window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Dekatkan Teknologi Elektrifikasi ke Kalangan Akademisi, Persiapan Rilis Innova Hybrid?

Prasetyo · 11 Okt, 2022 20:01

Toyota Dekatkan Teknologi Elektrifikasi ke Kalangan Akademisi, Persiapan Rilis Innova Hybrid? 01

  • Toyota Indonesia terus berpartisipasi dalam berbagai seminar di kalangan mahasiswa.
  • Tujuannya memperkenalkan teknologi energi terbarukan dari Toyota.
  • Termasuk persiapan hadirnya Toyota Kijang Innova Zenix yang juga pakai mesin hybrid.

Implementasi transisi penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) saat ini terus digalakkan disemua sektor industri, termasuk industri otomotif. Ini sesuai rencana pemerintah menuju netralitas karbon (Net Zero Emission) tahun 2060.

Untuk mewujudkan hal ini, tentu tidak bisa dilaksanakan hanya oleh para pelaku industri otomotif. Namun juga perlu sinergi Triple Helix antara pemerintah, akademisi, dan industri. Karena itulah Toyota berusaha terus menggandeng semua pihak guna mencapai keberhasilan penurunan emisi karbon di Indonesia.

Toyota Dekatkan Teknologi Elektrifikasi ke Kalangan Akademisi, Persiapan Rilis Innova Hybrid? 02

Seminar di ITS, Surabaya

Satu dari beberapa hal yang dilakukan Toyota yakni ikut serta dalam sejumlah seminar yang dilakukan di berbagai universitas. "Seminar Nasional Net-Zero Emission merupakan bagian dari semangat Triple-Helix antara pemerintah, kalangan akademisi dan industri dalam bersinergi untuk kemajuan bangsa," jelas Nandi Julyanto, Director of Engineer Production, dalam sambutannya saat Seminar Nasional tahap ke-3 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, Selasa (11/10/2022). 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Dekatkan Teknologi Elektrifikasi ke Kalangan Akademisi, Persiapan Rilis Innova Hybrid? 01

Toyota dekatkan teknologi energi terbarukan ke mahasiswa

Menurut dia, Seminar Net-Zero Emission ini secara total akan diselenggarakan bekerja sama dengan 7 universitas di Indonesia. Seminar hari ini di ITS merupakan rangkaian ke-3. Dua seminar sebelumnya telah dilaksanakan di Universitas Diponegoro, Semarang dan Universitas Udayana Bali.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Dikabarkan Rilis November 2022, Ini Bocoran Fitur dan Harganya

Toyota Ingin Tak Sekedar Punya Mobil Ramah Lingkungan

Lebih lanjut Nandi menjelaskan, industri otomotif saat ini tengah bertransisi menuju elektrifikasi dan teknologi ramah lingkungan. Toyota pun ingin berkontribusi dengan fokus pada pengurangan emisi karbon dan efisinsi bahan bakar. 

Toyota Dekatkan Teknologi Elektrifikasi ke Kalangan Akademisi, Persiapan Rilis Innova Hybrid? 02

Pabrik Toyota juga sudah terapkan prinsip hemat energi

"Dalam hal emisi kami tidak hanya mengelola di hilirnya saja atau produk mobilnya saja, namun mulai dari proses pembuatan mobilnya," ucap dia. Penerapan proses produksi yang ramah lingkungan ini dijelaskan Nandi antara lain melalui sistem 3 wet painting system dan dry booth painting, hingga desain pabrik yang mengurangi penggunaan cahaya lampu serta sistem pendingin udara.

Baca juga: Tahan, Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur 2 Bulan Lagi Versi Diesel Hilang dari Peredaran

Toyota Siap Produksi Mobil Hybrid Buatan Lokal, Innova Hybrid?

Dari sisi produk, sebut Nandi, Toyota sudah mempersiapkan berbagai jenis teknologi, seperti hydrogen, dan teknologi battery electric vehicle. "Serta teknologi yang segera kita luncurkan dengan melibatkan SDM lokal melalui teknologi hybrid serta fexi engine yang menggunakan bahan bakar bio yang bisa meningkatkan fuel efficiency dan semakin ramah lingkungan" katanya.

Toyota Dekatkan Teknologi Elektrifikasi ke Kalangan Akademisi, Persiapan Rilis Innova Hybrid? 03

Rekaan desain Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Karenanya dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang EBT, Toyota berharap ada peran besar dari akademisi dalam menyampaikan inovasi-inovasi teknologi yang dapat diterapkan dari proses hulu ke hilir oleh industri.

"Mari kita songsong era elektrifikasi dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor yang tidak hanya mengandalkan natural resources tetapi bertumpu pada manusia-manusia yang handal," tukas Nandi.

Baca juga: Bocoran Baru Toyota Kijang Innova Zenix, Punya TSS di Tipe Tertinggi

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil