Dua model baru SUV kompak di Indonesia ini langsung bersaing. Dengan harga MG HS 2020 dimulai dari Rp369 jutaan dan Toyota Corolla Cross dibanderol Rp457 jutaan, perbedaan rasa berkendara keduanya memiliki ciri khas tersendiri.
Mesin MG HS dan Toyota Corolla Cross
Dapur pacu yang digunakan SUV MG HS berupa 1.5T 4-silinder bertenaga turbo dengan keluaran tenaga mencatatkan 162 PS dengan torsi puncak mencapai 250 Nm. Disalurkan melalui transmisi TwinClutch Sportronic Transmission (TST) 7-percepatan yang halus.
Sayangnya Corolla Cross belum menggunakan tenaga turbo. Walaupun kapasitas silinder lebih besar, yaitu 1.8L berteknologi Dual VVT-i dengan keluaran tenaga 140 PS serta transmisi 177 Nm. Transmisi tak begitu jauh berbeda, dengan CVT-i 7-percepatan with Sequential Shift and Shift Lock.
Model |
MG HS |
Toyota Corolla Cross |
Tipe Mesin |
1.5T 4-silinder turbocharged GDI |
2ZR-FBE 4-silinder Dual VVT-i |
Kapasitas Silinder |
1.490 cc |
1.798 |
Tenaga Maksimal |
162 PS/5.600 rpm |
140 PS/6.000 rpm |
Torsi Maksimal |
250 Nm/1.700-4.400 rpm |
177 Nm/4.000 rpm |
Bore x Stroke |
74.0 mm x 86.6 mm |
80.5 mm x 88.3 mm |
Transmisi |
TwinClutch Sportronic Transmission (TST) 7-percepatan |
CVT-i 7-percepatan with Sequential Shift and Shift Lock |
Sistem Penggerak |
Front-wheel drive |
Front-wheel drive |
Rasa berkendara MG HS dan Toyota Corolla Cross
Secara fisik, tampilan MG HS terbaru memang terasa sporty dengan eksterior yang agresif. Tapi di dalam, kenyaman kabin tak kalah mengesankan dengan pengaturan jok elektris, tentu saja memudahkan untuk menemukan posisi berkendara terbaik.
Mesin bertenaga turbo yang ditawarkan memberikan respons performa yang instan di jalanan perkotaan. Meski memiliki jeda pada perpindahan transmisi walau tak begitu mengganggu, akselerasinya terasa lebih baik dibandingkan MG ZS terbaru.
Handling yang presisi dibantu dengan suspensi yang keras, tapi masih berterima ketika dibawa di jalanan perkotaan yang mulus. Konstruksi khusus guna meminimalisir body roll ketika berbelok dalam kecepatan yang cukup tinggi.
Di lain sisi, meskipun Corolla Cross belum menawarkan teknologi turbo dengan tenaga dan torsi yang kalah dibandingkan MG HS, tapi kenyamanan di dalam mobil masih terasa mengesankan. Dibantu transmisi CVT-i 7-percepatan yang menghasilkan perpindahan yang terasa mulus.
Pengendaraannya tak kalah bertenaga. Tak begitu kuat, tapi cukup mengesankan untuk dibawa di jalanan perkotaan dengan kondisi stop-and-go. Benar-benar khas Toyota yang memberikan mobil perkotaan yang apik dilengkapi berbagai fitur canggih, termasuk mode berkendara.
Kenyamanan berkendara dilengkapi platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) terbaru milik Toyota dengan bodi yang kaku dan sistem suspensi khusus guna memberikan peredaman yang empuk di semua kondisi jalan.
Kesimpulan
Datang dari China, MG HS terbaru mampu menghadirkan mesin bertenaga dengan respons yang instan ketika pedal mulai ditekan. Namun platform baru yang ditawarkan pada Toyota Corolla Cross membuatnya tetap nyaman di jalanan perkotaan.