Bocoran : Generasi Toyota Avanza FWD Terbaru Tertangkap Netizen

Dhoni · 1 Des 2020 15:53

Toyota Avanza yang mendapat julukan ‘Mobil Sejuta Umat’ kini telah mengalami perubahan terbaru. Bukan sekedar tampilan tetapi kini menggunakan sistem gerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Berbeda dengan model Toyota Avanza versi sebelumnya yang selalu mengusung RWD.

Penampakan Toyota Avanza dengan sistem penggerak roda depan (FWD)

Kehadiran Toyota Avanza FWD 2021 mulai terlihat sejak diunggah oleh Rizal ZeroTwo pada akun facebook nya. Perbedaan dari Toyota Avanza FWD cukup terlihat ketika menjalani pengujian di Indonesia.

Kepastian tentang Toyota Avanza kini menggunakan sistem gerak roda depan dapat terligat dari foto tersebut. Tidak ada gardan belakang yang bertugas menggerakan roda depan. Jadi ini adalah Toyota Avanza terbaru yang menggunakan sistem gerak roda depan atau FWD.

Tapi sebentar, ada yang aneh dengan bodi belakang mobil Toyota Avanza FWD pada foto tersebut. Bukan menggunakan Daihatsu DN Multisix Concept seperti yang pernah diperkirakan sebelumnya untuk disain dari Toyota Avanza maupun Perodua Alza generasi berikutnya.

Daihatsu DN Multisix

Jadi, walau mobil dalam foto tersebut adalah Toyota Avanza, Tetapi sangat mungkin ini haya uji coba yang dilakukan dengan menggunakan bodi mobil versi lama. Tujuannya untuk menyamarkan apa yang sedang dikembangkan oleh produsen mobil. Mereka pastinya hanya ingin mengetahui kelebihan dan juga kelemahan sebelum memasuki produksi yang membutuhkan waktu bertahun – tahun.

Model mobil dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA)

Pastinya ini Toyota Avanza FWD tidak menggunakan body seperti di dalam foto. Toyota Avanza FWD terbaru, kemungkinan akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang sama dengan Perodua Alza tipe akan datang. Dan sangat mengungkinkan Toyota Avanza FWD dan Perodua Alza mengunakan powertrains yang sama sehingga mengusung model Hybrid.

Jika tidak meleset, perkiraan kami pada akhir 2021 atau awal 2022 Toyota Avanza FWD atau yang terbaru akan dihadirkan oleh Toyota. Dan jika mengusung sistem gerak roda depan, kemungkinan harga dapat lebih ditekan karena biaya produksi untuk mobil RWD lebih tinggi.

Jadi menurut anda, lebih baik Toyota Avanza FWD atau RWD?

Komentar

Mobil Terbaru