window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Persiapkan Pickup Listrik Berbasis Hilux dengan Daya Jelajah Jauh

Prasetyo · 11 Sep, 2023 11:01

pickup listrik Toyota

Pickup listrik Toyota sepertinya akan segera jadi kenyataan, bahkan petinggi pabrikan ini sudah meyakinkan kalau pickup tersebut bakal punya banyak varian termasuk yang memiliki daya jelajah cukup jauh untuk kemudahan mobilitasnya.

Dikutip dari rekan kami Autofun Thailand, adalah Sean Hanley, Vice President of Sales, Marketing and Distribution Toyota Australia yang mengatakan jika Toyota perlu untuk memiliki pikap listrik dengan jarak tempuh jauh demi mengakomodir kebutuhan di daerah terpencil.

Menurut Hanley, mereka tengah mempertimbangkan pickup berukuran sedang seperti Toyota Hilux yang menggunakan tenaga listrik namun memiliki fleksibilitas operasional.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Setelah Fortuner, Giliran Toyota Hilux GR Sport yang Tenaganya Makin Buas

Toyota Hilux Listrik Pakai Baterai Solid-State

Toyota Hilux BEV

Toyota akan pakai baterai baru

Masih menurut Hanley, perusahaannya mempertimbangkan untuk memakai baterai tipe solid-state yang dianggap sebagai solusi terbaik saat ini untuk membantu mobil listrik memiliki jarak tempuh maksimal.

Selain itu baterai jenis ini juga dianggap lebih cepat saat dilakukan pengisian daya ketimbang baterai tipe lithium-ion biasa akibat punya kepadatan energi yang lebih tinggi.

"Perusahaan sedang bekerja keras untuk mengembangkan baterai solid-state, tetapi sistem dengan fuel cell hydrogen mungkin juga akan tersedia," kata Hanley.

Baca juga: Bawa Spek Baru, Mitsubishi Triton 2024 D-Cab Bukan Lagi Pesaing Toyota Hilux?

Toyota Hilux BEV

Toyota Hilux BEV Concept

Banyak perusahaan yang secara aktif mengembangkan baterai solid state misalnya pabrikan mobil China seperti MG.

Dengan teknologi tersebut, MG mengklaim bahwa baterai baru ini mendukung pengisian daya 10-80% hanya dalam 10 menit, hampir mendekati pengisian bahan bakar.

"Baterai solid state adalah terobosan baru. Saat ini, teknologi masih perlu dikembangkan terus menerus untuk menekan biaya produksi. Karena jika kita menghadirkan mobil listrik yang memiliki jarak berkendara pendek namun harganya mahal, orang tidak ada yang mau membeli mobil ini," tukas Hanley.

Baca juga: Pick Up Listrik DFSK Mendekat ke Indonesia, Hilux dan Triton Harus Waspada

Toyota Tetap Punya Pickup Listrik untuk Perkotaan

Toyota Hilux BEV

Hilux BEV Concept saat diperkenalkan

Walau bicara pick up dengan daya jelajah yang jauh, tetapi Hanley mengaku tak begitu memperdulikan ekosistem charging station yang belum merata di seluruh dunia.

Ia yakin, jaringan pengisian daya listirk ini akan berkembang seiring populasi EV yang terus membesar.

Selain itu, Toyota juga tetap punya model pickup listrik untuk perkotaan dengan daya tempuh yang lebih pendek dimana charging station lebih mudah ditemukan daripada di daerah terpencil.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Hilux 2.0 L M/T Bensin

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia