window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Toyota Alphard 2020: Kemewahan Berbagai Sisi

Alex · 12 Mei, 2020 14:00

Review Toyota Alphard 2020: Kemewahan Berbagai Sisi 01

Toyota Alphard merupakan MPV mewah yang sangat populer di Indonesia. Kehadirannya yang mengedepankan kemewahan dan kenyamanan penumpang tergolong sukses dipasaran. Bahkan Alphard terbilang tak punya lawan.

Sebenarnya ada beberapa model yang cukup kompetitif seperti Nissan Elgrand yang kini tak lagi dijual di Indonesia, Mercedes-Benz V-Class dan Hyundai H-1, namun secara spesifik model-model tersebut tak sebanding dengan Alphard. Jadilah mobil ini menjadi primadona.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Toyota Alphard sendiri saat ini merupakan generasi ketiga dan dijual dengan harga mulai Rp 1,7 miliar hingga sekitar Rp 1,9 miliar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

MPV yang kehadirannya di tanah air berstatus completely built up (CBU) dari Jepang tersebut baru beberapa bulan lalu mendapati penyegaran ringan.

Tepatnya pada Februari 2020, PT Toyota Astra Motor memberikan peningkatan fitur keselamatan dan infotainment pada Toyota Alphard. MPV mewah tersebut kini sudah memiliki fitur penunjang keselamatan pintar bernama Toyota Safety Sense.

Teknologi penunjang keselamatan terbaru itu pun praktis membuat jaminan keselamatan lebih tinggi lagi untuk penumpang Toyota Alpard. Keselamatan tingkat tinggi, kabinnya nyaman, lapang dan berlimpah fitur hiburan menjadi hal yang sepatutnya didapat pada mobil yang tak bisa dibilang murah ini.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Toyota Alphard maka silakan simak reviewnya dari berbagai sisi di bawah ini.

Eksterior

Toyota Alphard memang dikenal sebagai MPV yang berdimensi bongsor. Dalam lembar spesifikasi, mobil ini panjang totalnya mencapai 4.945 mm atau nyaris 5 meter. Lebar mobil ini sendiri adalah 1.850 mm dan tingginya 1.895 mm. Dimensi bongsor ini tentu memberikan efek positif berupa ruang kabin yang sangat lega.

Grillnya yang sangat besar dan berlabur chrome sangat mencirikan kemewahan. Namun tak sekedar nampak mewah tapi juga sarat akan teknologi tinggi yang salah satunya terlihat dari penggunaan lampu serba LED.

Review Toyota Alphard 2020: Kemewahan Berbagai Sisi 01

Di sekucur bodi mobil berlingkar pelek dengan opsi 18 inci dan 17 inci tersebut juga tersemat sejumlah titik sensor radar. Perangkat radar sonar tersebut merupakan perangkat keras untuk Toyota Safety Sense membaca berbagai potensi bahaya selama perjalanan.

Sebagai MPB berbodi besar maka pintu bagasi mobil ini pun juga besar. Untungnya bobot pintu bagasi tersebut tak perlu Anda rasakan saat membuka atau menutup berkat fitur Power Back Door. 

Secara keseluruhan desain Alphard sangatlah elegan sekaligus mewah. Sama sekali tidak ada unsur sporty maupun sangar pada MPV ini. Sangat pas untuk dipakai dalam keperluan VIP.

Interior

Di sinilah keistimewaan Alphard bisa dirasakan dan dinikmati. Tak perlu dipertanyakan lagi yang namanya kenyamanan di kabin Alphard. Jok depan sampai baris ketiga semuanya nyaman. Lantas ada apa saja yang tersedia untuk menunjang kenyamanan penumpangnya?
 
Pengaturan secara elektrik sudah didapat pada seluruh kursi. Bahkan pada bangku baris kedua yang pakai model captain seat, Anda bisa membuat kaki lebih nyaman dengan adanya sandaran yang bisa keluar secara elektrik dari bagian bawah. 

Kedua bangku tersebut juga bisa disetel maju-mundur, ke samping, atau saling berdekatan dengan sangat baik. Berbagai penyetelan tersebut bisa dilakukan dengan tombol yang tersedia di bagian tengah, dekat sandaran tangan. Termasuk pengaturan AC digital juga bisa diatur kesejukannya atau bahkan mengubahnya jadi fungsi penghangat.

Review Toyota Alphard 2020: Kemewahan Berbagai Sisi 02

Karena punya dimensi yang sangat luas, maka otomatis visibilitas penumpang juga sangat jelas berkat jendela-jendela berukuran besar. Namun untuk memberi privasi ekstra sekaligus mengurangi terik sinar matahari, Toyota sudah memberikan kelengkapan Sunshade.

Jika jendela-jendela masih kurang memuaskan penumpang melihat pemandangan luar, maka tersedia pula sunroof dan panoramic roof berukuran ekstra besar dan tentunya bisa buka-tutup secara elektronik. 

Untuk daya angkut barang di bagasi, mobil Toyota Alphard ini juga tak ada isu berarti. Bahkan dengan kondisi bangku baris ketiga tidak terlipat pun space yang diberikan masih sangat lega.

Yang tak boleh terlupa adalah sarana penunjang hiburan. Khusus untuk para penumpang belakang, Alphard sudah memiliki monitor LCD berukuran 13 inci. Dengan layar berukuran besar yang berada di plafon ini bisa memainkan beragam media player maupun koneksi HDMI dan phone mirroring.

Mesin

Alphard saat ini tersedia dalam tiga opsi mesin, yakni 2.500 cc, 2.500 cc hybrid dan 3.500 cc. Tentu dengan beragamnya mesin ini menjadikan Alphard punya kelebihan untuk menyesuaikan beragam kebutuhan.

Untuk Anda yang mengedepankan aspek harga beli tanpa mengutamakan kekuatan mesin bertenaga besar, tentu Alphard varian 2.5 G dan 2.5 X bisa jadi pilihan. Mesin 2.500 cc miliknya mampu menghasilkan daya 180 ps pada 6.000 rpm dan torsi sekitar 234 Nm.

Review Toyota Alphard 2020: Kemewahan Berbagai Sisi 03

Sedangkan Alphard varian 2.5 HV cocok dipilih bagi yang merasa bahwa kehematan bahan bakar sekaligus mesin ramah lingkungan sangat penting. Mesin hybrid tersebut bertenaga 152 ps pada 5.700 rpm plus tambahan daya dari motor listrik sebesar 211 ps. Tersi pada varian ini sebesar 234 Nm.

Barulah bagi yang mengincar tenaga besar dan kencang, tentu silakan pilih Alphard 3.5 Q. Mesin berkonfigurasi V enam silinder tersebut mampu menghasilkan daya sampai 300 ps pada 6.200 rpm. Torsi Toyota Alphard 8 percepatan dengan mesin berkode 2GR-FKS ini mencapai 360 Nm.

Kesimpulan

Toyota Alphard tentu sangat pas dipilih bagi Anda yang membutuhkan kabin ekstra lapang dan super nyaman. Namun konsumen MPV bongsor ini tentu akan lebih sering duduk di bangku penumpang ketimbang mengemudi sendiri.

Dengan mendapatkan beragam fitur pemanja penumpang dan desainnya yang serba mewah, harusnya Anda merupakan orang yang tidak ada masalah dengan harga Alphard yang kisaran Rp 1 miliar.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil