window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Thailand Luncurkan Toyota Fortuner GR Sport, Beda Banget Sama di Indonesia

Prasetyo · 26 Agu, 2021 10:30

Toyota Fortuner GR Sport 2021

Toyota Motor Thailand Company Limited baru saja merilis Toyota Fortuner GR Sport 2021. Mungkin Anda tidak terlalu asing dengan model ini, sebab sebelumnya PT Toyota Astra Motor (TAM) juga sudah merilis Fortuner GR Sport di Indonesia.

Meskipun namanya serupa, ternyata kedua Toyota Fortuner GR Sport ini punya perbedaan yang cukup signifikan. Kalau di Indonesia model GR Sport pada Fortuner lebih ke penambahan sisi kosmetik dan kenyamanan penumpang, maka Toyota Thailand menyajikan sesuatu yang jauh bernuansa sporty.

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -1

Basisnya Fortuner Legender

"Izinkan saya memperkenalkan Fortuner GR Sport sebagai model yang luar biasa. Rangkaian perubahan ini cocok untuk berkendara di perkotaan dan offroad serta dikembangkan untuk memberikan performa terbaik dan kepuasan dalam berkendara," ucap Noraki Yamashita, Presiden Director Toyota Motor Thailand.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Toyota Daftarkan Emblem '2.8' di Indonesia, Pertanda Fortuner Bermesin 2.800 cc Segera Meluncur?

Berbasis Toyota Fortuner Legender

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -2

Ada emblem GR Sport di belakang

Secara sepintas saja mungkin Anda sudah bisa membandingkan perbedaan antara Toyota Fortuner GR Sport 2021 di Thailand dengan buatan TAM. Sebab dari basis modelnya saja sudah berbeda. Untuk yang di Negeri Gajah Putih itu menggunakan unit dari Fortuner Legender. Sementara di Indonesia masih dari model Fortuner Facelift TRD Sportivo 2021.

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -3

Remnya juga dari GR Sport

Kemudian kalau diperhatikan lagi, ternyata cukup banyak elemen GR Sport yang terpasang di Fortuner negeri tetangga. Misalnya dari bemper depan dan bemper belakang yang dibuat berbeda. Lantas spoiler atap belakang juga sudah pakai model GR Sport. Dan terakhir model ini menggunakan velg 20 inci hitam dan juga kaliper rem GR Sport warna merah.

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -4

Fortuner GR Sport di Indonesia

Sementara untuk Fortuner GR Sport di Indonesia perubahannya ada pada penempatan logo GR Sport di bemper depan dan belakang, serta decal sticker yang tadinya TRD Sportivo lantas diganti dengan tema GR Sport. Kemudian gril depan juga kini lebih dominan warna hitam minim aksen chrome.

Baca juga: Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar

Banyak Nuansa GR Sport di Ruang Kabin

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -5

Setirnya juga GR Sport

Berdasarkan laporan rekan kami dari Thailand, elemen berikutnya yang bisa kami informasikan dari Fortuner GR Sport di negara tersebut adalah di sisi interior. Antara lain setir yang sudah ada logo GR Sport, kemudian karpet lantai juga ada logo GR Sport, serta sandaran kepala jok baris depan juga pakai bordiran GR Sport.

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -6

Sandaran kepala jok depan ada logo GR Sport

Toyota juga memberikan nuansa merah pada model Fortuner ini. Yaitu di setir ada aksen merah sedikit pada bagian atasnya dan menggunakan jahitan merah pula. Lalu jok juga sama-sama pakai jahitan merah yang terlihat kontras engan kombinasi material kulit dan suede hitam. Oh ya, tombol Start/Stop Engine juga dibubuhi logo GR Sport.

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -7

Perubahan di Fortuner GR Sport Indonesia

Sedangkan kalau melihat Fortuner GR Sport yang ada di Indonesia, nyaris tak ada perubahan dibanding Fortuner Facelift TRD Sportivo. Untungnya TAM menambahkan AC Dual Zone di model barunya ini. Sehingga itu sedikit mengobati keraguan mereka yang hendak membeli mobil tersebut akibat harganya yang mengalami kenaikan Rp1 juta.

Baca juga: Ubah Fortuner TRD Sportivo jadi Toyota Fortuner GR Sport, Modalnya Gak Sampai Sejuta

Sudah Ada Fitur TSS

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -8

Tombol Start Stop Engine juga sudah GR Sport

Hal menarik selanjutnya dari Toyota Fortuner GR Sport 2021 di Thailand adalah keberadaan beberapa fitur baru. Antara lain dari segi suspensi yang kini menggunakan model Double Wishbone dipadukan shock model Monotube lengkap dengan Stabilizer.

Toyota Fortuner GR Sport 2021 -9

Sektor mesin tak alami perubahan

Fitur baru lainnya adalah keberadaan Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang melengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS). Disamping itu ada juga fitur lain yang sebelumnya sudah disertakan, seperti Panoramic View Monitor, dan AC Auto Climate.

Baca juga: 5 Varian Toyota GR Sport Sudah Resmi Meluncur, Ini Model dan Harga Lengkapnya

Harganya Sentuh Rp800 Jutaan

Toyota Fortuner GR Sport di Thailand hadir dengan tiga warna pilihan yakni Emotional Red dengan atap hitam, White Pearl CS dengan atap hitam, dan Attitude Black Mica. Untuk harganya mulai dari 1.566.000 Bath atau setara Rp689,5 jutaan hingga 1.879.000 Bath (Rp809 jutaan). Sementara Fortuner GR Sport di Indonesia harganya cuma Rp544 jutaan sampai Rp605 jutaan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil