window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Keunggulan Toyota Yaris Cross Hybrid, Bikin Mudik Jadi Irit

Prasetyo · 4 Apr, 2024 17:01

toyota yaris cross hybrid

Memilih mobil untuk mudik Lebaran memang perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Diantaranya kendaraan itu harus tangguh, nyaman, dan juga hemat dalam pemakaian bahan bakar.

Dari beberapa opsi kendaraan yang ada, tiga hal tadi sebenarnya sudah menjadi keunggulan Toyota Yaris Cross Hybrid.

Ya, sejak diluncurkan Mei 2023 lalu, beberapa keunggulan Toyota Yaris Cross Hybrid sanggup membuatnya menjadi bintang baru di segmen SUV Compact Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski diisi persaingan yang cukup ketat dari berbagai brand, tetapi Toyota menyodorkan banyak nilai lebih pada Yaris Cross, termasuk adanya opsi teknologi Hybrid electric Vehicle (HEV) yang tidak ada pada rival-rivalnya.

Seperti yang kita ketahui, kendaraan dengan sistem hibrida sudah terbukti sanggup memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik dibanding mobil bermesin bakar murni (Internal Combustion Engine/ICE).

toyota yaris cross hybrid hev

Yaris Cross jug punya varian HEV (Hybrid Electric Vehicle)

Dengan konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) yang lebih hemat inilah, biaya kepemilikan kendaraan bisa jauh lebih ditekan, serta dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Demikian pula ketika halnya kalian mencari mobil untuk dipakai perjalanan jauh seperti mudik Lebaran. Mobil yang tangguh, nyaman, serta hemat bahan bakar pastinya akan memberikan nilai lebih dibanding kendaraan lain.

Buat kalian yang sedang menimbang untuk membeli mobil buat kebutuhan mudik sekaligus nantinya menemani aktivitas harian, yuk disimak apa saja keunggulan Toyota Yaris Cross Hybrid berikut ini.

Baca juga: Mau Mudik Lebaran? Ingat Jadwal Sistem One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap

1. Nyaman Dikendarai

toyota yaris cross hybrid eksterior

Body compact tapi tetap nyaman untuk perjalanan jauh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memilih kendaraan untuk dipakai perjalanan jauh haruslah nyaman. Apalagi aktivitas mudik umumnya memakan waktu tempuh yang lebih lama dibanding hari-hari biasa.

Dengan kendaraan yang nyaman bukan saja bagi pengemudi tapi juga seluruh penumpangnya, maka perjalanan yang lama tersebut jadi bisa lebih menyenangkan.

Toyota Yaris Cross Hybrid tidak hanya menonjol dalam hal penampilan, tetapi juga menawarkan pengalaman berkendara yang superior. 

Memiliki panjang tubuh 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm, mobil ini menawarkan kelapangan kabin yang baik untuk seluruh keluarga.

toyota yaris cross hybrid

Membuka bagasi belakang juga bisa pakai fitur Seamless Electric Power Back Door with Kick Sensor

Mau bawa banyak barang juga tak perlu khawatir, karena kapasitas bagasi Yaris Cross Hybrid mencapai 458 liter. Kalau kurang, kapasitas ini bisa meningkat volumenya menjadi 800 liter dengan cara jok baris kedua dilipat rata dengan lantai.

Untuk akses buka tutup bagasi ini juga gak ribet, lantaran sudah disediakan pula fitur Seamless Electric Power Back Door with Kick Sensor, sehingga untuk membuka pintu bagas cukup dengan mendekatkan kaki ke bagian bawah bemper belakang. Lantas untuk menutupnya kembali juga tinggal menekan tombol yang disediakan di pintu bagasi tersebut.

Buat pengemudi dan penumpang depan juga diberikan kenyamanan yang tak kalah sempurna. Mulai dari desain joknya sanggup menopang tubuh dengan nyaman apalagi ditambah lapisan Deluxe Leather Seat yang juga halus.

toyota yaris cross hybrid gr sport

Joknya juga nyaman untuk berkendara jarak jauh

Untuk pengaturan posisi pengemudi juga sudah disediakan Tilt & Telescopic Steering, serta electric Seat Adjuster. Pada lingkar kemudinya tak lupa telah dibenamkan pula Audio Steering Switch, serta beberapa tombol lain untuk pengaturan fitur di mobil ini.

Guna memantau kondisi real time dari kendaraan, pada sisi pengemudi juga sudah disediakan layar Multi Information Display (MID) TFT 7 inch. Serta adanya 3 Drive Mode yakni Eco Normal dan Power memberi keleluasaan pengemudi untuk berkendara sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Jangan takut bosan melakukan perjalanan dengan Toyota Yaris Cross Hybrid, sebab untuk penumpang juga telah dibekali head unit 10,1 inci yang sudah sanggup terkoneksi dengan ponsel melalui Android Auto ataupun Apple CarPlay.

toyota yaris cross hybrid panoramic glass roof

Panoramic Glass Roof bikin suasana kabin lebih mewah

Kenyamanan lainnya yang jadi keunggulan Toyota Yaris Cross Hybrid adalah keberadaan phone wireless charger, Electric Parking Brake (EPB) with Auto Hold, Auto AC, hingga Panoramic Glass Roof yang akan memberikan sensasi berbeda ketika kalian melakukan kegiatan di alam terbuka.

Demi memberikan rasa aman selama berkendara, Yaris Cross HEV juga telah dibekali fitur 6-airbags, ABS, EBD, BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), juga ada. Lantas dilengkapi pula Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM) dan Toyota Safety Sense (TSS).

Baca juga: Cek 6 Komponen Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik Lebaran, Gak Wajib ke Bengkel Kok!

2. Mesin Tangguh yang Hemat Bahan Bakar

toyota yaris cross hybrid mesin

Mesin 2NR-VEX dengan THS milik Yaris Cross HEV

Varian Hybrid (HEV) pada Yaris Cross menggunakan mesin berkode 2NR-VEX serta dikombinasikan Toyota Hybrid System (THS) dengan motor listrik dan baterai Lithium-ion serta transmisi CVT.

Mesin hybrid yang sanggup beroperasi pada mode full EV ini diklaim bisa meletupkan tenaga maksimum 67 kW (91 PS) dan torsi 121 Nm. Sementara motor listriknya memiliki daya 59 kW (80 PS) dengan torsi sebesar 141 Nm. 

Adapun baterai pada Yaris Cross HEV berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas 0,7 kWh. Daya baterai ini dapat terisi secara otomatis menggunakan metode regenerative braking.

Saat pemakaian di jalan tol, mesin bensin dan motor elektriknya sanggup memberikan tenaga yang lebih dari cukup untuk menghasilkan pengendaraan yang menyenangkan.

toyota yaris cross hybrid konsumsi bbm

Konsumsi BBM Yaris Cross HEV bisa mencapai 31 km/liter

Sebaliknya pada saat kondisi di jalan perkotaan dan menemui kemacetan, sistem THS secara cerdas sanggup bergantian beroperasi guna menekan konsumsi BBM dari mesin bensinnya.

Berdasarkan pengetesan yang telah dilakukan, untuk rute jalan tol, konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid tercatat 22,1 km/liter. Adapun saat diuji dengan rute dalam kota dan menemui beberapa kemacetan, efisiensi bahan bakarnya justru lebih baik, yakni 31 km/liter.

Pencapaian ini rasanya jadi bekal yang sangat cukup untuk menjadi keunggulan Toyota Yaris Cross dipakai mudik Lebaran. Mengingat rute mudik yang umumnya sering menjumpai kemacetan, maka biaya buat beli bahan bakar bisa lebih dipangkas atau dialokasikan untuk kebutuhan lain.

3. Biaya Kepemilikan yang Hemat

toyota yaris cross hybrid servis

Perawatannya setara mobil bensin biasa

Menjadi kendaraan elektrifikasi Toyota yang harganya paling terjangkau, ternyata biaya kepemilikan Yaris Cross Hybrid juga ramah di kantong.

Pertama tentu saja dengan konsumsi BBM yang jauh lebih efisien dibanding kendaraan dengan mesin bensin murni di kelasnya, maka membuat biaya operasional harian juga bisa dipangkas.

Meskipun menyandang nama Hybrid Electric Vehicle yang dikenal canggih dan kompleks, bukan perkara sulit dalam perawatan rutin All New Yaris Cross HEV.

Kalian hanya perlu servis berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, sesuai buku pedoman perawatan berkala di bengkel resmi Toyota terdekat.

toyota yaris cross hybrid perawatan berkala

Perawatannya cukup ikuti buku petunjuk servis berkala

Menariknya, dalam jangka waktu 36 bulan atau 7 kali servis berkala sejak mobil dimiliki, tidak ada jadwal penggantian komponen penting pada sistem hybrid di kendaraan ini seperti baterai, motor listrik, atau charging system-nya.

Sementara untuk perawatan lainnya tetap sama seperti mobil ICE lain, yakni meliputi ganti oli dan filter mesin, filter udara, gasket oli mesin, minyak rem, serta melakukan rotasi ban bersamaan dengan spooring dan balancing.

Secara total, biaya servis berkala Yaris Cross HEV untuk 3 tahun pertama yaitu sekitar Rp8,5 juta saja.

Baca juga: Persiapan Mudik Pakai Mobil Pribadi, Jangan Lupa Cek Dulu Bagian Kaki-kaki

4. Nilai Jual Kembali yang Stabil

toyota yaris cross hybrid

Harga jual kembalinya stabil

Sebagai bagian dari brand Toyota yang terkenal akan kualitas, Yaris Cross Hybrid memiliki nilai jual kembali yang sangat baik dibanding kendaraan elektrifikasi lainnya.

Toyota dikenal akan keandalan dan ketahanan produk-produknya, sehingga mobil ini tetap diminati di pasar kendaraan bekas. Hal ini memberikan keuntungan tambahan bagi para pemiliknya, karena mereka dapat menjual mobil mereka dengan harga yang kompetitif di masa depan.

Selain itu, selama masa kepemilikan, Toyota juga menjamin akan layanan purna jual yang terlengkap dan tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

toyota yaris cross hybrid t intouch

Aplikasi Toyota T-intouch

Kemudian ada juga layanan Toyota T-intouch yang bisa diakses melalui aplikasi mobile mToyota pada ponsel kalian. Melalui aplikasi ini, pemilik bisa mendapatkan reminder untuk servis berkala, catatan berkendara termasuk jarak tempuh dan konsumsi BBM, sampai kebutuhan layanan darurat 24 jam jika dibutuhkan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Find My car yang bisa memudahkan pencarian posisi kendaraan di ruang parkir. Ada pula fitur Geofencing untuk mengawasi kendaraan selama batas wilayah yang telah ditentukan.

Kemudian Toyota juga menyediakan layanan Kinto untuk kalian yang hendak berlangganan mobil-mobil berkualitas dari Toyota baik bulanan maupun tahunan.

Dengan Kinto, kalian tidak perlu repot memikirkan jadwal servis berkala, biaya penggantian suku cadang, biaya asuransi kendaraan, serta biaya pajak tahunan. Sedangkan jika kendaraan yang disewa mengalami masalah, maka akan disediakan kendaraan pengganti.

5. Ikut Melestarikan Lingkungan

toyota yaris cross hybrid

Ketika konsumsi BBM bisa semakin ditekan, maka penggunaan turut mengurangi penggunaan bahan bakar fosil

Sebagai bagian dari Total Mobility Solution, kehadiran kendaraan elektrifikasi Toyota memang semakin lengkap. Hal ini sejalan dengan rencana jangka panjang Toyota global untuk menurunkan emisi kendaraan yang diproduksi di tahun 2050 sebesar 90% dari level di tahun 2010. Sementara di tahun 2025, seluruh model Toyota akan memiliki opsi teknologi elektrifikasi atau bahkan didedikasikan khusus sebagai mobil listrik.

Dengan semangat It's Time For Everyone, PT Toyota Astra Motor (TAM) memang sudah menyediakan lini kendaraan elektrifikasi yang lengkap hingga ke level medium. Satu diantaranya melalui Toyota Yaris Cross HEV.

Dengan konsumsi bahan bakar mencapai 31 km per liter, pengguna mobil ini bisa ikut mendukung menurunkan polusi yang disumbang dari emisi kendaraan tersebut, sekaligus menurunkan ketergantungan akan konsumsi bahan bakar fosil.

Pengalaman unik sebuah mobil listrik murni tetap dapat dirasakan cukup dengan mengaktifkan EV Mode. Mobil akan melaju mulus hanya dengan mengandalkan motor listrik yang memberikan perjalanan zero emission, hening, dan tanpa butuh bensin sama sekali.

Sementara terkait perawatan kendaraan ini, tidak ada yang perlu diubah dari kebiasaan kalian sebelumnya. Sama dengan mobil Toyota lain, kalian tinggal rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 Toyota Yaris Cross International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil