Harganya Mirip, Lebih Baik Wuling Almaz RS Pakai WIND dan WISE daripada BR-V Prestige dengan Honda Sensing

Prasetyo · 22 Sep, 2021 17:06

Honda BR-V Prestige vs Wuling Almaz RS

Kehadiran Honda BR-V 2022 cukup menyedot perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, selain terjadi perombakan besar di sisi eksterior dan interiornya, mobil ini juga dibenamkan beragam teknologi baru. Satu diantaranya adalah kehadiran Honda Sensing.

Kalau Anda sebagai pemerhati otomotif, pasti tahu benar tentang fitur yang satu ini. Tapi buat yang baru kali pertama mendengar kata Honda Sensing, ini adalah paket fitur keselamatan berkendara ala Honda.

Honda BR-V Prestige vs Wuling Almaz RS -1

Honda Sensing di Indonesia baru ada di CR-V dan Accord

Umumnya Honda Sensing dipakai di model-model premium seperti Honda CR-V terbaru dan Honda Accord terbaru. Walaupun di Jepang rasanya hampir semua model Honda sudah disuntikkan teknologi tersebut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dengan Honda Sensing, nantinya pengemudi akan diberi peringatan manakala kendaraan mendeteksi terlalu dekat jaraknya dengan mobil di depan. Atau bisa pula mobil melakukan penurunan kecepatan otomatis bahkan sampai berhenti jika ternyata tiba-tiba ada objek lain yang muncul di depan atau dari belakang misalnya ketika mundur dan parkir.

Honda BR-V Prestige vs Wuling Almaz RS -2

Wuling Almaz RS juga masuk kategori "mobil cerdas"

Tapi sebenarnya fitur keselamatan cerdas seperti ini bukan cuma milik Honda. Pabrikan lain pun mengembangkannya dengan nama berbeda. Antara lain Wuling dengan fitur A.D.A.S (Advanced Driver Assistance System). Teknologinya sebenarnya mirip tetapi hadir dalam kemasan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Baca juga : Harga Baru Honda BR-V 2022 Naik Mulai Rp6 Jutaan, Berikut Ini Perubahan Pada Tiap Tipe dan Varian

Honda BR-V Prestige Honda Sensing vs Wuling Almaz RS Punya Harga Mirip

Harga Wuling Almaz RS
Almaz RS EX 5-seater Rp350.800.000
Almaz RS EX 7-seater Rp360.300.000
Almaz RS Pro 7-seater Rp379.800.000
*harga ini sudah subsidi diskon PPnBM dari Wuling

Honda memang belum mengumumkan harga Honda BR-V 2022. Namun varian tertinggi dari model ini adalah Honda BR-V Prestige Honda Sensing. Kabarnya untuk varian flagship All New Honda BR-V with Honda Sensing sentuh di angka Rp350 jutaan.

Honda BR-V vs Wuling Almaz RS -2

BR-V tipe tertinggi kabarnya Rp350 jutaan

Jika benar demikian, maka banderolnya mirip dengan Wuling Almaz RS. Sebab untuk varian Almaz RS 5 seater harganya kini menjadi Rp350,8 juta dari sebelumnya Rp365,8 juta. Ini akibat adanya diskon subsidi PPnBM yang diberikan Wuling Motors.

Namun tentunya kita berharap PT Honda Prospect Motor (HPM) mematok banderol untuk BR-V berfitur Honda Sensing dengan harga lebih terjangkau. Dan kami berharap pula tahun depan kebijakan PPnBM 100% masih berlaku. Sehingga Honda BR-V yang diproduksi lokal juga dapat menikmati relaksasi pajak ini.

Pilih Honda Sensing BR-V 2022 Apa WISE Punya Almaz RS?

Honda BR-V vs Wuling Almaz RS -3

Honda Sensing cuma ada di BR-V tipe paling mahal

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tulisan ini, kalau ada satu varian Honda BR-V 2022 yang sudah dilengkapi fitur Honda Sensing, yaitu Honda BR-V Prestige Honda Sensing. Sementara untuk varian BR-V lainnya teknologi aktif pelindung keselamatan pengemudi dan penumpang itu absen.

Fitur-fitur di Honda Sensing tersebut yakni Lead Car Departure Notification System, Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control, dan juga Auto-High Beam.

Honda BR-V vs Wuling Almaz RS -4

WISE di Almaz RS lebih lengkap dari Honda Sensing

Untuk fitur seperti ini Wuling Almaz RS sebenarnya juga punya yang terintegrasi dalam teknologi WISE. Bahkan Wuling menjejalkannya lebih lengkap. Mulai dari Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, dan Intelligent Cruise Assistance.

Kemudian ditambah fitur Lane Departure Warning, Lane Keeping Assistance, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, Collision Mitigation System, serta Intelligent Head Beam Assistance.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli?

Fitur WIND di Wuling Almaz RS Tak Bisa Ditandingi

Honda BR-V vs Wuling Almaz RS -5

Almaz RS juga sudah ada panoramic sunroof

Selain keberadaan fitur keselamatan, ada juga sejumlah perangkat keselamatan lainnya di Honda BR-V Prestige Honda Sensing. Yakni struktur bodi G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Smart Key, Remote Engine Start, ABS + EBD, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, 6 airbags, serta monitor 7 inci dengan Smartphone Connection.

Lalu bagaimana dengan Wuling? Anda pasti sudah tau tentang keberadaan WIND (Wuling Indonesian Command). Ini adalah sebuah fitur voice command berbahasa Indonesia pertama dan cuma ada di Wuling Almaz termasuk Almaz RS. Dengan fitur ini Anda dapat mengoperasikan sejumlah perangkat di mobil cukup dengan perintah suara berbahasa Indonesia. Mulai dari memutar musik, mengatur volume suara, membuka dan menutup kaca jendela, hingga membuka dan menutup sunroof.

Honda BR-V vs Wuling Almaz RS -6

Ponsel Anda bisa berubah jadi remote mobil

Tapi bukan cuma itu, khusus di Wuling Almaz RS juga ada yang WISE yang terhubung dengan Internet of Vehicle (IoV). Dengan fitur ini, Anda cukup mengunduh aplikasi My WULING+ di ponsel lalu koneksikan dengan headunit berukuran 10,4 inci yang ada di mobil.

Nantinya ponsel Anda bisa berubah layaknya remote untuk mengidupkan mesin, membuka tutup kaca jendela, mengunci pintu, hingga fitur Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security yang dapat melacak keberadaan kendaraan serta membatasi pergerakan mobil ini apabila dikenderai oleh orang lain.

Mesin Turbo Wuling Almaz Tentu Lebih Bertenaga

Perbandingan Spesifikasi Teknis
Spesifikasi mesin All New Honda BR-V Prestige Wuling Almaz RS
Tipe mesin 1.5L DOHC i-VTEC + DBW 1.5L DOHC DVVT Turbocharger
Isi silinder 1.498 cc 1.451 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 121 PS @6.600 rpm 141 PS @5.200 rpm
Torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm 250 Nm @1.600-3.600 rpm
Transmisi CVT CVT

Terakhir mari kita bandingkan dari sisi sepsifikasi teknis. Walau sama-sama bermesin 1.5-liter tapi antara Honda BR-V Prestige Honda Sensing vs Wuling Alamz RS punya karakter yang jauh berbeda.

Honda BR-V vs Wuling Almaz RS -7

BR-V terbaru pakai mesin setara Honda City Hatchback RS

Honda masih menggunakan mesin natturally aspirated, sedangkan Wuling sudah memakai tambahan teknologi turbo. Akibatnya, Wuling Almaz RS punya daya lebih besar 20 PS dengan torsi yang juga lebih tinggi 105 Nm.

Dengan daya dan torsi lebih besar, tentu akan menghasilkan pengendaraan yang lebih menyenangkan pula. Wajar sih mengingat dari segi dimensi dan bobot juga Almaz RS lebih besar ketimbang Honda BR-V 2022.

Kesimpulan

Honda BR-V vs Wuling Almaz RS -8

Masih pilih Honda BR-V Prestige Honda Sensing apa Wuling Almaz RS?

Jika memang harga Honda BR-V Prestige with Honda Sensing tembus ke Rp350 jutaan, tentu kompetitor terberatnya bukan lagi Mitsubishi Xpander Cross atau Suzuki XL7. Namun sebuah SUV medium dengan fitur super lengkap, Wuling Almaz RS.

Kedua mobil ini memang beda kelas, tetapi dengan harga yang hampir setara pastilah lebih baik cari SUV medium daripada LSUV. Sepakat?

Baca juga : Cari SUV Rp300 Jutaan Terbaik, Daripada Mobil Bekas Mending Wuling Almaz RS

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru