru, semua varian ditawarkan dengan harga lebih dari Rp. 1 miliar.

Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa 01

Setiap varian Toyota Alphard dibanderol dengan harga yang berbeda

Untuk memudahkan Anda menyiapkan biaya, di sini kami menyiapkan tabel harga Toyota terbaru, bernama Alphard.

DAFTAR HARGA TOYOTA ALPHARD TERBARU
Tipe Mobil Harga Mobil
2.5 X A/T Rp. 1.041.250.000
2.5 G A/T Rp. 1.195.650.000
3.5 Q A/T Rp. 1.952.150.000

Setelah melihat tabel tersebut memang ada perbedaan harga yang cukup besar yakni antara 2.5 G dan 3.5 Q. Varian termahalnya, 3.5 Q, dijual dengan harga hampir Rp. 2 miliar. Jadi, pastikan sebelum membeli Toyota Alphard sesuai dengan Budget Anda.

2. Kabin Luas Dan Premium Cocok Untuk Keluarga

Jika Anda memerlukan mobil keluarga dengan kabin yang luas, mewah, dan premium, Toyota Alphard dapat Anda jadikan pilihan. Mobil ini memang dikenal dengan kabin yang luas, karena secara utuh mobil ini memiliki panjang 4.915 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1850 mm. Jadi kelapangan kabin sudah tidak diragukan lagi. Apalagi di bagian kedua, yaitu Captain Seat, yang nyaman sekali karena ruang kaki melimpah. Untuk ukuran tinggi lelaki Indonesia, dapat meluruskan kakinya saat istirahat di tengah perjalanan.

Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa 02

Kabin Toyota Alphard yang mewah dan luas

Kabin lebih lapang dan nyaman dengan adanya beberapa fitur di dalamnya. Seperti pengguna dapat mengatur tempat duduk sesuai kenyamanan secara elektrik. Di setiap kursi sudah terdapat Side Support yang membuat semakin nyaman. Khusus untuk tipe 3.5 G, di bagian Captain Seats telah terdapat Control Panel dengan A/C dan pemanas kursi. 

Dengan penjelasan kenyamanan kabin Toyota Alphard, mobil ini juga cocok untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi. Karena dapat beristirahat di dalam kabin secara nyaman dengan adanya fitur-fitur yang tersedia.

3. Kenali Fitur-Fitur Premium di Setiap Varian

Toyota Alphard memiliki fitur yang berlimpah. Adanya Steering Switch pada lingkar kemudi sangat mempermudah untuk mengatur audio dan menerima telepon. Lalu adanya LCD 13” yang dapat terhubung dengan koneksi HDMI dan Smartphone untuk bagian Entertainment mobil ini. 

Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa 03

Airbags berjumlah 7 hanya terdapat di varian 3.5 Q

Untuk fitur keselamatan, Toyota Alphard mempunyai fitur yang komplit. Pada setiap varian mendapatkan fitur PCS (Pre Collision System), Dynamic Radar Cruise Control untuk mengendarai tanpa memegang lingkar kemudi dengan kecepatan stabil, AHB (Automatic High Beam) yang membantu dalam pencahayaan dalam keadaan gelap, dan Lane Departure Allert yang berfungsi untuk mengingatkan pengemudi ketika kendaraan keluar jalur.

Namun setiap varian tentu memiliki perbedaan dalam fitur-fiturnya. Ada kelebihan tersendiri dalam setiap varian. Tipe termahal dari Toyota Alphard mempunyai fitur yang lengkap, premium, dan yang tidak dimiliki varian lain.

Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa 04

Fitur Sunshide pada tipe 2.5 G dan 3.5 Q

Dari sisi fitur keselamatan, varian 3.5 Q disediakan 7 Airbags, lebih banyak dari kedua varian lainnya. Ada pula Rear Cross Traffic Allert untuk mendeteksi kendaraan lain yang mendekat pada mobil. Selanjutnya dari sisi kabin seperti adanya Control Pannel yang hanya tersedia dalam Captain Seats. Fitur Sunshide yang membuat Anda semakin nyaman dan privasi terjaga juga hanya terdapat di varian 2.5 G dan 3.5 Q.

4. Perhatikan Spesifikasi Pada Setiap Varian

Tidak fitur saja yang berbeda dalam setiap varian Toyota Alphard, mesin pun juga demikian. Jika Anda adalah tipe konsumen yang juga memperhatikan spesifikasi mesin, Anda harus mengetahui perbedaan mesin dalam setiap varian mobil ini.

Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa 05

Toyota Alphard menggunakan mesin yang berbeda dalam setiap varian

Untuk Toyota Alphard varian 2.5 X dan 2.5 G, dibekali dengan mesin 2.500 cc dengan tenaga 180 Ps. Sedangkan untuk varian 3.5 Q dibekali dengan kapasitas mesin yang lebih besar yakni mesin 3.500 cc yang berkonfigutasi V6 dan menghasilkan tenaga 276 PS.

5. Konsumsi BBM Toyota Alphard

Dengan spesifikasi mesin yang berbeda pasti juga berpengaruh dalam konsumsi BBM. Dengan Eco Mode, konsumsi BBM untuk tipe 3.5 Q, yang bermesin 3.500 cc, tercatat dapat menghabiskan 12,2 Km/L di luar kota dengan kecepatan 90 Km/Jam. Untuk di dalam kota dapat menghabiskan 8,6 Km/L dengan kecepatan 8,6 Km/Jam. 

Pahami 5 Tips Membeli Toyota Alphard, Sebelum Anda Kecewa 06

Dengan spesifikasi mesin yang berbeda membuat konsumsi BBM setiap varian berbeda

Bagaimana dengan tipe 2.5 Q dan X yang menggunakan spesifikasi mesin yang sama? Konsumsi BBM kedua varian tersebut meraih angka kurang lebih 10-12 Km/L untuk rute kombinasi. 

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan tersebut, calon pembeli harus mengenali beberapa hal tentang Toyota Alphard. Karena mobil MPV mewah ini menawarkan 3 varian, tentu ada perbedaan dalam setiap varian. Dari mulai harga, spesifikasi mesin, fitur-fitur yang tersedia, hingga konsumsi BBM.

Toyota Alphard memang terkenal dengan kemewahannya dan melambangkan status sosial penggunanya. Biasanya pengguna Toyota Alphard adalah konsumen dari kalangan menengah ke atas seperti pejabat, artis, dan pengusaha. Walau demikian, harga Toyota Alphard sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Pada akhirnya, Anda lah yang menentukan pilihan. Setelah membaca artikel ini, bagaimana pendapat Anda tentang mobil mewah ini? Apakah Anda tertarik untuk membawa pulang mobil ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru