window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cerita Bos Toyota Sulitnya Kembangkan Yaris Cross Saat Masa Pandemi

Herdi · 30 Jul, 2023 08:00

Cerita Bos Toyota Sulitnya Kembangkan Yaris Cross Saat Masa Pandemi 01

Toyota Yaris Cross yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Compact sejatinya resmi diluncurkan pada Mei 2023. 

Memang Yaris Cross ini masih seumur jagung, namun mobil yang diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Plan 2 Karawang, Jawa Barat, ternyata tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, namun juga ekspor. 

Tentu saja ini menjadi perhatian, kenapa Toyota mempercayakan Indonesia jadi basis produksi Yaris Cross. Terlebih mobil ini juga dijejali teknologi hybrid. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Setiap Kurang dari 2 Menit Toyota Yaris Cross Lahir di Karawang

 Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam,

Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam dan Direktur Manufacturing TMMIN, I Nyoman Winaya, berbincang dengan media di pabrik PT TMMIN, Karawang, Jawa Barat. (Foto: Toyota)

Nah, fakta-fakta menarik soal alasan dibuatnya Toyota Yaris Cross di Karawang membuat Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam, terpaksa harus angkat bicara.

"Jadi sekitar empat tahun lalu, kita merencanakan memasuki elektrifikasi, memproduksi mobil-mobil berteknologi baterai, jadi ini suatu hal yang baru,” ungkap Bob saat ditemui di Plan 2 PT TMMIN, di Karawang, Jawa Barat. 

Menurut dia, untuk merencanakan produksi mobil di dalam negeri, tidak hanya sekadar biaya, namun juga berbagai hal perlu dilakukan, termasuk kesiapan pabrik.

Baca juga: Intip Tahapan Produksi Toyota Yaris Cross Buatan Karawang yang Bakal Diekspor

Autofun dan media berbincang dengan

Autofun dan beberapa media berbincang dengan Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam. (Foto: Toyota)

“Karena memproduksi mobil listrik itu nggak gampang. Karena teknologi baru, maka harus diperhatikan dari sisi profit, dan kalau kita nggak usaha keras itu pasti minus,” ucapnya.

Bob sendiri tak menampik, untuk masuk era elektrifikasi tidaklah mudah, terlebih untuk menggarap mobil sudah seharusnya melakukan metode gemba (melihat secara langsung lokasi dan lainnya).

Belum lagi, dalam beberapa tahun terakhir, PT TMMIN juga mempersiapkan produk yang juga mengalami perubahan signifikan, yaitu All New Veloz pada tahun tahun 2021, dan All New Kijang Innova Zenix pada tahun 2022.

Baca juga: Pemerintah Ingin Ekspor Toyota Yaris Cross Sampai ke Australia

Masa Sulit Toyota di Masa Pandemi

setelah proses pengecatan

Proses pengecatan Toyota Yaris Cross (Foto: Toyota)

Satu hal yang perlu dicatat, dalam melakukan pengembangan hingga menjadi sebuah mobil untuk diproduksi kemudian dijual bukanlah hal mudah. 

Bahkan Direktur Manufacturing TMMIN, I Nyoman Winaya  menyatakan, dalam pengembangan Yaris Cross paling terasa mengalami kesulitan karena masa pandemi Covid-19. 

“Disaat pandemi yang lagi ketat-ketatnya (tahun 2020-2021) dan PPKM serta lainnya, jangankan orang Jepang datang kesini (ke Indonesia), kita saja mau datang ke pabrik tidak bisa. Lampu jalan malam saja disuruh dimatiin, nggak boleh masuk pabrik,” kenang Wayan.

Toyota Yaris Cross melakukan pemerikasaan

Pemerikasaan pada bagian lampu-lampu dan sensor (Foto: Toyota)

Alhasil, lanjut Wayan, agar peluncuran mobil ini tetap sesuai dengan rencana, maka berbagai bimbingan dan komunikasi selama pandemi dilakukan secara online. 

Beruntung sebelum pandemi yang mencekam dan kondisi Covid-19  mulai menurun, Toyota Indonesia sempat memberangkatkan beberapa pekerja untuk melakukan pelatihan di Jepang, termasuk mempelajari perihal penggunaan baterai untuk kendaraan elektrifikasi. 

Toyota Yaris Cross melakukan pemerikasaan

Melakukan pemerikasaan disetiap detailnya. (Foto: Toyota)

“Sebelum kita mau tahu ada ini (Toyota Yaris), kita sudah siapkan orang, termasuk juga mempersiapkan kompetensi untuk operator-operator baru. Jadi skil-skil apa saja yang disiapkan untuk dimiliki. Kurang lebih ada 45 kompetensi skil yang kita persiapkan terkait dengan persiapan elektrifikasi,” ucapnya. 

Beruntung, Toyota Yaris Cross yang diluncurkan pada Mei 2023, ternyata sebulan kemudian modelnya langsung di ekspor.

Toyota Yaris Cross

Unit yang siap di ekspor dan kirim ke dealer (Foto: Toyota)

“Khusus Yaris Cross, pertama diproduksi dan langsung ekspor. Biasanya kita produksi tiga bulan dulu, kita lihat ada problem atau nggak. Tapi ini, Toyota produksi dan hari yang sama kita ekspor, cukup membanggakan ekspor ini ke banyak negara karena memang nggak mudah,” tutup Bob.

@autofun.indonesia Toyota Yaris Cross kok setirnya di kiri?! Kita grebeg aja pabrik tempat perakitannya! #yariscross #toyota #reviewmobil #pabrikmobil #pabriktoyota #mobilbaru ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2020 Toyota Yaris Cross International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia