Tak Semua Toyota Avanza 2022 Pakai FWD, Masih ada yang RWD Kok!
Adit · 2 Jan, 2025 18:04
0
0
Toyota Avanza 2022 dan Toyota Veloz 2022 yang menggunakan sistem penggerak roda depan atau FWD, menandakan babak baru eksistensi mobil sejuta umat itu di Indonesia. Ini jadinya mobil baru tersebut sama seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga yang hadir dalam format sistempengegrak roda yang serupa.
Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan perubahan tersebut untuk menjawab pergeseran tren dan selera masyarakat. Penggunaan mesin FWD diakui Anton karena menyesuaikan penggunaan platform baru sehingga lebih responsif dan irit bahan bakar.
"Sehingga rasanya kombinasi produk inilah yang kami rasakan menjadi tren baru dan cocok untuk market Indoensia saat ini. Saya rasa tidak hanya masalah RWD atau FWD (di Toyota Avanza), tapi total keseluruhan produk itu sendiri," katanya dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.
Saat pertama kali diluncurkan All New Avanza ditawarkan dalam 5 tipe yang diantaranya; 1.3 E MT, 1.3 E CVT, 1.5 G MT, 1.5 G CVT dan terakhir 1.5 G CVT TSS. Namun kini tipe terakhir dihilangkan, jadi untuk varian G tak ada lagi yang sudah dilengkapi teknologi TSS (Toyota Safety Sense).
Adapun untuk All New Veloz, sedari awal hadir dalam empat trim tipe berbeda, yakni MT, CVT, Q CVT, dan Q CVT TSS. Dari semua tipe yang tersedia di pasaran, semuanya hadir dalam format FWD. Termasuk model Toyota Veloz yang sekarang disegarkan berpenampilan layaknya SUV crossover.
Berikut daftar harga Toyota Avanza dan Veloz terbaru 2025 berdasarkan informasi dari situs resmi PT Toyota Astra Motor:
Meskipun All New Avanza dan All New Veloz sudah menggunakan platform baru dan sistem penggerak roda depan, ternyata TAM masih menyediakan Toyota Avanza dengan sistem penggerak belakang (RWD/ Rear Wheel Drive). Model tersebut adalah Toyota Transmover, yang merupakan tipe paling standar Avanza. Konsumen model ini datang dari konsumen fleet atau beli secara borongan oleh perusahaan.
"Jadi nggak usah khawatir, kami juga di TAM ketemu fleet customer. Kami juga persiapkan line up yang cukup dengan varian lengkap dan harga kompetitif, kemudian tetap kami melanjutkan Transmover," jelas Anton.
Bagi yang belum tahu, Toyota Transmover alias Toyota Avanza tipe paling rendah di bawah E. Konsumennya berasal dari perusahaan taksi. Misalnya 'burung biru' yang sejak lama menggunakannya sebagai armada selain sedan.
Modelnya dibangun dari versi facelift tahun 2015. Housing lampunya masih pipih dan pakai halogen, velg kaleng tanpa dop, AC double blower, dan tersedia dalam transmisi matic 5-percepatan. Sayangnya tak dilengkapi sistem audio, namun sudah dipasangkan speaker.
Mengenai dapur pacunya menggunakan mesin 1NR-VE 4-silinder segaris 1.329 cc Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mencapai 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm di 4.200 rpm. Mesin yang sama ini juga digunakan Toyota Avanza tipe 1.3 lawas.
Saat ini mobil yang dikembangkan sejak krisis moneter itu telah memiliki tiga generasi. Awal keberadaannya untuk menggairahkan pasar yang tengah lesu terdampak masalah ekonomi. Sejak dilahirkan, posisinya di bawah Toyota Kijang dengan sebutan Low MPV.
Pengembangan Toyota Avanza dilakukan bersama Daihatsu yang pada akhirnya ikut melahirkan produk serupa yang dinamakan Xenia. Walaupun beremblem Toyota, Avanza ternyata asli produksi pabrik Astra Daihatsu Motor.
Lewat program pemasaran yang sukses, terlebih harga jualnya yang fenomenal saat dipasarkan pertama kali di bawah Rp 100 juta, membuat penjualannya terus mengalami peningkatan. Bahkan permintaannya sempat membeludak dan mengakibatkan inden panjang.
Oleh karena banyak masyarakat yang ingin memiliki Toyota Avanza tanpa menunggu lama, mereka rela membayar lebih tinggi unit yang telah dibeli orang. Nah salah satu pembaca AutoFun Indonesia ada yang punya pengalaman menarik bersama Avanza?
Tampilan Toyota Avanza dan Veloz terbaru terlihat jauh lebih modern dibanding generasi-generasi sebelumnya. MPV 7 penumpang ini hadir dengan lekuk bodi yang tajam dan agresif. Desainnya menganut konsep New Bold Front Bumper Design dengan New Sharp LED Headlamp. Pada varian tertinggi, terlihat desain fog lamp atau lampu kabut yang baru.
Penyegaran tidak hanya dilakukan pada eksterior depan tapi juga keseluruhan. Di bagian samping, sudah disematkan New Auto Retractable Mirror. Dibagian belakang, terdapat ubahan juga dengan adanya New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp.
Selain bodi, pelek juga punya tampilan yang lebih segar dan hadir dengan dua jenis. Desain peleknya menggunakan konsep New Dashing Two Tone Alloy Wheel. Tipe tertinggi pakai ukuran 16 inci, sementara varian lain berdiameter 15 inch.
Secara teknologi, fiturnya tentu sudah lebih canggih dibandingkan dengan generasi pertama atau generasi kedua. Toyota menyematkan banyak fitur baru, seperti New 4'2 TT MID, New Illuminating Start/Stop Button, dan New Tilt & Telescopic Steering with Audio & Mit Switch.
Untuk fitur hiburan, Toyota Avanza generasi terbaru juga sudah memiliki fitur multimedia, yakni New Dynamic Head Unit Display, dengan ukuran 9 inci. Fitur tersebut sudah dilengkapi dengan New USB Port dan Power Slot.
Salah satu keunggulan yang paling menarik adalah kehadiran teknologi Toyota Safety Sense (TSS). TSS sendiri merupakan rangkaian fitur keselamatan dan keamanan dengan teknologi tinggi, mulai dari Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, hingga T-Intouch.
Untuk spesifikasi mesin, varian Avanza 1.3 menggunakan mesin 1.3-liter berkode 1NR-VE berteknologi 16 valve DOHC Dual VVT-i. Mesin bensin berkapasitas 1.329 cc itu diketahui dapat menghasilkan tenaga 97,9 PS pada 6.000 rpm serta torsi 121 Nm di 4.200 rpm.
Sementara untuk Avanza 1.5 dan Veloz disematkan mesin berkode 2NR-VE. Mesin 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i tersebut mampu memeras tenaga hingga 106 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm.
Selain transmisi manual 5-percepatan, seluruh varian Avanzda dan Veloz juga ditawarkan pilihan transmisi CVT yang terkenal akan performa yang dihasilkan, halus setiap perpindahan gigi serta hemat bahan bakar.