Contohnya oli mobil Avanza generasi pertama, pasti berbeda kebutuhannya dengan oli mesin Avanza generasi terbaru, mengingat teknologi mesin kedua Toyota Avanza ini sudah jauh berbeda lantaran mengalami evolusi.
Lantas apa pilihan oli mesin yang bagus untuk mobil-mobil Toyota? Sebenarnya gak usah bingung, sebab Toyota melalui jaringan dealer resminya sudah menyediakan ragam oli mesin yang berkualitas.
Dengan menggunakan oli mesin Toyota Motor Oli (TMO) yang asli, pelumas ini dibuat sesuai dengan spesifikasi mobil Toyota di Indonesia, dan telah melewati proses riset supaya dapat dipakai dengan aman di negara tropis yang berat.
"Apalagi kalau melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Toyota seperti Auto2000, sehingga kualitas oli bisa tetap terpantau dan bisa langsung dilakukan penanganan, saat terdeteksi ada penurunan perfroma pelumasnya," sebut Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 melalui keterangan tertulisnya.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Toyota Indonesia menyediakan oli mesin melalui brand TMO yang dibuat sesuai spesifikasi mobil Toyota di Tanah Air.
Ada dua tipe TMO yang disedikan, yakni Synthetic dan Full Synthetic dan masing-masing tersedia untuk mesin bensin maupun diesel.
Untuk pelumas mesin bensin yang Synthetic disediakan TMI 10W-30 SN, sedangkan opsi untuk mesin diesel ada TMO 15W-40 CI-4.
Adapun varian oli full synthetic dari TMO lebih banyak lagi, misalnya untuk mesin bensin ada TMO 0W-16 SN GF-5, TMO 0W-20 SN GF-5, TMO 5W-30 SN GF-5, dan yang terbaru TMO LITE 0W-20 SN GF-5.
Sementara buat yang punya mobil diesel Toyota dan mau pakai oli full synthetic, bisa pilih TMO 5W-30 ACEA.
TAM secara resmi meluncurkan varian baru TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6). Model kendaraan terbaru Toyota memiliki teknologi yang semakin tinggi dan canggih.
Sehingga, untuk mendukung perkembangan teknologi tersebut, dibutuhkan oli dengan teknologi yang lebih tinggi pula dan tingkat keenceran yang lebih rendah.
Dengan spesifikasi termutakhir ILSAC GF-6 yang mendukung hemat bahan bakar, dan memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik, serta cocok untuk mesin teknologi terbaru yang lebih sensitif terhadap deposit/kotoran.
TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) adalah varian tertinggi baru dari TMO yang tersedia dalam 2 ukuran, yaitu ukuran 1 L dan 4 L.
Untuk mobil yang mesinnya membutuhkan kapasitas oli di bawah atau sama dengan 3,5 liter, maka cocok menggunakan TMO LITE 0W-20 SN GF-5.
2. Oli Mobil Toyota Avanza dan Veloz
Buat pengguna All New Avanza atau All New Veloz bisa gunakan TMO 0W-20 SN GF-5
3. Oli Mobil Toyota Yaris, Sienta, dan Rush
Sementara untuk pemilik Toyota Yaris, Sienta, atau Rush, selain bisa pakai TMO 0W-20 SN GF-5, bisa juga paaki TMO 5W-30 SN GF-5.
4. Oli Mobil Raize dan Hybrid Toyota
Untuk Anda yang menggunakan mobil-mobil terbaru Toyota dengan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA) atau mesin hybrid seperti Toyota Raize, All New Voxy, dan Kijang Innova Zenix bisa menggunakan oli TMO 0W-16 SN GF-5.
Oli ini juga cocok dipakai untuk kendaraan hybrid Toyota seperti Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid, dan Innova Zenix Hybrid.
Meski di beberapa wilayah sudah mulai turun hujan, tapi akhir-akhir ini cuaca panas masih mendominasi.
Ini perlu jadi perhatian Anda juga tentunya terkait dengan perawatan kendaraan terutama oli, supaya performa mesin tetap terjaga.
Ya bagaimana tidak, cuaca panas yang ditambah dengan kondisi jalan macet misalnya merupakan kondisi yang cukup menantang untuk mesin mobil.
Mobil yang berhenti cukup lama membuat radiator tidak mendapatkan embusan udara lebih dingin dan segar dari arah depan.
Pada situasi tersebut radiator akan kesulitan bekerja dan suhu ruang mesin meningkat karena kurang optimal melepaskan panas.
Efeknya mesin mobil akan semakin kesulitan mengurangi suhu kerja mesin dan berimbas juga pada oli mesin yang menguap.
Sejatinya oli mesin dirancang tahan suhu tinggi di mana titik didihnya ada yang mencapai suhu tertentu.
Sehingga bila terpapar panas tinggi dan dalam waktu lama, pelumas mesin menjadi cepat rusak dan lebih encer jika dibandingkan saat baru.
Karena terus bekerja dalam suhu lingkungan tinggi, akhirnya oli mesin yang semakin encer akan menyusup masuk ke ruang bakar, berpotensi menimbulkan masalah baru yakni deposit kotoran di ruang bakar.
Deposit kotoran di ruang bakar bukanlah kondisi yang diperbolehkan sebab bakal menciptakan busi kotor yang bisa membuat kinerja mesin turun.
Kotoran yang masuk ke ruang bakar juga akan merusak campuran ideal udara-bensin dan memicu pembakaran tidak sempurna.
Alhasil, performa mesin akan turun yang juga akan membuatnya boros bensin.
Selain itu, pembakaran tidak sempurna akan meningkatkan emisi karbon sehingga mobil tidak dapat lulus uji emisi.
Kalau sudah begini, masalah akan merambat kemana-mana dan sulit dibereskan.
Meskipun mesin dalam keadaan prima dan presisi, risiko oli menguap tetap ada.
Oli akan menguap karena pada batas suhu tertentu energi dalam yang mengikat molekul hidrokarbonnya tidak sanggup lagi menahan diri akibat adanya energi panas yang terjadi.
Satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi hal ini adalah selalu melakukan pengecekan kondisi oli mesin mobil Anda.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.