window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sekilas Terlihat Sama, Perbedaan Toyota Kijang Innova Reborn Q dan V Cukup Banyak!

Enda · 5 Des, 2023 13:19

Perbedaan Toyota Kijang Innova reborn Q dan V

Diluncurkan pertama kali pada November 2015, Toyota Kijang Innova reborn ditawarkan dalam tiga varian, yakni; Q, V dan G yang merupakan trim paling rendah.

Generasi kedua Kijang Innova untuk model pre-faceliftnya ini dihadirkan hingga 2019, sebelum digantikan dengan model terbarunya pada 2020 yang mendapat sejumlah penyegaran secara minor change.

Pada model pre-facelift, secara tampilan luar Kijang Innova reborn tipe Q dan V sekilas terlihat sama.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk mengetahui perbedaan dua varian Toyota Kijang Innova Reborn itu lebih detail keduanya, simak ulasan berikut.

Baca juga: Update Harga Bekas Toyota Innova Reborn 2022, Kini Hanya Seharga Toyota Veloz Baru

Toyota Kijang Innova Reborn Q Gunakan Velg Lebih Besar

Perbedaan Toyota Kijang Innova reborn Q dan V

Tampilan samping Innova Reborn tipe Q

Sebagai trim paling atas, secara tampilan eksterior Innova reborn Q terlihat lebih modern dan dinamis.

Pada bagian fasad, tipe Q maupun V sama-sama disematkan lampu projector LED untuk sistem pencahayaan utamanya.

Tak hanya itu, keduanya pun juga dilengkapi foglamp yang mampu meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari.

Sebagai pembeda, tipe Q memperoleh tambahan fitur Follow me home pada lampu utamanya yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan ketika masuk ke rumah.

Fitur ini akan menyalakan lampu sekitar 30 detik setelah mesin dimatikan.

Perbedaan Toyota Kijang Innova reborn Q dan V

Innova reborn tipe V

Beranjak ke bagian samping, tipe Q diaplikasikan velg alloy 5-spoke berukuran 17 inci, sedangkan varian V menggunakan velg alloy 2-spoke berdiameter 16 inci.

Tak hanya itu, untuk pintunya Kijang Innova reborn Q turut dilengkapi side moulding dengan aksen krom serta spion yang sudah dapat dilipat secara otomatis.

Untuk buritannya, tipe Q ketambahan difusser pada bumper yang membuatnya terkesan lebih mewah sekaligus berotot.

Tipe Teratas Gunakan Jok Captain Seat di Baris Kedua

Perbedaan Toyota Kijang Innova reborn Q dan V

Jok captain seat di Innova Reborn tipe Q

Melihat bagian dalam, pada baris kedua baik tipe Q maupun V sama-sama dilengkapi table tray yang bisa digunakan untuk menaruh makanan maupun minuman saat sedang berpergian.

Namun pada tipe teratasnya, Kijang Innova reborn mengusung jok model captain seat yang mampu memberikan kenyamanan secara lebih ketika sedang berpergian.

Perbedaan lainnya pun terlihat pada aksen yang menempel pada door trim dan dashboard.

Dimana tipe Q memperoleh aksen wood panel hingga bagian setir yang memberikan kesan elegan.

Bicara mengenai sistem hiburan, tipe Q dan V dibenamkan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung konektivitas seperti; voice command, smartphone connectivity, mircast, dan beberapa lainnya.

Baca juga: Harga Bekas Selisih Rp50 Juta, Ini Bedanya Toyota Kijang Innova Venturer Diesel dan Bensin

Perbedaan Toyota Kijang Innova reborn Q dan V

Head unit dengan fitur air gesture

Hanya saja tipe Q memiliki fitur lebih lengkap dimana head unitnya mendukung air gesture yang berfungsi untuk menggeser menu tanpa harus menyentuhkan jari pada layar, serta tambahan rear seat entertaiment.

Perbedaan lainnya terletak pada power windownya, yang mana tipe Q untuk semua kacanya auto window serta adanya jam protection.

Fitur jam protection sendiri memiliki fungsi mendeteksi adanya benda yang terjepit ketika tombol ditekan.

Dengan begitu fitur ini akan mencegah adanya tangan terjepit saat kaca menutup, dimana kaca secara otomatis akan kembali terbuka ketika menjepit sesuatu.

Sebagai informasi tambahan, Kijang Innova reborn tipe Q dan V memperoleh premium illumination light ambiance pada plafonnya yang dapat memberikan kesan nyaman serta menyuguhkan nuansa prestisius.

Fitur Kesematan Tipe Q Lebih Lengkap

Perbedaan Toyota Kijang Innova reborn Q dan V

Baris pertama Innova Reborn tipe Q

Fitur keselamatan berkendara Toyota Kijang Innova Reborn Q dan V telah dibekali dengan convenient rear camera, sofix with Tether Anchor, Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal, Hill Start Assist (HSA) serta sistem pengereman ABS dan EBD.

Namun tipe Q memiliki airbag lebih banyak seperti; dual front, drive knee, side dan curtain shield, sedangkan tipe V hanya tiga, dual front dan driver knee.

Mengenai sistem keamanan, keduanya memperoleh immobilizer dan alarm system.

Hanya saja tipe teratas ketambahan smart entry yang mana untuk membuka dan mengunci pintu hanya cukup dengan menekan tombol kecil pada handel pintu.

Bukan cuma itu, untuk mematikan dan menyalakan mesin pengguna juga cukup dengan menekan tombol start/stop engine, berbeda dengan tipe V yang untuk menyalakan dan mematikannya diharuskan memutar anak kunci di bawah kolom setir.

Keduanya Hadir dengan Pilihan Mesin Bensin dan Diesel

Perbedaan Toyota Kijang Innova reborn Q dan V

Mesin bensin 2.0L dan diesel 2.4L

Toyota Kijang Innova Q dan V ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yaitu 2.0L bensin serta 2.4L diesel turbocharger.

Secara data, mesin bensin 2.0L berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc ini mampu merilis tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sedangkan mesin 2.4L diesel turbocharger bertipekan 2GD-FTV 4-silinder, 4-silinder, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.393 cc yang digunakan dapat menghasilkan tenaga sebesar 149 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsinya maksimal 359 Nm di angka1.200-2.600 rpm.

Baik mesin bensin dan dieselnya dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic serta manual 5-percepatan.

Baca juga: Tak Hanya Pada Tampilan, Ini Perbedaan Toyota Kijang Innova V dengan Venturer

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil