Penjualan Toyota Veloz GR Limited Terseok, Avanza 2022 Lebih Ditunggu

Prasetyo · 22 Sep, 2021 19:04

Toyota Veloz GR Limited 2021

Toyota Veloz GR Limited merupakan produk yang dijual PT Toyota Astra Motor (TAM) secara terbatas. Satu dari beberapa varian GR Sport ini rencananya cuma akan diproduksi 3.700 unit. Namun apakah datang berstatus limited edition membuat mobil ini jadi incaran konsumen di Indonesia?

Sebenarnya TAM bukan kali ini saja memproduksi dan memasarkan model Toyota dalam jumlah terbatas. Anda mungkin masih ingat jika pernah ada Toyota Kijang Innova TRD Sportivo, lanjut disusul Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition untuk memperingati kiprah Toyota di Indonesia.

Toyota Yaris Superman Edition

Bukan kali pertama Toyota rilis edisi terbatas di Indonesia

Bahkan Sejak 1990-an Toyota sudah menghadirkan edisi khusus untuk pasar Indonesia. Antara lain melalui Toyota Starlet Lisse. Serta ada juga Toyota Yaris Superman Limited Edition yang muncul di 2006.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : 5 Varian Toyota GR Sport Sudah Resmi Meluncur, Ini Model dan Harga Lengkapnya

Perubahannya Terasa Nanggung?

Dipasarkan Agustus 2021, Toyota Veloz GR Limited diposisikan sebagai pengganti Toyota Avanza Veloz biasa. Selain hanya diproduksi terbatas, model ini juga mendapatkan sentuhan komponen berlabel GR Sport.

Toyota Veloz GR Limited 2021 -1

Bodykit GR Sport di bemper depan

Misalnya bemper depan dan belakang dipasang bodykit baru racikan tim GR Sport. Kemudian rear diffuser juga kini ada logo GR Sport. Lantas velgnya walau desain dan ukuran serupa tapi diberi finishing Black. Ini senada dengan warna cover spion dan juga aksen Black Chrome pada garnish diantara dua lampu depan.

Sayangnya, beberapa perubahan tadi cuma bisa dinikmati dari luar saja. Sebab ketika masuk ke kabin, nuansa interior Veloz GR Limited masih serupa Avanza Veloz biasa. Tidak ada satu pun emblem GR Sport di kabin mobil ini.

Toyota Veloz GR Limited 2021 -2

Belakang juga cuma berubah di bemper

Apa yang dilakukan TAM pada Veloz GR Sport memang terasa nanggung. Mengingat di negara lain seperti Thailand dan Malaysia, varian GR Sport pada Toyota benar-benar mengalami gubahan signifikan. Bukan cuma sekedar tambahan aksesoris di bodi, namun juga kabin hingga suspensinya mengalami revisi.

Baca juga : Thailand Luncurkan Toyota Fortuner GR Sport, Beda Banget Sama di Indonesia

Tak Semoncer Toyota Kijang Innova Limited Edition

Harga Toyota Veloz GR Limited per September 2021
Veloz 1.3 GR Limited M/T Rp221.400.000
Veloz 1.3 GR Limited A/T Rp232.200.000
Veloz 1.5 GR Limited M/T Rp232.800.000
Veloz 1.5 GR Limited A/T Rp243.800.000

Berdasarkan data wholesales GAIKINDO, Toyota Veloz GR Limited baru terjual 437 unit di Agustus 2021. Adapun model terlaris adalah tipe Veloz 1.5 GR Limited M/T, baru disusul Veloz 1.5 GR Limited A/T.

Toyota Kijang innova Limited Edition

Innova Limited Edition ludes dalam waktu cuma 1 jam

Angka ini tentu masih jauh dari rencana TAM yang sanggup memasarkan hingga 3.700 unit Veloz GR Limited. Kondisi tersebut juga berbeda sangat signifikan manakala Toyota menghadirkan Kijang Innova Limited Edition yang hadir untuk memperingati 50 tahun Toyota Indonesia. Mobil yang disediakan hanya 50 unit ini ludes dalam waktu sangat cepat.

Baca juga : Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia

Banyak yang Tunggu Toyota Avanza 2022

Entah alasan apa Toyota Veloz GR Limited eforianya tidak sekencang Kijang Innova Limited Edition. Menurut satu sumber Toyota yang kami hubungi, meskipun tampil lebih atraktif, namun peminat mobil ini tak menaikkan pamor Veloz secara signifikan. "Peminatnnya ya cenderung biasa-biasa aja," kata dia.

Toyota Avanza 2022

Avanza generasi terbaru kabarnya dirilis November 2021

Uniknya, banyak konsumen Toyota yang mulai penasaran dengan rencana TAM mengahdirkan Toyota Avanza 2022 di penghujung tahun ini. "Malah banyak yang menasaran sama Avanza baru," ucap si sumber yang ingin namanya tak ditulis.

Informasi mengenai hadirnya generasi baru Toyota Avanza memang semakin kencang beredar. Apalagi "Mobil Sejuta Umat" itu digadang-gadang akan mengalami rombakan total dalam hal arsitektur desain hingga teknologinya.

Kalau Anda, pilih Veloz GR Limited atau tunggu Toyota Avanza baru?

Baca juga : Toyota Veloz GR Limited Cuma Tersedia 3.700 Unit, Apa Saja Kelebihannya?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru