window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengupas Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire

Bent Aulia · 24 Mei, 2020 13:00

Mengupas Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire 01

Toyota menghadirkan dua versi MPV premium mereka di Indonesia, yaitu Toyota Alphard dan Toyota Vellfire. Jika Toyota Alphard khusus dipasarkan untuk kendaraan premium bergaya formal, maka konsumen yang menginginkan MPV mewah bergaya sporty bisa memilih Toyota Vellfire. Mobil Alphard dan Vellfire merupakan mobil populer yang banyak peminat.

Alphard dan Vellfire sama-sama dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Toyota Alphard tersedia dalam 3 varian. Toyota Alphard 2019 dari segi harga dan tampilan tidak jauh beda dengan harga Alphard tahun 2020. Harga Toyota Alphard 2020 berkisar dari Rp 1.04 Milyar hingga Rp 1.95 Milyar.

Hanya ada satu varian Toyota Vellfire yang dipasarkan di Indonesia. Harga Toyota Vellfire mulai dari Rp1,17 miliar. Image mobil Toyota Vellfire dapat dilihat di atas. Harga yang cukup tinggi untuk mobil sekelas MPV. Fitur yang diberikan tentu saja lebih baik dibandingkan MPV lainnya. Tapi bagaimana dengan konsumsi bahan bakar Toyota Vellfire?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mesin

Dari segi mesin, sebenarnya Toyota Alphard dan Vellfire tidak jauh berbeda. Mengingat Vellfire merupakan bagian dari Alphard ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 sebagai varian desain dari Toyota Alphard generasi kedua. Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja.

Dengan Toyota Alphard sudah memasuki facelift untuk generasi ketiga, Toyota Vellfire yang dijual di Indonesia merupakan edisi facelift dari generasi kedua Vellfire. Adapun perubahan di awal tahun 2020 hanya menambahkan beberapa fitur infotainment serta fitur keselamatan baru.

Mengupas Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire 01

Vellfire masih mendapatkan mesin yang sama sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Satu varian Toyota Vellfire yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin 2AR-FE 2.5L 4-silinder 16 katup DOHC Chain Drive dengan dual VVT-i.

Berkapasitas silinder 2.494 cc, Anda bisa mendapatkan daya maksimum sebesar 180 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 234 Nm pada putaran 4.100 rpm. Keluaran tenaga dan torsi yang diberikan mesin Vellfire cukup baik untuk membawa penumpang penuh dan bawang bawaan di belakang.

Performa

Tenaga dan torsi maksimal yang diberikan pada Vellfire memang dikhususkan untuk menunjang pengendaraan. Mengingat berat kotor mobil ini bisa mencapai 2 ton. Tentu saja untuk mengangkut penumpang dan berkendara dengan nyaman dibutuhkan torsi yang besar.

Dari segi performa dan pengendaraan, tidak ada perbedaan signifikan antara Toyota Alpard dan Vellfire. Performanya cukup baik ketika dibawa dalam perjalanan di dalam kota. Hanya saja Toyota memberikan pilihan mesin 3.5L yang lebih bertenaga bagi Toyota Alphard.

Mengupas Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire 02

Pada saat berkendara di jalanan yang penuh dengan kemacetan, performa Vellfire bisa dibilang cukup baik. Meskipun Toyota Alpard bermesin 3.5L V6 dengan Dual VVT-i mampu menghadirkan tenaga yang besar bahkan pada putaran bawah, Sehingga performanya bisa dibilang lebih responsif.

Dari segi keselamatan, Toyota Vellfire tak kalah dengan saudaranya yang lebih dulu hadir di Indonesia. Pembaruan terbaru menambahkan fitur Toyota Safety Sense, termasuk di dalamnya Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Automatic High Beam (AHB).

Untuk masalah kenyamanan, Vellfire sudah dilengkapi dengan suspensi MacPherson Strut di depan dan Double Wishbone di belakang. Cukup untuk menawarkan bantingan suspensi yang empuk sepanjang perjalanan. Digabungkan dengan kemudi Rack and Pinion berteknologi Electric Power Steering.

Mengupas Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire 03

Toyota tak ketinggalan memasang peredam suara serta peredam getaran pada Vellfire. Dengan begitu, suara dari luar atau suara jalan (road noise) bisa dikurangi dan tentu saja berdampak pada kabin yang senyap dan nyaman.

Konsumsi bahan bakar

Jika dibandingkan dengan Toyota Alphard bermesin 3.5L, tentu saja performa Vellfire lebih rendah. Dari segi kapasitas silinder, Alphard memiliki tenaga dan torsi lebih besar. Namun apakah hal tersebut mempengaruhi konsumsi bahan bakar Toyota Vellfire?

Kapasitas silinder yang lebih kecil tentu memberikan keuntungan tersendiri dalam hal efisiensi bahan bakar. Pihak Toyota Indonesia sendiri mengungkapkan bahwa konsumsi bahan bakar Toyota Vellfire dibuat lebih efisien karena sudah menggunakan sistem Start/Stop button.

Mengupas Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Toyota Vellfire 04

Tombol start/stop yang juga diberikan pada beberapa model terbaru Toyota akan sangat membantu ketika berkendara di jalanan macet atau kondisi stop-and-go. Sistem ini akan menghentikan mesin ketika mobil tidak berjalan selama beberapa waktu sehingga menghemat pemakaian bahan bakar.

Vellfire memiliki konsumsi bahan bakar yang hampir sama dengan Alphard bermesin 2.5L. Dalam pengujiannya, Alphard mampu menempuh hingga 10-12 kilometer hanya dalam 1 liter. Jadi Anda bisa menempuh jarak 750 kilometer hingga 900 kilometer ketika tangki terisi penuh.

MPV premium ini memang dikhususkan untuk pengendaraan mewah nan sporty. Vellfire dapat menjadi pilihan mobil keluarga mewah dengan kualitas premium. Harga Vellfire terbilang fantastis juga. Konsumsi bahan bakar Toyota Vellfire bisa dibilang cukup boros untuk segmen MPV, tetapi masih berterima mengingat kenyamanan dan kekuatan yang diberikan.

 

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vellfire 2.5 G A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil