window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hitung Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8, Mesin Besar Apakah Irit Solar?

Enda · 2 Jun, 2023 08:00

Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8

Punya performa paling besar di kelasnya, Toyota Fortuner 2.8 diluncurkan di Tanah Air pada Januari 2022.

Kehadiran Toyota Fortuner 2.8 muncul sebagai respons terhadap permintaan konsumen yang menginginkan Medium SUV 7-seater yang tidak hanya tangguh namun juga memiliki performa yang mumpuni.

Dengan mesin yang lebih besar, model ini menawarkan kemampuan yang mengagumkan dalam menaklukkan berbagai medan, baik di perkotaan maupun di luar jalur yang menantang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penggunaan mesin yang kuat ini juga menimbulkan keingintahuan akan efisiensi bahan bakar, sehingga banyak yang ingin mengetahui seberapa hemat atau borosnya konsumsi BBM dari Fortuner 2.8 ini, menjadikannya sebagai salah satu poin penting dalam pertimbangan pembelian.

Sebagai produk unggulan Toyota, Fortuner 2.8 tidak hanya menawarkan performa yang tangguh, tetapi juga memiliki tampilan yang gagah dan sporty.

Desain eksteriornya yang macho menonjolkan kesan kekuatan dan keberanian, sementara aksesoris GR Sport yang disematkan pada beberapa varian menambah kesan sporty dan agresif.

Kombinasi antara kekokohan dan ketangguhan ini menjadikan Fortuner 2.8 sebagai pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan kendaraan yang tidak hanya fungsional namun juga memancarkan gaya dan keberanian.

Lihat koleksi mobil Toyota Fortuner yang ada di CARSOME. Mobilnya dijamin bebas banjir dan kerusakan akibat kecelakaan, ga hanya itu mobil juga sudah dilengkapi garansi selama 1 tahun dan jaminan 5 hari uang kembali jika tidak puas.

Hitung Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8, Mesin Besar Apakah Irit Solar? 01

Dari segi penampilan, Toyota Fortuner 2.8 menampilkan desain fascia yang menawan dengan lampu utama berprojector yang memberikan pencahayaan optimal di malam hari.

Grill depan yang dirancang dengan karakter garang menambah kesan tangguh pada mobil ini, sementara under guard yang lebar memberikan perlindungan tambahan pada bagian bawah mobil.

LED Daytime Running Lights (DRL) juga menjadi fitur yang menonjol, tidak hanya memberikan fungsi pencahayaan tambahan tetapi juga menambahkan sentuhan modern pada penampilan eksterior Fortuner 2.8.

Bergerak ke bagian samping, Toyota Fortuner 2.8 menampilkan velg alloy berukuran 18 inci dengan desain dual-tone yang menarik dan sporty.

Velg model kipas ini tidak hanya memberikan estetika yang menarik tetapi juga menunjukkan bahwa Fortuner 2.8 siap menghadapi petualangan di berbagai medan.

Varian GR Sport, sebagai identitas utama, menampilkan warna hitam yang dominan di bagian dalamnya, menambah kesan eksklusif dan mewah.

Logo GR Sport yang ditempatkan di beberapa bagian mobil juga menjadi ciri khas yang membedakan varian ini dari yang lainnya, menegaskan bahwa Fortuner 2.8 adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang mengutamakan gaya dan performa yang unggul.

Baca juga: Review Toyota Fortuner 2.8 4x4 GR Sport: Fitur Keselamatan Tanpa ADAS, Segini Konsumsi BBM-nya

Tenaga di Atas 200 PS, Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8 Hanya 8,32 Km/Liter!

Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8

Mesin diesel 1GD-FTV Toyota Fortuner 2.8

Toyota Fortuner 2.8 dibekali mesin diesel 1GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC Euro4 dengan VN Turbo Intercooler. Memiliki kapasitas 2.755 cc, menurut data jantung pacu ini sanggup memeras tenaga sebesar 203,9 PS di 3.000 – 4.000 rpm dengan torsi puncak 499 Nm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Untuk membuatnya berjalan, mesinnya dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic. Transmisi ini memungkinkan perpindahan gigi secara manual dengan fitur paddle shift di belakang lingkar kemudi.

Bicara sistem penggerak, Fortuner 2.8 hadir dalam dua pilihan, 4x2 dan 4x4 dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model putar. Tidak cuma itu, Toyota juga menyediakan opsi penguncian differential belakang di mode 4WD.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Autofun Indonesia, Toyota Fortuner 2.8 tipe GR Sport dengan sistem penggerak 4x4 menunjukkan tingkat konsumsi bahan bakar yang menarik.

Dalam situasi penggunaan dalam kota, Fortuner 2.8 ini mampu menempuh jarak sejauh 8,32 km dengan satu liter bahan bakar. Metode penghitungan yang digunakan adalah full-to-full, dengan kecepatan rata-rata sebesar 17 km/jam.

Hasil ini menunjukkan bahwa Fortuner 2.8 memiliki tingkat efisiensi yang dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari di perkotaan, meskipun memiliki performa yang kuat.

Namun, ketika diuji dalam kondisi berkendara di luar kota dengan kecepatan rata-rata 63 km/jam, mobil ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi bahan bakar, mampu menempuh jarak hingga 14,75 km dengan satu liter bahan bakar menggunakan metode penghitungan yang sama.

Ini menunjukkan bahwa Fortuner 2.8 tidak hanya cocok untuk kebutuhan urban, tetapi juga mampu memberikan performa yang tangguh dan efisien ketika digunakan untuk perjalanan di jalan raya.

Dengan kombinasi performa, efisiensi bahan bakar, dan desain yang menarik, Toyota Fortuner 2.8 menjadi pilihan yang menarik dalam segmen Medium SUV bagi konsumen yang menginginkan keseimbangan antara gaya hidup perkotaan dan petualangan di luar jalan raya.

Baca juga: Harga Nissan Terra 2023 Bakal Setara Fortuner 2.8 dan Pajero Sport Dakar

0-100 Km/Jam Toyota Fortuner 2.8 Mencatatkan Waktu 11,9 Detik

Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8

Tenaga mesinnya galak

Memiliki bobot kendaraan mencapai 1,7 ton, menurut pengetesan yang pernah dilakukan tim R&D Toyota Astra Motor (TAM), Fortuner 2.8 hanya membutuhkan 11,9 detik untuk dapat menempuh kecepatan 0–100 km/jam. Sedangkan melaju pada kecepatan 60-80 km/jam cukup dengan 2,8 detik.

Memiliki tenaga dan torsi besar, mobil ini bukan cuma cepat di trek lurus namun juga bertenaga ketika digunakan di medan off-road.

Fitur Keselamatan Toyota Fortuner 2.8

Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8

Sebagai keselamatan standar, mobil ini telah dilengkapi ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC).

Tidak hanya itu, mobil ini juga mendapatkan emergency stop signal ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, serta engine immobilizer.

Pada varian GR Sport 4x4, mobil ini berhasil disematkan 7 airbag, Downhill Assist Control (DAC), dan Limited Slip Differential.

Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8

Dari segi hiburan, mobil ini menggunakan head unit layar sentuh 9 inci dengan konektivitas Miracast, Smart Phone Connection dan voice command. Hebatnya, sistem hiburannya mendukung fitur NFC E-Toll Card Checking yang bisa digunakan untuk mengecek ketersediaan saldo pada uang elektronik.

Tampil begitu informatif sekaligus ergonomis, mobil ini mendapatkan layar MID 4,2 Inci Meter Cluster Design, power back door, clearance sonar detection status display, tire turning angle display, dan SPORT/ECO mode display.

Beli mobil bekas yang bikin hati tenang? Pasti CARSOME

Hitung Konsumsi BBM Toyota Fortuner 2.8, Mesin Besar Apakah Irit Solar? 06

Di bagian kokpitnya juga terdapat tilt & telescopic, Auto AC with dual zone MID dan engine start/stop button. Oh iya, Fortuner 2.8 juga mendapatkan rear seat entertainment with illumination, dan surround monitor Variable Fluid Control (VFC) pada power steeringnya guna memudahkan pengguna saat bermanuver.

Baca juga: Cuma Modal Tenaga Besar, Fortuner 2.8 Kalah Menarik dari Toyota Innova Zenix Hybrid

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Fotuner ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil