Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati

Enda · 3 Mei, 2021 20:00

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 01

Honda NX& Concept

Bukan BR-V. Beberapa waktu lalu warganet dipaksa untuk menerka-nerka melalui teaser yang tersebar di media sosial mengenai produk terbaru apa yang bakal diluncurkan PT Honda Prospect Motor ke hadapan publik pada hari ini, Senin (3/4). HPM, selaku agen pemegang merek pabrikan otomotif berlogokan ‘H’ tegak di Tanah Air secara resmi memperkenalkan Honda N7X .

Mobil konsep yang memiliki kepanjangan nama New 7 Seater eXcitement ini, diperkenalkan secara virtual melalui channel YouTube Hondaisme. Diketahui N7X mengadopsi berbagai keunggulan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV).

“N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan tetapi juga ketenangan dan kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk memperkenalkan N7X Concept, sebuah konsep yang akan mendefinisikan ulang kategori mobil dan kesenangan berkendara,” ujar Takehiro Watanabe, selaku President Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resminya.

Ingin mengetahui lebih dekat mobil konsep yang baru saja diperkenalkan? Berikut beberapa hal tentang Honda N7X.

Baca juga: Honda Tampilkan Teaser Kedua, Apakah Ini Akan Menjadi Honda BR-V Baru atau Malah Honda WR-V?

N7X Jadi Penerus Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati?

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 02

Desain konsep Honda N7X

Sebagai kendaraan konsep, Honda N7X ini pertama kali diperkenalkan di dunia dan Indonesia sebagai negara yang merasakan debut pertamanya. Dikembangkan dan dirancang oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., berdasarkan studi ekstensif dari konsumen di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Honda N7X ini dibangun dengan memadukan kenyamanan premium dan kelapangan khas dari MPV Honda dengan ketangguhan dan gaya sebuah SUV 7-seater dengan menawarkan performa berkendara yang menyenangkan seperti Honda BR-V.

Tampilan Luar Honda N7X Lebih Agresif Dari Honda BR-V

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 03

Tampilan depan Honda NX7 Concept

Meskipun meluncur sebagai sebuah mobil konsep, namun wujudnya sudah begitu dekat dengan versi produksi. Biasanya Honda melakukan produksi massal terhadap suatu model baru tidak jauh dari desain konsep awal yang diperkenalkan. Hal ini pernah dilakukan terhadap Brio terbaru dengan konsep awal yang dinamakan Small RS Concept.

Secara tampilan eksterior, N7X Concept menampilkan bodi yang ramping dengan banyak garis tajam yang didominasi pada bagian fascianya. Tepat di bawah kap mesin yang berotot tersebut terdapat grille yang terbagi menjadi beberapa bilah, dengan dimensi cukup besar yang seolah menghubungkan lampu utama di kedua sisinya.

Di atas lampu utama antara bonnetnya yang kekar dan kokoh ini terdapat lampu DRL berteknologi LED menyerupai bentuk L shape yang membantu memberikan visibilitas berkendara di malam hari.

Selain itu, terdapat tambahan lampu LED memanjang berbentuk plasma yang juga diletakan pada housing fog lamp di bagian bumpernya yang membulat dan berkarakter. Pada ram bagian bawah bumper juga dibuat berkarakter dengan model menyudut, dimana untuk tengahnya sendiri menampilkan desain bentuk honeycomb.

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 04

Tampilan belakang Honda NX7 Concept

Melihat bagian sampingnya, terdapat garis tegas lurus berkaraker yang membujur seolah menghubungkan dari head lamp hingga stop lampnya. Selain itu, sebagai ciri khas SUV masa kini, terdapat over fender di atas lingkar roda berdiameter besar dengan desain velg model kipas. Tak tertinggal side guard sebagai bentuk perlindungan terhadap body bagian bawah dari benturan suatu benda.

Kembali bergeser ke bagian belakang, N7X Concept mendapat tampilan yang begitu dinamis berkat adanya tampilan LED pada stop lamp yang terlihat begitu sporty. Bumper belakangnya pun dibuat membulat dan kekar, yang mana di bagian bawahnya terdapat under guard sebagai bentuk perlindungan.

Honda NX7 Secara Dimensi Lebih Besar Dari Mobilio Maupun BR-V

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 05

Honda NX7 vs Honda BR-V

Seperti beberapa kendaraan konsepnya, HPM berencana akan memperkenalkan lebih dekat Honda NX7 pada pagelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang rencananya akan kembali dilakukan tahun ini.

Baca juga: Habis Raize Munculah Toyota Hilux GR Sport, Sudah Pakai TSS Juga Lho!

“Mobil konsep ini akan diperkenalkan di ajang GIIAS 2021. Namun, kami belum bisa menjelaskan seperti apa rincian spesifikasi teknis dari Honda N7X Concept. Namun yang jelas, bila dibanding model yang sudah ada seperti Mobilio atau BR-V, mobil ini lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing HPM.

Yusak pun menambahkan, jika N7X ini masih belum tahu kedepannya seperti apa. Yang jelas, mobil ini dikembangkan oleh Honda sebagai mobil 7 penumpang dengan melibatkan tim Honda Indonesia serta masyarakat Indonesia untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan di sini.

Apakah Honda BR-V Perlu Digantikan N7X Concept Dalam Waktu Dekat?

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 06

Tampilan depan Honda BR-V

Honda BR-V hadir dengan bentuk yang gagah dan stylish sebagai ciri khas kendaraan SUV masa kini. Melihat sejarahnya, mobil ini pertama kali diperkenalkan pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015.

Selang tiga tahun kemudian, BR-V kembali mendapat update pada sektor fitur yang diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Satu tahun kemudian, masih dalam ajang yang sama, LSUV andalan Honda ini kembali mendapatkan penyegaran yang mana masuk dalam kategori facelift pertama.

Dengan mengusung konsep Brave New Worlds, seiring dengan perkembangan zaman, BR-V tampil semakin dinamis dan berkarakter dengan sentuhan kemewahan pada eksterior dan interior, sekaligus semakin nyaman berkat kehadiran fitur-fitur baru.

Desain baru pada eksterior Honda BR-V menampilkan New Black Front Grille Design, New Front Bumper Design, dan New Front Under Spoiler pada bagian depan. Sementara New LED Daytime Running Light dan New Fog Lamp Garnish memberikan penerangan maksimal sekaligus menambah kesan mewah pada wajah mobil ini.

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 07

Tampilan belakang Honda BR-V

Bergeser ke bagian sampingnya, kesan SUV tangguh semakin kental dengan tambahan New Black Side Under Spoiler dan New 16” Alloy Wheels Design. Akses masuk ke dalam Honda BR-V juga semakin mudah dengan Smart Entry System untuk membuka atau mengunci kendaraan secara otomatis hanya dengan menekan tombol pada gagang pintu. Desain baru Honda BR-V juga tampak pada bagian buritan dengan perubahan pada desain bumper belakang dan penambahan Rear Under Spoiler.

Beberapa Hal Tentang Honda N7X, Suksesor Honda BR-V yang Bakal Disuntik Mati 08

Interior Honda BR-V

Melihat bagian dalamnya, Honda BR-V dilengkapi dengan New Driver Seat Height Adjuster pada bangku pengemudi, serta New Center Headrest dan jok yang lebih tebal di bangku baris kedua.

Selain itu, dengan adanya fitur baru yang dinamakan One Push Ignition System, pengguna dapat lebih mudah menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Di sisi lain, kenyamanan di dalam kabin semakin lengkap dengan head unit baru 8” Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang kompatibel dengan berbagai format musik seperti AM/FM Radio, MP3/WMA, Bluetooth, Smartphone Connection, Aux Input, dan USB Port.

Sebagai informasi, head unit pada mobil ini juga dilengkapi fitur Smart Connectivity dengan Web Link yang dapat terhubung dengan smartphone dan menampilkan beberapa aplikasi tertentu yang dapat dikendalikan melalui Audio Steering Switch di lingkar kemudi. Sementara itu, adanya Tweeter Speakers baru semakin menambah kenikmatan mendengarkan musik selama perjalanan.

Namun sayang, penjualan Honda BR-V selama Maret 2021 ini tak segemilang para rivalnya. Diketahui, Honda mencatat penjualan retail (diler ke konsumen) hanya dilakukan sebesar sebesar 286 unit saja.

Baca juga: Jarang Dilirik, Ini Keistimewaan Honda BR-V yang Wajib Kalian Ketahui

Komentar

Mobil Terbaru