window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selisih Rp23 Jutaan, Toyota Veloz Q CVT Cuma Unggul Transmisi Dari Tipe MT?

Enda · 30 Jun, 2022 12:30

Perbedaan Toyota Veloz MT dengan Q CVT

Toyota Veloz menjadi varian tertinggi di segmen Low MPV 7-seater pabrikan tiga oval saat ini. Berbeda dengan Avanza, Toyota Veloz hadir dengan sentuhan kenyamanan lengkap serta tampilan prestisius.

Bicara Veloz MT, sebagai varian terendah model ini per Juni 2022 ditawarkan Rp286 juta. Sedangkan tipe satu tingkat diatasnya, Q CVT diniagakan Rp309,1 juta. Antara Veloz MT dengan Q CVT memiliki selisih harga baru mencapai Rp23,1 juta.

Punya selisih harga baru yang terbilang cukup banyak, apa sih perbedaan Toyota Veloz MT dengan Q CVT?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Veloz MT Pakai Velg Kepunyaan Avanza G

Perbedaan Toyota Veloz MT dengan Q CVT

Velg R17 yang digunakan Toyota Veloz Q CVT

Dari segi penampilan, sekilas Toyota Veloz MT dengan Q CVT memiliki kesamaan. Dimana bagian depannya terlihat futuristis dengan grill trapezoidal serta list krom memanjang di atas lampu utama tepat di bawah bonnetnya yang berotot.

Pada lampu utama, mobil ini telah mengadopsi teknologi LED dengan desain pipih yang mana didalamnya juga terdapat DRL plus tambahan lampu sein LED. Di atas foglamp, keduanya mendapat hiasan list krom menyerupai huruf T yang terkesan mewah. 

Melihat bagian sampingnya, Toyota Veloz MT dengan Q CVT memiliki perbedaan. Seperti yang terlihat, tipe terbawahnya menggunakan velg R16 dual-tone model palang yang sama persis dipakai oleh Avanza G. Berbeda dengan MT, Veloz Q CVT diaplikasikan velg R17 dual-tone dengan tampilan yang lebih atraktif.

Bukan cuma velg, perbedaan selanjutnya terdapat pada spionnya dimana Q CVT memperoleh tambahan lampu. Foot lamp sendiri berfungsi untuk memberikan penerangan lebih jelas saat hendak membuka atau menutup pintu di tempat gelap.

Bergeser ke bagian belakang, untuk tampilan keduanya sama. Sebagai identitas, varian Q CVT mendapatkan emblem Q di sebelah kanan plat nomor.

Fitur Unggulan Toyota Veloz Q CVT Sedikit Lebih Lengkap

Perbedaan Toyota Veloz MT dengan Q CVT

Fitur Toyota Veloz Q CVT lebih lengkap

Baik Toyota Veloz MT maupun Q CVT sama-sama mendapatkan New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit. Hanya saja, Q CVT mendapat tambahan Drive Mode Switch pada lingkar kemudinya yang berfungsi untuk menyesuaikan gaya berkendara.

Guna memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi berkendara, keduanya disematkan New Advanced 7 Inch Digital TFT MID yang disajikan secara virtual. Bicara sistem hiburan, Toyota Veloz MT dan Q CVT dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 9 inci. Namun untuk Q CVT, tipe ini didukung dengan konektivitas smartphone serta dapat menampilkan secara visual sekeliling mobil melalui All Round View Camera.

Agar pengguna merasa lebih nyaman di saat melakukan perjanalan jauh, Toyota Veloz MT dan Q CVT sama-sama mendapatkan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Selain itu terdapat pula New Push Start Button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat. Tidak berhenti sampai disitu, keduanya juga memperoleh sentuhan New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, yang dikombinasikan dengan New Vibrant Illumination Light.

Fitur Keselamatan Keduanya Apakah Sepadan?

Perbedaan Toyota Veloz MT dengan Q CVT

Fitur T Intouch hanya ada di varian Q CVT

Mengetahui fitur keselamatan yang ada di Toyota Veloz MT dan Q CVT, keduanya berhasil mendapatkan VSC, HSA rear parking sensor, dual airbag, rear parking camera dan ISOFIX.

Pada sistem pengeremannya, mobil ini menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci untuk semua rodanya. Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya juga diperkuat dengan fitur ABS, EBD dan BA. Untuk fitur keamanannya sendiri telah dilengkapi alarm + immobilzer.

Oh iya, khusus varian Q CVT, Toyota sendiri melengkapinya dengan fitur canggih berupa T Intouch. Sebagaimana fungsinya, fitur ini mampu menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

T Intouch sendiri bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kemudahan dan rasa terhubung dengan mobil. T Intouch menawarkan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari- hari serta solusi dan manfaat terintegrasi.

Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kemudian, terdapat fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Disisi lain, T Intouch juga hadir dengan fitur yang dapat memberikan peace of mind bagi pelanggan. Misalnya, adanya fitur E-Care (Maintenance) yang akan membantu mengatur pengingat untuk perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Kemudian, terdapat fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Selain itu, terdapat pula fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pemilik kendaraan mengalami kecelakaan, yang menghubungkan dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat.

Mesin Sama, Toyota Veloz MT dan Q CVT Berbeda di Transmisi

Perbedaan Toyota Veloz MT dengan Q CVT

Tuas transmisi CVT di Toyota Veloz

Toyota Veloz dibenamkan mesin 2NR-VE. Secara data, dapur pacu berkubikasi 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang digunakan mampu memeras tenaga hingga 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm.

Untuk varian MT, Toyota menawarkan transmisi manual 5-percepatan. Beda halnya Q CVT, varian ini menggunakan transmisi CVT yang dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus dalam setiap perpindahan gigi secara otomatis.

Dengan penggunaan transmisi CVT, mobil ini juga dapat menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil