window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Hilux Segera Berubah Jadi Hybrid, Fortuner Berikutnya

Prasetyo · 30 Jun, 2023 08:00

Toyota Hilux hybrid

Toyota mengumumkan bakal menambah teknologi hybrid untuk mesin Toyota Hilux mulai 2024.

Tujuannya adalah menciptakan model Hilux yang lebih hemat bahan bakar dibanding mesin saat ini.

Adapun teknologi yang akan ditambahkan yakni baterai, generator motor listrik, dan komponen pendukungnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Hilux GR Sport Indonesia

Hilux GR Sport di Indonesia

"Kami terus berusaha untuk mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan kami untuk membantu mengurangi biaya berkelanjutan bagi pelanggan, serta membantu mengurangi dampak lingkungan kami. Dengan penambahan teknologi baterai 48-Volt ke lini kendaraan terlaris kami tentunya akan berkontribusi pada hal ini," kata Sean Hanley Vice President Sales, Marketing and Franchise Operations Toyota Australia melalui keterangan tertulisnya.

Baca juga: Toyota Hilux GR Sport dan Ford Ranger Raptor Salim Dulu, D-Cab China Ini Jauh Lebih Kuat

Mesin Diesel 2.8 Toyota Hilux Ditambah Hybrid

Toyota Hilux Hybrid mesin

Mesin diesel 2.8L akan ditambah baterai dan generator listrik

Mr Hanley menyebutkan teknologi baru ini nantinya akan digabungkan dengan mesin diesel turbo 2.8-liter yang dimiliki oleh Hilux.

Dikombinasikan sistem transmisi otomatis 6 percepatan, teknologi generator di mobil ini nantinya juga memiliki tugas mirip sistem Integrated Starter Generator (ISG) pada Suzuki.

Toyota Hilux GR Sport belakang

Tampilan belakang Hilux GR Sport Indonesia (Foto: Toyota)

Yaitu menggantikan kinerja mesin konvensional untuk memasok sistem kelistrikan bagi fungsi AC, audio, dan lainnya, pada saat mobil berhenti di kemacetan.

Dengan kata lain, Hilux akan memiliki fitur Auto Start/Stop engine, yang kinerja sistem ini akan dipasok dari generator dan baterai yang terpasang.

Baca juga: 5 Keunggulan Ford Ranger Raptor 2023, Bikin Toyota Hilux GR Sport Serasa Kuno

Makin Irit BBM Tapi Tetap Tangguh

Toyota Hilux GR Sport Interior

Interior Hilux GR Sport (Foto: Toyota)

Mr Hanley menjelaskan kalau teknologi hybrid ini bisa mendegradasi konsumsi BBM Toyota Hilux sekitar 10 persen.

Namun penambahan teknologi 48-Volt tersebut tidak akan berdampak pada kemampuan Hilux sebagai pickup 4x4 yang tangguh di medan offroad.

"Teknologi baru ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan kinerja saat perjalanan on dan offroad. Ini membuat HiLux semakin menarik untuk perjalanan akhir pekan atau aktifitas ke medan ekstrim di pedalaman," katanya.

Rencananya Toyota Hilux hybrid akan diterapkan untuk model SR5 4x4 dan Rogue Double Cabin.

Baca juga: Toyota Fortuner Hybrid Makin Terkuak, Pilihan Variannya Banyak

Toyota Fortuner Juga Bisa Berubah Hybrid

Toyota Fortuner GR Sport

Fortuner pakai platform dan mesin yang serupa dengan Hilux

Kalau Hilux segera akan dapatkan teknologi hybrid, tentunya tinggal menunggu waktu bagi Fortuner juga menerapkan teknologi yang serupa.

Pasalnya antara Hilux dan Fortuner berbagi platform yang sama, serta menggunakan mesin diesel 1GD FTV VNT Intercooler yang senada juga.

Jika Hilux hybrid akan diluncurkan pada tahun 2024, bisa saja Fortuner menyusul di akhir tahun depan atau awal 2025. 

@autofun.indonesia Seirit apa Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ketika dibawa jalan konstan di tol? #reviewmobil #mobilbaru #toyotakijang #kijanginnova #hybrid ♬ Jazz Bossa Nova

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia