Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya?

Enda · 2 Feb, 2021 18:00

Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya? 01

Toyota Sienta Welcab 2021

Mobil jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) berpenampilan boxy, Toyota Sienta 2021 pada kenyataannya tidak begitu diminati oleh konsumen Tanah Air. Padahal sebagai mobil boxy, Toyota Sienta 2021 memiliki kelebihan dari sisi dimensi kabin yang lega.

Hal ini bisa dilihat dari angka penjualannya selama periode 2020 kemarin, Toyota Sienta 2021 hanya berhasil terkirim sebanyak 393 unit dari pabrik ke diler menurut data wholesales yang dihimpun dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Namun, hal itu tampaknya berbanding terbalik bila melihat data penjualannya secara global. Dilansir dari Focus2move, Toyota Sienta 2021 berhasil menduduki urutan ketujuh sebagai MPV terlaris di dunia dengan total penjualan sebanyak 88.350 unit.

Lalu, apa yang membuat MPV pintu geser pabrikan tiga oval ini bisa masuk dalam kategori MPV terlaris di dunia? Berikut ulasannya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Pintu Sliding Door Memudahkan Akses Keluar Masuk Mobil

Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya? 01

Pintu sliding door Toyota Sienta 2021

Mengantu konsep Multi Activity Vehicle (MAV), Toyota Sienta memberikan nilai tambah kepraktisan lebih melalui fitur sliding door, untuk membuat akses keluar masuk mobil lebih mudah dan aman.

Tidak hanya itu, pintu jenis sliding door ini juga dapat memberikan keamanan lebih ketika membukanya. Pengguna tidak harus khawatir jika membuka pintu ditabrak oleh kendaraan lain dari belakang.

2. Lampu Utama dengan Teknologi Terkini

Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya? 02

teknologi Bi-Beam LED Projector Headlamp with LED Clearance Lamp Toyota Sienta 2021

Pada Toyota Sienta 2021 varian teratas (Q), sistem pencahayaan utama menggunakan teknologi Bi-Beam LED Projector Headlamp with LED Clearance Lamp. Dibungkus dengan rumah lampu yang lebih terlihat atraktif, Toyota Sienta akan terlihat lebih prestise ketika digunakan berkendara malam hari.

Melihat bagian buritan, sinyal lampu terhadap pengguna dibelakangnya menggunakan LED Rear Combination Lamp dengan LED Line Guide.

Sedangkan varian dibawahnya, G dan V mendapatkan lampu dengan projector meski masih menggunakan bohlam halogen.

3. Toyota Sienta Welcab, Mengerti akan Kebutuhan Penyandang Disabilitas dan Lansia

Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya? 03

Toyota Sienta Welcab 2021

Demi menjawab kebutuhan penyandang disabilitas dan lansia yang membutuhkan fleksibilitas lebih, pada 17 Agustus 2020 kemarin, PT Toyota Astra Motor menghadirkan varian terbaru Sienta, yakni Sienta Welcab.

Pada baris kedua sebelah kiri mobil ini, terdapat kursi welcab yang dapat bergerak keluar dan masuk secara otomatis dengan menggunakan New Physical Remote dan Remote App.

Kursi welcab yang digunakan pada Toyota Sienta 2021 merupakan produksi Toyota (genuine part) sebagai New Captain Seat Welcab, lengkap dengan sandaran tangan pada sisi kanan kursi, sandaran kepala, dan sandaran kaki.

Kursi khusus penyandang disabilitas dan lansia ini dapat dioperasikan dengan dua cara untuk memberikan pilihan serta fleksibilitas lebih. Pemakai bisa menggunakan remote fisik pada kursi welcab atau melalui aplikasi pada smartphone yang terkoneksi dengan bluetooth.

Kursi welcab juga menawarkan fitur yang memberikan fleksibilitas lebih baik lagi dengan adanya fitur New Rotation & Side Lift, dimana kursi welcab bisa diputar mengarah ke luar pintu.

4. Dilengkapi Fitur Keselamatan yang Mumpuni

Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya? 04

Fitur Vehicle Stability Control (VSC) Toyota Sienta 2021

Bicara fitur keamanan, sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia hingga kembali mendapatkan improvement dua tahun yang lalu, LMPV boxy ini tidak mengalami perubahan. Toyota tetap mempertahankan spesifikasi bintang lima Asean NCAP pada tipe Q sebagai opsi teratas.

Semua varian Sienta dilengkapi 3 airbag, ABS dengan Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Pre-tensioner Seatbelt with Force Limiter, Parking Sensor, GOA Body, serta Head Impact Mitigating Structure.

Khusus untuk varian Q, fitur keselamatannya juga dilengkapi Hill Start Assit (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

5. Kabin Luas Bisa Dimuati Dua Sepeda

Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya? 05

Toyota Sienta dimuati 2 sepeda

Mengandalakan mesin dengan penggerak roda depan, membuat lantai kabin Toyota Sienta 2021 terasa lebih datar dan luas. LMPV ini menurut data spesifikasi, memiliki panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm serta tinggi 1.695 mm dengan wheelbase 2.750 mm.

Tidak perlu khawatir ketika ingin membawa barang dengan jumlah cukup banyak menggunakan mobil ini. Bicara soal daya angkut dan fleksibilitas pada kabin, Toyota Sienta 2021 sudah dilengkapi dengan dive-in seat.

Ini merupakan fitur cerdas pada Toyota Sienta 2021 untuk melipat bangku dengan cara yang sangat mudah. Ketika pemilik mobil ingin membawa barang dalam jumlah yang besar sehingga membutuhkan ruang bagasi lebih.

Di sinilah fitur dive-in seat memegang peran utama pada Toyota Sienta 2021. Kecerdasan fitur ini membuat MPV kompak ini dapat menyajikan bagasi ekstra lapang karena bangku baris ketiga disimpan rapi di kolong bangku baris kedua.

Terlipat rapi dan rata dengan permukaan kabin, membuat kabin Toyota Sienta terlihat sangat luas. Benar saja, LMPV jenama Toyota ini bisa dimuati dua sepeda dalam keadaan berdiri tegak.

6. Ditanamkan Mesin dengan Durabilitias Jempolan

Toyota Sienta 2021 Masuk 10 MPV Terlaris Dunia Walau Tak Laku di Indonesia, Apa Kelebihannya? 06

Mesin Toyota Sienta 2021

Menengok dapur pacu yang disematkan pada Toyota Sienta 2021, pasti kalian tidak akan merasa asing. Pasalnya, jantung mekanis yang digunakan LMPV ini memiliki kode mesin yang sama dengan beberapa lini produk Toyota dan Daihatsu.

Mesin berkodekan 2NR-VE In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i yang digunakannya mampu memuntahkan tenaga hingga 107 PS @6.000 Rpm di angka torsi 14,3 Nm @4.200 Rpm.

Mesin dengan tingkat durabilitas baik ini, sama persis digunakan pada Toyota Avanza 1.5L, Daihatsu Xenia 1.5L, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Toyota Vios maupun Toyota Yaris.

Oh iya, ditanamkan dengan struktur mesin transverse, Toyota Sienta ditawarkan dua pilihan transmisi. Manual 6-percepatan dan CVT.

Kesimpulan

Sebagai LMPV berpenampilan boxy, Toyota Sienta 2021 telah dilengkapi dengan fitur pendukung, kenyamanan, keamanan serta performa yang baik. Tak heran bila keberadaanya masuk dalam 10 besar kategori mobil MPV terlaris di dunia.

Namun, keberadaanya di Tanah Air tidak semoncer dengan yang ada di beberapa negara di dunia. Sepanjang periode 2020 kemarin saja, tercatat hanya 393 unit berhasil terkirimkan dari pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia ke berbagai diler penjuru nusantara.

Meski tidak sampai seribu unit terjual pada tahun kemarin, Toyota masih menjual Sienta hingga kini. Menurut situs resminya, Toyota Sienta dibandrol mulai dari Rp279.850.000 sampai dengan Rp315.650.000 on the road Jakarta.

Untuk kalian yang ingin memiliki Toyota Sienta 2021 namun memiliki dana terbatas, bisa membelinya dalam kondisi bekas. Pasalnya, harga bekasnya kini terbilang cukup terjangkau.

Seperti Toyota Sienta produksi 2016, dari beberapa iklan pada marketplace ditawarkan Rp140 jutaan. Sedangkan produksi 2020 dibandrol Rp240 jutaan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru