window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia

Yongki Sanjaya · 12 Agu, 2021 13:00

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 01

Toyota menjadi merek dengan penjualan terbesar di Indonesia. Raksasa otomotif asal Jepang ini juga seringkali merilis model edisi terbatas dalam perayaan tertentu. Terakhir, PT Toyota Astra Motor merilis Veloz GR Limited, dengan jumlah hanya 3.700 unit.

Konon kabarnya, edisi terbatas ini disiapkan sebagai penutup bagi model Avanza-Veloz yang akan berganti generasi di penghujung tahun ini. Dalam sejarahnya, versi limited atau terbatas ini sudah hadir dalam beberapa model. Sebelum Veloz, ada Kijang Innova yang hadir dalam versi limited sebanyak 50 unit untuk memperingati 50 tahun eksistensi Toyota di Indonesia.

Tidak perlu berlama-lama, mari kita bahas beberapa model limited Toyota yang pernah eksis di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Kijang Innova Edisi 50 tahun

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 01

Beberapa bulan sebelum hadirnya Veloz GR Limited, PT TAM sempat merilis Toyota Kijang Innova edisi 50 tahun di bulan April lalu. Kijang Innova merupakan bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia.

Menggunakan Kijang Innova Reborn sebagai basis, Kijang Innova Limited Edition ini terdapat pada Kijang Innova V Luxury Gasoline AT dan Venturer Diesel AT.

Edisi khusus ini tampil dengan hanya dalam warna White Pearl dengan balutan sticker berwarna emas. Sticker ini didesain khusus dengan motif yang menggambarkan perjalanan Toyota Kijang dari Generasi 1 sampai Generasi 6 saat ini.

Model limited edition ini juga dilengkapi dengan Special Tuned JBL Audio System. Pada baris kedua diberikan floor mat dengan logo HUT ke-50 Toyota Indonesia.

Toyota Sienta dan Avanza Limited, Ramaikan GIIAS 2017

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 02

Gelaran GIIAS 2017 Jadi panggung utama Toyota Indonesia menampilkan beberapa model edisi terbatas mereka. Setidaknya ada dua model yang hadir dalam versi limited yaitu Avanza dan Sienta. 

Toyota Avanza hadir dalam edisi terbatas alias Limited Edition dengan harga Rp 11 jutaan lebih mahal diabnding versi reguler. Perbedaannya pada bodi-kit di sekeliling bodi-nya. Mulai dari bumper depan, bodi samping sampai bumper belakang dan 
hanya tersedia warna putih. 

Avanza yang hanya tersedia dalam jumlah 150 unit ini mengambil basis dari tipe 1.5 G M/T. Untuk piranti hiburannya berupa layar sentuh 6,1 inci. Head unit ini sudah tersedia fitur AVX. Tak ada improvisasi pada mesinnya, karena Avanza Limited masih pakai unit bensin berkubikasi 1.500 cc dan hanya tersedia dalam transmisi manual. 

Toyota Sienta Limited, Pakai Body Kit Ala Modellista

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 03

TAM tidak hanya menghadirkan Avanza versi terbatas dengan embel-embel Limited Edition, tetapi juga menawarkan hal serupa pada model Toyota Sienta. MPV pintu geser ini hanya disuguhkan sebanyak 30 unit.

Sienta Limited Edition dikembangkan dari tipe Q yang tampil stylish dengan warna baru warna red mica metallic. Penampilannya terlihat semakin dinamis berkat Aerokit yang disematkan pada front dan rear bumper, serta bagian side skirt. Interiornya tidak terlalu banyak perubahan, dimana Sienta Limited joknya memakai material kulit dengan jahitan merah. 

Di bagian mesin, tidak ada perubahan sama sekali untuk versi terbatas ini. Masih tetap mengusung 2NR-FE 1.500 cc empat silinder dipadukan transmisi CVT yang halus untuk menyalurkan daya ke roda depan.

Toyota Yaris Superman Limited Edition

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 04

 

Pada awal dekade 2000-an, PT TAM juga pernah merilis edisi khusus berupa Toyota Yaris Superman Limited Edition. Seperti namanya, sosok Yaris ini hadir dengan aksen superhero Superman. 

Yaris Superman limited edition meluncur di Jakarta pada tahun 2006. Sesuai namanya, mobil itu mengusung kelir bertema Superman dengan dominasi warna biru di bagian luar. Mobilnya mudah dikenali karena ada stiker sosok superman berukuran besar si sisi samping dan logo 'S' di kap depan. 

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 05

Tema Superman pun tampak di bagian interior Yaris ini. Dibuktikan dengan logo huruf 'S' yang muncul di bagian jok, roda kemudi, karpet mobil, kotak persneling dan kotak tisu.

Toyota Starlet Lisse, Edisi Limited Untuk Kaum Hawa

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 06

Model seri limited Toyota juga sudah hadir sejak dekade 1990-an, diantaranya yaitu Toyota Starlet Lisse. Mobil ini memakai basis model dari Starlet kotak yang bisa kita kenali dengan warna merah khasnya.

Nggak Cuma Veloz GR, Ini Deretan Mobil Limited Toyota Lainnya yang Pernah Hadir di Indonesia 07

Starlet Lisse menggunakan mesin 1E serupa Starlet XL namun dengan beberapa aksesoris pembeda. Mobil ini dilengkapi tape kaset Sony XR, gantungan kunci boneka perempuan, tempat sepatu, tempat tisu dan interior kain motif garis merah dengan dasar abu dan bagian belakang vinyl hitam.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil