window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G Hingga DP serta Cicilan Setiap Bulannya

Enda · 27 Des, 2023 19:02

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G terbilang cukup banyak, mengingat selisih harga baru keduanya mencapai Rp222,7 juta.

Menempati segmen MPV premium berpenampilan boxy, generasi terbaru Alphard yang diluncurkan di Indonesia melalui ajang GIIAS 2023 pada bulan Agustus kemarin ditawarkan dalam tiga tipe, yakni X, G dan HEV.

Untuk All New Alphard 2.5 X dibandrol Rp1.356.100.000 dan Rp1.578.800.000 tipe 2.5 G, sedangkan varian hybrid, mobil ini diniagakan Rp1.657.000.000 OTR Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp222,7 juta antara varian X dan G, apa saja perbedaan antara keduanya?

Baca juga: Toyota Alphard dan Vellfire 2023 Akhirnya Dirilis, Ini Detil Perubahannya

All New Toyota Alphard 2023 G Gunakan DRL LED dan Velg Lebih Besar

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

Tampilan depan All New Alphard G

All New Toyota Alphard 2023 dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dengan platform tersebut, generasi terbaru Alphard ini memiliki dimensi lebih besar dari model sebelumnya.  

Bicara soal dimensi, mobil ini memiliki panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Selanjutnya untuk tinggi interior New Alphard mencapai 1.380 mm.

Mengusung tema desain eksterior Forceful x IMPACT LUXURY dengan menampilkan kesan atraktif tangguh dan juga solid, di bagian fascia mobil ini memiliki grill berukuran besar yang terlihat glamour.

Untuk lampu utamanya menggunakan teknologi LED dengan desain pipih. Kemudian pada tipe G sudah dilengkapi DRL LED tepat di bawah lampu utamanya yang dibuat seolah menyatu dengan grill, serta adanya fitur cornering lamp pada headlamp.

Selain itu juga tipe G telah dibekali foglamp LED pada bumper yang dapat meningkatkan visibilitas mengemudi saat berkendara di malam hari.

Baca juga: Demi All New Alphard, Toyota Vellfire Tak Lagi Dijual di Indonesia

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

Tampilan samping All New Alphard G

Beranjak ke bagian samping, tipe G diaplikasikan velg dengan ukuran lebih besar yakni 19 inci yang dibalut menggunakan ban berprofil 225/55/R19.

Sedangkan tipe X, varian ini dipadukan velg 17 inci yang dibungkus ban berukuran 225/65/R17.

Meski begitu kedua varian mendapatkan power sliding door yang berfungsi untuk membuka dan menutup pintu samping secara otomatis.

Untuk tampilan belakang keduanya terlihat sama, yang mana sudah dilengkapi stoplamp LED dengan LED bar di atas garnish serta adanya spoiler.

Namun saja pada tipe G Toyota melengkapinya dengan tambahan fitur terbaru yakni Voice Command Power Backdoor, yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka pintu belakang hanya dengan melakukannya melalui perintah suara.

Baca juga: 5 Kekurangan dan Kelebihan Toyota Vellfire, Kembaran Alphard yang Lebih Murah

Tipe G Mendapatkan Sunroof dan Moonroof

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

Interior All New Alphard G

Kesan premium langsung terpancarkan dari mobil ini ketika kalian membuka pintu.

Dimana tipe G All New Toyota Alphard 2023 untuk joknya dibungkus menggunakan bahan kulit premium serta pengaturan jok elektrik dengan memory seat di sisi pengemudi.

Sedangkan tipe dibawahnya untuk pengaturannya masih dilakukan secara manual.

Peberdaan lainnya juga terletak pada jok tengah. Meski sama-sama menganut jok model captain seat, untuk pengaturannya tipe G dilakukan secara otomatis hanya dengan menekan tombol.

Berikutnya juga tipe G untuk pengaturan headrestnya sudah menggunakan elektrik, beda dengan varian X yang dilakukan secara manual.

Menyoal sistem hiburan, keduanya dipadukan head unit layar sentuh 14 inci yang didukung 15 speaker garapan JBL dengan menghasilkan suara tingkat atas.

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

Power socket 220 V

Guna memberikan kenyamanan sekaligus keseruan selama perjalanan, pada baris kedua dan ketiga baik tipe X maupun G memperoleh tambahan Rear Seat Entertaiment (RSE).

Oh iya, perbedaan lain pun terletak pada sistem informasi berkendara.

Walaupun keduanya full TFT digital berukuran 12,3 inci, tipe G mendapat tambahan Head Up Display (HUD) yang mampu menampilkan beragam informasi seputar kendaraan secara lebih jelas dan mudah bagi pengemudi.

Tak hanya itu, tipe G juga memiliki port pengisian daya 12 volt dengan jumlah lebih banyak, power socket 220 V, AC dengan teknologi NANOI, dual AC pada baris kedua, tilt and telescopic elektrik, wireless charging, tirai otomatis, spion tengah dengan E-Mirror, serta sunroof dan moonroof yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

Baca juga: Minat Kredit Toyota Alphard Hybrid 2023? Cicilannya Setara PCX Baru

Fitur Keselamatan All New Toyota Alphard G Lebih Komplit

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

TSS 3.0

All New Toyota Alphard 2023 tipe X dan G dibekali fitur keselamatan ADAS yang dinamai TSS (Toyota Safety Sense) 3.0.

Fitur TSS 3.0 pada mobi ini mencakup Pre-Collision System (PCS), Full Speed ACC, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Contol, Lane Departure Alert (LDA), serta Adaptive High Beam (AHB).

Selain itu juga keduanya mendapatkan fitur keselamatan lain seperti; Panoramic View Monitor, Parking Brake Support.

Khusus tipe G, pabrikan melengkapinya dengan Parking Brake Support with Pedestrian, serta Driving Monitoring Sytem yang dapat memantau kondisi pengendara untuk selalu fokus dalam berkendara sekaligus memberikan peringatan untuk istirahat ketika terpantau lelah.

Tak ketinggalan varian G juga sudah dilengkapi DVR (Digital Video Recorder) yang dapat merekam segala situasi saat berkendara, yang dapat dipantau menggunakan smartphone.

Baca juga: Saingan Berat Toyota Alphard, Volvo EM90 MPV Sudah Diincar Orang Kaya di Indonesia

Fitur T Intouch pada All New Toyota Alphard 2023

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

Fitur T Intouch

All New Toyota Alphard 2023 didukung oleh fitur advanced berbasis teknologi telematika yang dapat diakses via aplikasi mToyota, yaitu T Intouch.

T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna dengan mobilnya ke seluruh layanan Toyota.

Berikut fitur terbaru Toyota Alphard 2023 yang terdapat pada T Intouch

Time Fencing

Fitur ini mendeteksi pergerakan mobil pada periode waktu yang telah diatur oleh pelanggan dengan memberikan notifikasi terkait potensi penyalahgunaan dan pencurian.

Peringatan akan diberikan dalam bentuk notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota.

Speed Alert

Pengguna dapat mengatur speed limit kendaraan lewat aplikasi mToyota untuk selanjutnya mendapatkan notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota ketika melewati batas yang ditetapkan.

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah pengemudi over speed di jalan demi keselamatan berkendara.

Idle Alert

Idle Alert memberitahukan pengguna Ketika mesin idle melebihi durasi yang sudah ditentukan oleh pengguna melalui notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota.

Alhasil, konsumsi bensin lebih hemat karena tidak terbuang percuma.

Guest Driver Alert

Guest Driver Alert efektif Ketika All New Alphard sedang digunakan oleh orang lain, seperti petugas valet parking.

Pengguna dapat mengatur secara mendetail beberapa parameter penting, seperti geofencing atau radius terjauh kendaraan dari pemiliknya, maximum speed untuk menjaganya tidak over speed, dan maximum idle time untuk memastikan mobil tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Driving Report

Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur trip driving update, dimana fitur ini juga menyertakan summary mengenai jarak, durasi waktu, dan kecepatan rata-rata (harian dan bulanan) dari riwayat perjalanan yang telah dilakukan sebelumnya.

Melalui Driving Report pengguna dapat mengevaluasi penggunaan kendaraannya secara berkala.

Safe Driving Reward

Bagi customer yang mengaktifkan T Intouch dan mempunyai Toyota Insurance Comprehensive (all risk), customer berkesempatan untuk mendapatkan additional benefit (reward) jika berkendara dengan baik dengan meminimalisasi akselerasi secara tiba-tiba, pengereman mendadak & berbelok dengan kecepatan tinggi.

Pelanggan dapat merasakan keseruan dalam menggunakan produk Toyota, mengejar manfaat rewards, dan secara paralel menikmati pengalaman berkendara yang lebih aman.

Customer juga dapat mengevaluasi cara berkendara dengan rutin memeriksa menu driving score pada mToyota.

All New Alphard X dan G Andalkan Mesin Bensin 2.5L

Perbedaan All New Toyota Alphard 2023 X dan G 

Mesin 2AR-FE

Bicara dapur pacu, All New Alphard dibekali mesin bensin 2.5 liter 2AR-FE 4 silinder segaris DOHC dengan menghasilkan tenaga 182 PS di 6.000 rpm serta torsi maskimal 235 Nm pada 4.100 rpm.

Kedua varian dipadukan menggunakan transmisi CVT yan selanjutnya diteruskan ke roda depan untuk membuatnya berjalan.

Cicilan Kredit All New Alphard X dan G

All New Alphard X
OTR Jakarta DP Tenor ADDB Cicilan

Rp1.356.100.000

Rp272.770.000

60 Bulan

Rp27.870.000

 

All New Alphard X Premium Color
OTR Jakarta DP Tenor ADDB Cicilan

Rp1.359.600.000

Rp273.470.000

60 Bulan

Rp27.940.000

 

All New Alphard G
OTR Jakarta DP Tenor ADDB Cicilan

Rp1.578.800.000

Rp317.310.000

60 Bulan

Rp32.440.000

 

All New Alphard G Premium Color
OTR Jakarta DP Tenor ADDB Cicilan

Rp1.582.300.000

Rp318.010.000

60 Bulan

Rp32.520.000

Baca juga: Volvo EM90 Resmi Dirilis, Toyota Alphard Tak Lagi Terlihat Mewah 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil