window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Oli Mobil Toyota Terbaik Buat Agya, Avanza Sampai Innova Zenix

Prasetyo · 14 Nov, 2023 08:01

oli mobil terbaik

Oli mobil terbaik adalah pertanyaan yang sering dilontarkan para pemilik mobil dalam upaya menjaga performa mesin kendaraannya.

Tapi di luar sana, banyak sekali produsen pelumas mesin yang mengklaim produknya sebagai oli mobil terbaik.

Padahal sebuah kendaraan, termasuk mobil dengan spesifikasi tertentu, pastilah membutuhkan oli mesin yang spesifik pula sesuai kebutuhannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bahkan untuk satu jenis mobil yang namanya sama pun, olinya bisa dipakai yang sama pula.

Baca juga: Mana Lebih Baik Untuk Mobil, Oli Encer atau Oli Kental?

oli mobil terbaik

Oli mesin setiap mobil belum tentu sama

Contohnya oli mobil Avanza generasi pertama, pasti berbeda kebutuhannya dengan oli mesin Avanza generasi terbaru, mengingat teknologi mesin kedua Toyota Avanza ini sudah jauh berbeda lantaran mengalami evolusi.

Lantas apa pilihan oli mesin yang bagus untuk mobil-mobil Toyota? Sebenarnya gak usah bingung, sebab Toyota melalui jaringan dealer resminya sudah menyediakan ragam oli mesin yang berkualitas.

Dengan menggunakan oli mesin Toyota Motor Oli (TMO) yang asli, pelumas ini dibuat sesuai dengan spesifikasi mobil Toyota di Indonesia, dan telah melewati proses riset supaya dapat dipakai dengan aman di negara tropis yang berat. 

"Apalagi kalau melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Toyota seperti Auto2000, sehingga kualitas oli bisa tetap terpantau dan bisa langsung dilakukan penanganan, saat terdeteksi ada penurunan perfroma pelumasnya," sebut Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 melalui keterangan tertulisnya.

Baca juga: Segini Kapasitas Oli Mesin Nissan Grand Livina, Evalia dan March Beserta Biaya Penggantian

Tipe Oli Mesin Toyota

oli mobil terbaik

Oli mesin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Toyota Indonesia menyediakan oli mesin melalui brand TMO yang dibuat sesuai spesifikasi mobil Toyota di Tanah Air.

Ada dua tipe TMO yang disedikan, yakni Synthetic dan Full Synthetic dan masing-masing tersedia untuk mesin bensin maupun diesel.

Untuk pelumas mesin bensin yang Synthetic disediakan TMI 10W-30 SN, sedangkan opsi untuk mesin diesel ada TMO 15W-40 CI-4.

Adapun varian oli full synthetic dari TMO lebih banyak lagi, misalnya untuk mesin bensin ada TMO 0W-16 SN GF-5, TMO 0W-20 SN GF-5, TMO 5W-30 SN GF-5, dan yang terbaru TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

Sementara buat yang punya mobil diesel Toyota dan mau pakai oli full synthetic, bisa pilih TMO 5W-30 ACEA.

Baca juga: Oli Mesin Full Sintetik Apakah Cocok Buat Motuba?

Pilihan Oli Mesin Terbaik Mobil Toyota

oli tmo

Oli TMO

TAM secara resmi meluncurkan varian baru TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6). Model kendaraan terbaru Toyota memiliki teknologi yang semakin tinggi dan canggih. 

Sehingga, untuk mendukung perkembangan teknologi tersebut, dibutuhkan oli dengan teknologi yang lebih tinggi pula dan tingkat keenceran yang lebih rendah.

Dengan spesifikasi termutakhir ILSAC GF-6 yang mendukung hemat bahan bakar, dan memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik, serta cocok untuk mesin teknologi terbaru yang lebih sensitif terhadap deposit/kotoran.

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) adalah varian tertinggi baru dari TMO yang tersedia dalam 2 ukuran, yaitu ukuran 1 L dan 4 L.

Baca juga: 4 Cairan Mobil yang Wajib Diganti Tiap 40.000 Km Selain Oli Mesin

1. Oli Mobil Toyota Agya dan Calya

Untuk mobil yang mesinnya membutuhkan kapasitas oli di bawah atau sama dengan 3,5 liter, maka cocok menggunakan TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

2. Oli Mobil Toyota Avanza dan Veloz

Buat pengguna All New Avanza atau All New Veloz bisa gunakan TMO 0W-20 SN GF-5

3. Oli Mobil Toyota Yaris, Sienta, dan Rush

Sementara untuk pemilik Toyota Yaris, Sienta, atau Rush, selain bisa pakai TMO 0W-20 SN GF-5, bisa juga paaki TMO 5W-30 SN GF-5.

4. Oli Mobil Raize dan Hybrid Toyota

Untuk Anda yang menggunakan mobil-mobil terbaru Toyota dengan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA) atau mesin hybrid seperti Toyota Raize, All New Voxy, dan Kijang Innova Zenix bisa menggunakan oli TMO 0W-16 SN GF-5.

Oli ini juga cocok dipakai untuk kendaraan hybrid Toyota seperti Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid, dan Innova Zenix Hybrid.

Baca juga: Dampak Buruk yang Bakal Dialami Kalau Takaran Oli Mesin Kurang atau Kelebihan, Seberapa Berbahaya?

Hati-hati Oli Menguap Akibat Cuaca Panas

oli mobil terbaik

Perhatikan kualitas dan kuantitas oli

Meski di beberapa wilayah sudah mulai turun hujan, tapi akhir-akhir ini cuaca panas masih mendominasi. 

Ini perlu jadi perhatian Anda juga tentunya terkait dengan perawatan kendaraan terutama oli, supaya performa mesin tetap terjaga.

Ya bagaimana tidak, cuaca panas yang ditambah dengan kondisi jalan macet misalnya merupakan kondisi yang cukup menantang untuk mesin mobil. 

Mobil yang berhenti cukup lama membuat radiator tidak mendapatkan embusan udara lebih dingin dan segar dari arah depan. 

Pada situasi tersebut radiator akan kesulitan bekerja dan suhu ruang mesin meningkat karena kurang optimal melepaskan panas.

Efeknya mesin mobil akan semakin kesulitan mengurangi suhu kerja mesin dan berimbas juga pada oli mesin yang menguap.

Sejatinya oli mesin dirancang tahan suhu tinggi di mana titik didihnya ada yang mencapai suhu tertentu. 

Sehingga bila terpapar panas tinggi dan dalam waktu lama, pelumas mesin menjadi cepat rusak dan lebih encer jika dibandingkan saat baru.

Karena terus bekerja dalam suhu lingkungan tinggi, akhirnya oli mesin yang semakin encer akan menyusup masuk ke ruang bakar, berpotensi menimbulkan masalah baru yakni deposit kotoran di ruang bakar.

oli mesin mobil

Oli menguap berbahaya buat mesin

Deposit kotoran di ruang bakar bukanlah kondisi yang diperbolehkan sebab bakal menciptakan busi kotor yang bisa membuat kinerja mesin turun. 

Kotoran yang masuk ke ruang bakar juga akan merusak campuran ideal udara-bensin dan memicu pembakaran tidak sempurna.

Alhasil, performa mesin akan turun yang juga akan membuatnya boros bensin. 

Selain itu, pembakaran tidak sempurna akan meningkatkan emisi karbon sehingga mobil tidak dapat lulus uji emisi. 

Kalau sudah begini, masalah akan merambat kemana-mana dan sulit dibereskan.

Meskipun mesin dalam keadaan prima dan presisi, risiko oli menguap tetap ada.

Oli akan menguap karena pada batas suhu tertentu energi dalam yang mengikat molekul hidrokarbonnya tidak sanggup lagi menahan diri akibat adanya energi panas yang terjadi.

Satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi hal ini adalah selalu melakukan pengecekan kondisi oli mesin mobil Anda.

@autofun.indonesia Cek dulu cing, arti kode di botol oli! #lebihbaikmotul #reviewmobil #oli #mobilbaru #mobilseken #perawatanmobil ♬ 80s synth pop, funky, sprinting(951315) - Hanadayama Music Lab

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil