Buying Guide: New Toyota Avanza 2020, Sang Low MPV Tersukses di Indonesia

Mari kita mengenal sosok New Toyota Avanza 2020 yang patut disebut sebagai low MPV terlaris di Indonesia

New Toyota Avanza 2020 kini tersedia di dealer resmi Toyota di Indonesia

Bisa dikatakan bahwa Indonesia merupakan pasar terbesar untuk mobil jenis low Multi Purpose Vehicle (MPV). Makanya jangan kaget jika banyak pabrikan yang melakukan investasi untuk memperebutkan pangsa pasar dan perhatian penuh dari konsumen.

Ya, low MPV memang banyak diminati lantaran memiliki banyak fungsionalitas dan banyaknya kapasitas penumpang. Lantas? Apakah Toyota Avanza layak sebagai moda transportasi andalan Anda bersama keluarga?

Yuk kita coba lihat lebih detail sosok Toyota Avanza yang merupakan low MPV ‘Sejuta Umat’ ini.

Sejarah Toyota Avanza

Edisi pertama Toyota Avanza

Perjalanan karir Toyota Avanza bermula ketika PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan pada tahun 2003 silam. Nama Avanza diambil dari bahasa Italia yang memiliki makna ‘maju atau peningkatan’.

Pada awal perkenalan, Toyota Avanza dikemas dengan harga jual yang relatif terjangkau sekitar dibawah angka Rp 100 juta yang berimbas terhadap angka penjualan 10 ribu unit pada tahun pertamanya. Inilah yang menjadi pemicu terhadap tren mobil jenis low MPV di Tanah Air.

Toyota Avanza telah bertransformasi berbagai generasi. Untuk generasi terakhir, yang diluncurkan awal tahun 2019 silam, Toyota Avanza menjelma menjadi low MPV yang modern dan stylish. Hingga saat ini, Toyota Avanza telah membukukan total penjualan lebih dari 1,7 juta unit selama 15 tahun kehadirannya di Indonesia.

Rival Toyota Avanza

Rival New Toyota Avanza 2020 dari Honda, Mitsubishi, dan Suzuki

Toyota mendulang kesuksesan dengan menelurkan Avanza. Prestasi inilah yang kemudian diikuti oleh pabrikan lainnya yang menyajikan mobil jenis low MPV. Sebut saja Honda yang memperkenalkan Honda Mobilio, lantas Suzuki hadirkan Suzuki Ertiga dan Mitsubishi yang suguhkan Mitsubishi Xpander untuk memeriahkan dunia persilatan low MPV.

New Toyota Avanza 2020 memiliki harga kisaran Rp 198 – 228,3 jutaan. Sementara New Honda Mobilio tawarkan harga mulai dari Rp 203 – Rp 259 jutaan. Sedangkan Suzuki All New Ertiga dipatok pada angka Rp 205 – Rp 249 juta. Sementara Mitsubishi Xpander, berada pada harga jual Rp 215,8 – Rp 272,1 juta.

Eksterior & Interior Toyota Avanza

Eksterior New Toyota Avanza 2020

Bicara tampilan, tentu soal selera. Namun insinyur Toyota cukup pandai membuat tampilan eksterior New Toyota Avanza 2020 yang begitu menggoda. Pada fascia depan, Toyota Avanza dibekali dengan New Headlamp yang menyipit. Meski begitu untuk untuk mendukung kenyamanan berkendara, headlamp dilengkapi lampu jenis LED. Untuk tipe tertinggi varian 1.3L dan 1.5L,  spion dapat dilipat secara elektrik.

Sedangkan bagian kabinnya, kedua varian tertinggi hadir New Combination Meter Design yang dibuat stylish dan memudahkan pengemudi untuk memantau kecepatan serta informasi seputar kendaraan, seperti jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar.

Ruang dashboard New Toyota Avanza 2020 yang lebih modern

Pun begitu dengan fitur multimedia. New Toyota Avanza varian 1.5L memiliki headunit berteknologi layar sentuh dengan berbagai fitur hiburan, mulai dari Radio, Bluetooth, iPod/iPhone connectivity, 6 buah speaker, DVD, Radio hingga terkoneksi dengan smartphone untuk memudahkan menjawab dan panggilan telepon.

Masih di ruang kabin, asyiknya lagi berkendara bersama New Avanza, tak perlu repot untuk mengoperasikan head unit. Lantaran sudah tersedia audio steering switch pada kemudi, sehingga mengoperasikan audio tanpa mengganggu konsentrasi berkendara.

Masih kurang puas, tersedia power slot baris pertama, kedua dan ketiga. Anda dan anggota keluarga tak perlu repot-repot untuk mengisi daya smartphone, gadget dan perangkat elektronik yang membutuhkan sumber arus. Mudah dan praktis.

Mesin dan Performa

Sosok mesin New Toyota Avanza 2020

Bicara sektor mesin, Toyota memperhatikan keinginan para penggemar low MPV di Tanah Air. Hasilnya, pengembangan pada sektor mesin dengan mengadopsi teknologi Dual VVT-i. Silakan rasakan pengalaman berkendara dengan mesin Dual VVT-i yang irit bahan bakar.

Memang ketimbang para rivalnya, tenaga yang dihasilkan oleh New Toyota Avanza 2020 lebih kurang sedikit. Namun, jangan khawatir, karena fokus utama pengembangan soal mesin adalah bagaimana memberikan efisiensi yang tinggi terhadap konsumsi bahan bakar. Untuk itulah Toyota turut menyematkan fitur ECO indikator pada meter cluster. Sehingga pengemudi dapat berkendara secara hemat bahan bakar ketika indikator ECO berwarna hijau aktif.

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan

Sistem airbag New Toyota Avanza 2020

Terlahir sebagai mobil keluarga, New Toyota Avanza 2020 turut dibenamkan fitur-fitur keselamatan yang mumpuni. Mulai dari Dual SRS Airbags, seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, Anti-lock Braking System, ISOFIX, 3-point seatbelt, side impact beam hingga front passenger seat belt warning.

Pengembangan lainnya pada generasi terbaru yaitu fitur kenyamanan yang menambah rasa percaya diri. Pada sistem suspensi, kombinasi antara sistem suspensi depan MacPherson Strut dipadu dengan 4-Link Lateral Rod yang meningkatkan stabilitas kenyamanan berkendara. Plus fitur Cabin Quitness yang meningkatkan kesenyapan kabin ketika berkendara.

Kesimpulan

Apakah New Toyota Avanza 2020 layak dimiliki saat ini?

Jika melihat sepak terjang Toyota Avanza yang sekaligus menjadi saudara kembar dari Daihatsu Xenia ini, tak perlu diragukan lagi. Alasannya, karena perjalanan karirnya yang sudah lebih dari 15 tahun di Indonesia. Apalagi didukung dengan layanan purna jual Toyota di seluruh penjuru Indonesia, rasanya pelanggan tak akan merasa kesulitan ketika ingin merawat kendaraan kesayangan. Selain itu, untuk harga jualnya pun lebih relatif stabil ketimbang rival-rivalnya.

Nah, satu hal yang berbeda ketimbang dari rivalnya. Yakni New Toyota Avanza 2020 berpenggerak roda belakang yang memiliki keunggulan untuk mengangkut beban berat. Penjelasannya karena tumpuan beban di belakang serta roda berputar di belakang sehingga membuat traksi semakin baik. Selain itu, untuk harganya pun, New Toyota Avanza bisa dikatakan lebih terjangkau ketimbang para rivalnya. Konsumen bisa menentukan bermacam-macam varian New Toyota Avanza. Apakah Anda berminat untuk meminang New Toyota Avanza?

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik