window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya?

Ilham · 23 Agu, 2022 19:02

Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya? 01

  • Garansi pemilik Toyota GR86 ditolak di AS karena dipakai drifting.
  • Padahal Toyota AS hadirkan event track day buat pemilik GR86.
  • Pada akhirnya garansi diberikan juga. 

Penggemar otomotif global tengah dihebohkan dengan kabar ditolaknya garansi sportscar Toyota GR86 di Amerika Serikat. Padahal si pemilik, Blake Alvarado mengaku tetap mengikuti anjuran dari pabrikan tersebut.

Kabar ini berembus pasca Alvarado menyebarkan tulisan di media sosial yang berisi kekesalannya karena penolakan saat mengajukan garansi mesin ke Toyota AS awal Agustus 2022. Kasus ini pun menjadi bola panas yang digaungkan ke berbagai media otomotif.

Baca juga : Intip Spesifikasi Toyota GR86 Pelengkap Trisula GAZOO Racing bersama GR Supra dan GR Yaris

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kronologi Kejadian

Dilansir dari Carscoops, masalah mesin di Toyota GR86 milik Alvarado terkait dengan material gasket yang sering juga dikeluhkan pemilik mobil 2 pintu tersebut. Bahkan dalam kasus ini, mesin mobil jebol saat baru dipakai 22.160 km.

Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya? 01

Ada event track day khusus pemilik GR86 di AS

Kejadiannya pada 10 Juli 2022 lalu dan disebabkan gasket mesin FA24D yang copot dan tercampur dengan oli. Kemudian, jalur oli menjadi tersumbat yang membuat komponen mesin jebol. 

Saat mengajukan garansi, dealer Toyota AS justru menolak dan memberi estimasi biaya yang harus dikeluarkan oleh Alvarado mencapai 11.000 USD atau setara Rp163 juta. Ini karena kondisi kerusakan mesin yang parah. Awalnya Alvarado menginginkan adanya diskon untuk perbaikan mesinnya, tapi tetap ditolak.

Alasan penolakan garansi ini, karena Alvarado membawa mobil tersebut di event balap dan menyebutnya sebagai 'penyalahgunaan'. Alvarado sendiri menolak hal tersebut, karena dirinya hanya ikut dalam event 'Test & Tune' yang notabene hanya untuk melatih skill berkendara saja.

Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya? 02

Toyota GR86 juga dipasarkan di Indonesia

Dirinya pun mengaku jika Toyota GR86 yang digunakannya belum mendapat sentuhan modifikasi. Selain itu, Alvarado juga jarang memacu mobil tersebut dikecepatan tinggi saat melintas di jalan tol. 

Baca Juga: Live Update GIIAS 2022: Jerman vs Jepang, Porsche Luncurkan 3 Modelnya, Toyota Hadirkan Sportcar GR86

Sempat Pakai Mesin Subaru BRZ

Karena mobil tersebut merupakan kendaraan Alvarado satu-satunya, maka dirinya mengambil alternatif lain. Yaitu dengan memasang mesin bekas dari Subaru BRZ yang berjarak tempuh rendah.

Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya? 03

Mesin Subaru BRZ sama dengan Toyota GR86

Mesin yang didapat dari bengkel spesialis Subaru ini ditebusnya seharga 7.000 USD atau Rp104 juta. Meski secara spek sama, tapi penggunaan mesin Subaru BRZ ini tak membuatnya senang.

Baca Juga: Review Mitsubishi Pajero Sport Ralliart 2022, Cuma Modal Wajah Tampan, Kapan Indonesia Kebagian?

Toyota AS Menyediakan Ajang Track Day Buat Pemilik GR86

Gugurnya garansi dari mobil Alvarado cukup kontradiksi dengan kampanye yang dilakukan Toyota AS pada GR86. Pasalnya hadir dengan slogan 'Track Bred', Toyota AS turut memberi konsumennya member National Auto Sport Association (NASA) selama setahun untuk ikut di ajang Track Day.

Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya? 04

Toyota GR86 di GIIAS 2022

Bahkan mereka juga menggelar event bertajuk “Toyota Saturday GR86 Track Experience.” Serta menawarkan diskon kepada pemilik untuk helm balap. Sehingga gugurnya garansi karena kerusakan mesin ketika dipakai di trek menjadi hal yang aneh.

Baca Juga: 3 Mobil Ini Bikin Penjualan Honda Moncer di GIIAS 2022

Toyota AS Akhirnya Memberikan Garansi

Setelah ramai di media sosial, akhirnya pihak Toyota AS memberikan garansi pada Alvarado. Hal ini pun mendapat respon positif dari pemilik Toyota GR86 tersebut yang langsung menggunggah kabar tersebut pada akun Facebooknya.

Toyota di AS Sempat Tolak Garansi GR86 karena Mobil Dipakai Drifting, Kontadiktif dengan Iklannya? 05

Kabin Toyota GR86

Dilansir Motor1, pihak Toyota AS menyatakan jika klaim garansi dari Alvarado sudah dituntaskan. Tak ketinggalan Toyota AS juga menyatakan jika ada beberapa kondisi yang tak ditanggung oleh garansi mereka.

"Mengenai masalah GR86 2022 yang dimaksud, merek Toyota Gazoo Racing didorong oleh para penggemar dan fokus untuk memberikan pengalaman luar biasa ke mana pun pengemudi membawa kendaraan mereka. Termasuk trek tertutup, selama mereka dikendarai dengan cara yang termasuk dalam ketentuan garansi.

Meskipun garansi kendaraan tidak termasuk kerusakan yang diakibatkan oleh aktivitas seperti penyalahgunaan dan balapan. Tapi jika hanya dengan berpartisipasi dalam National Auto Sport Association (NASA) High Performance Driving Events (HPDE) atau acara instruksi NASA serupa yang disediakan gratis untuk pemilik GR tidak akan membatalkan garansi. Klaim garansi dievaluasi berdasarkan kasus per kasus.

Berdasarkan tinjauan lebih lanjut, kami telah menentukan bahwa perbaikan kendaraan Tuan Alvarado dalam hal ini tercakup dalam garansi," tulis pernyataan resmi Toyota AS.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota 86 M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil