window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Persiapan Road Trip Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman

Dito · 3 Apr, 2024 16:00

Tips Persiapan Road Trip Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman 01

Mudik saat Hari Raya Idul Fitri masih menjadi tradisi yang dilakukan mayoritas masyarakat Indonesia. Bersilaturahmi dengan orang tua, kakek, nenek dan keluarga besar membuat budaya mudik Lebaran paling dinanti.

Ada banyak moda transportasi yang digunakan, namun kendaraan pribadi seperti mobil masih menjadi favorit. Tahun 2024 ini diperkirakan puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada tanggal 5 April dan arus balik pada 14 April.

Kementerian Perhubungan memprediksi pemudik dengan mobil pribadi sebanyak 35,42 juta orang atau setara 18,29 persen pada mudik Lebaran tahun ini. Maka agar perjalanan lebih aman dan nyaman, ada beberapa tips persiapan road trip mudik Lebaran yang bisa dipraktekkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Lakukan servis berkala di bengkel resmi atau rekanan terpercaya

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan jauh mudik Lebaran. Hal pertama dan wajib dilakukan yaitu melakukan servis berkala. 

Servis mobil secara berkala berarti mobil Anda akan melewati proses pengecekan kondisi secara rutin. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mendeteksi kerusakan dan risiko mobil rusak akan berkurang. 

Tips Persiapan Road Trip Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman 01

Meskipun tidak menjamin mobil akan mengalami kerusakan kembali, tetapi servis mobil secara berkala bisa menjadi salah satu hal penting bagi kualitas mesin mobil agar siap menempuh perjalanan mudik. 

2. Periksa keadaan ban mobil

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk memeriksa keadaan ban sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

Ban yang aus atau rusak dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena mereka dapat kehilangan cengkeraman yang baik pada permukaan jalan, terutama saat menghadapi kondisi cuaca buruk atau jalan basah.

Selain itu, dapat mengakibatkan getaran yang tidak diinginkan dan kebisingan yang dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Ban juga punya peran penting dalam efisiensi bahan bakar. Ban yang tekanan anginnya tidak tepat atau aus dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros. 

Tips Persiapan Road Trip Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman 02

3. Periksa sistem rem dan kaki-kaki mobil

Pastikan memeriksa sistem rem secara teratur, termasuk pemeriksaan keausan piringan rem, kampas rem, dan sistem hidroliknya, sehingga dapat memastikan bahwa rem berfungsi dengan baik.

Sedangkan penting untuk memeriksa kaki-kaki mobil, seperti suspensi, per, dan roda, karena memainkan peran penting dalam kenyamanan dan stabilitas berkendara.

4. Cek fungsi lampu dan klakson

Lampu kendaraan merupakan salah satu faktor kunci untuk memastikan keselamatan Anda di jalan. Pastikan lampu utama dan lampu sein berfungsi dengan baik sehingga Anda mampu untuk melihat jalan dengan jelas dan memungkinkan pengemudi lain untuk melihat mobil Anda. Khususnya saat malam hari atau cuaca buruk seperti hujan deras sehingga terhindar dari kecelakaan.

Tips Persiapan Road Trip Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman 03

Sedangkan klakson juga penting untuk memberi tahu pengemudi lain tentang keberadaan Anda, terutama dalam situasi darurat atau ketika jalanan melintasi jalanan sepi atau jalan berkelok.

5. Bawa car tool kit, dongkrak, dan ban serep

Bawa selalu perlengkapan darurat seperti car tool kit, dongkrak dan serep yang 
memungkinkan Anda menangani keadaan darurat seperti ban kempes, kebocoran, mengganti lampu yang mati, dan mengencangkan baut yang kendur. 

6. Bawa lampu senter dan kabel jumper

Lampu senter bisa sangat berguna jika Anda mengalami masalah di malam hari atau saat kondisi pencahayaan rendah.

Sebagai contoh ketika harus melakukan inspeksi atau perbaikan di bawah kap mobil dalam situasi darurat. Lampu senter dapat memberikan cahaya tambahan. 

Membawa kabel jumper bisa berguna jika Anda atau pengendara lain mengalami masalah dengan aki mobil.

Tips Persiapan Road Trip Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman 04

7. Pastikan STNK, SIM pengemudi aktif, surat tanda bukti pajak dan asuransi kendaraan yang masih berlaku

Setelah memastikan seluruh kondisi mobil sudah baik, pastikan Anda juga memeriksa kelengkapan surat-surat seperti  STNK, Surat Tanda Bukti Pajak Kendaraan, SIM pengemudi aktif, dan asuransi kendaraan yang masih berlaku sehingga Anda dapat berkendara lebih tenang dan menghindari denda atau sanksi. 

Selain itu penting untuk memastikan bahwa asuransi kendaraan yang Anda miliki masih berlaku untuk melindungi Anda secara finansial jika terjadi situasi yang tidak terduga seperti kecelakaan atau insiden lainnya. Kelengkapan dokumen di atas juga akan membantu Anda untuk memfasilitasi penanganan dan klaim asuransi yang lebih mudah. 

8. Pastikan memiliki aplikasi mobile Garda Oto dan menyimpan nomor Garda Akses 

Bila mobil Anda sudah terlindungi dengan asuransi Garda Oto, maka dalam keadaan darurat saat mudik Lebaran, Anda dapat langsung mengakses tombol darurat via aplikasi secara mobile kapan pun dan di mana pun untuk mendapatakan layanan emergency road assistance (ERA) Garda Siaga 24 jam.

Tips Persiapan Road Trip Mudik Lebaran Agar Aman dan Nyaman 05

Kesulitan mengakses aplikasi karena sinyal internet? Anda bisa menghubungi nomor contact center 24 jam Garda Akses di 1 500 112 atau WA Asuransi Astra di 08950 1 500 112 untuk dibantu saat dalam kondisi darurat maupun saat pengajuan klaim asuransi.

Dapatkan segera promo spesial di https://bit.ly/gardaotoXautofun agar tetap #peaceofmind saat road trip mudik Lebaran! #POMinfo #TenangAdaGARDAOTO

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil